Home Belanja Yuk Simak Cara Belanja di Amazon

Yuk Simak Cara Belanja di Amazon

by Greg Pascal
cara belanja di Amazon

Bagi Anda yang hobi berbelanja barang di luar negeri, mungkin tak asing lagi dengan Amazon. Amazon merupakan toko online terbesar yang letaknya di Amerika Serikat. Barang yang dijual di sana ada banyak jenis. Anda bisa membeli barang yang tidak dijual di Indonesia di toko online tersebut. Sudah banyak orang biasa membeli barang di toko online Amazon indonesia. Namun tak sedikit juga orang yang masih belum mengerti cara belanja di Amazon. Berikut ini adalah cara belanja di Amazon yang bisa Anda simak. 

Cara Belanja di Amazon

1. Buka situs Amazon

Anda perlu masuk ke situs web Amazon. Anda bisa mengunjungi Amazon International Shopping. Di sana ada banyak barang yang bisa Anda lihat. Barang tersebut dapat dikirim ke Indonesia. Memang membutuhkan waktu yang lama untuk sampai karena barang tersebut berasal dari Amerika Serikat. 

2. Membuat akun di Amazon

Sebelum Anda mulai berbelanja di Amazon, Anda harus memiliki akun Amazon terlebih dahulu. Apabila Anda sudah memiliki akun, maka Anda tinggal login saja. Namun apabila Anda belum memiliki akun, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Untuk membuat akun Amazon, Anda dapat mengklik “Account”. Kemudian Anda pilih membuat akun. Selanjutnya Anda menggunakan email, nama, password akun Anda. Kemudian Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui email yang tadi Anda daftarkan. Anda tinggal memasukan kode verifikasi yang tertera. Akun Anda telah aktif dan siap digunakan. 

3. Pilih barang yang ingin Anda beli

Akun Anda telah aktif. Kini Anda bisa mulai berbelanja di Amazon Indonesia. Anda bisa mencari barang yang Anda inginkan dengan mengetikkan nama barang di menu pencarian. Tunggu beberapa saat. Amazon akan menampilkan barang dan toko yang sesuai dengan pencarian Anda. Anda dapat memilih barang yang sesuai dengan minat Anda. Pastikan Anda memeriksa dengan teliti barang yang hendak Anda beli. Anda perhatikan harga, warna, kualitas, dan hal lainnya pada barang pilihan Anda. Apabila Anda sudah yakin dengan pilihan Anda, Anda bisa memilih tambahkan ke troli. 

4. Isi alamat pembelian

Setelah Anda memilih barang yang Anda inginkan, selanjutnya Anda diminta untuk mengisi alamat pembelian. Pada tahap ini, Anda diminta menuliskan alamat tempat tinggal Anda. Anda harus mengisi data alamat dengan benar, jangan sampai salah atau barang yang Anda pesan tidak akan sampai ke rumah Anda. Jangan lupa untuk mengisi bagian negara dengan Indonesia. Anda bisa menuliskan alamat rumah sesuai dengan KTP Anda agar lebih mudah. 

cara belanja di Amazon

Baca Artikel Selanjutnya :

5. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan

Anda telah menuliskan alamat Anda. Selanjutnya Anda diminta memilih metode pembayaran. Di Amazon sendiri, terdapat beberapa metode pembayaran. Metode pembayaran yang tersedia yakni credit card, gift card, promotional code, Amazon.com store card, dan bank account. Untuk metode bank account hanya dikhususkan untuk warga US. 

Anda dapat menyesuaikan metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda memilih credit card, kredit Anda harus mempunyai virtual credit card. Metode pembayaran dengan kartu kredit banyak dipilih karena lebih mudah daripada metode pembayaran lainnya. Namun apabila Anda memiliki metode pembayaran lain, Anda bisa menggunakan alternatif tersebut. 

6. Pilih metode pengiriman

Setelah barang yang Anda pesan dibayar, selanjutnya Anda diminta memilih metode pengiriman. Amazon menyediakan beberapa metode pengiriman. Metode pengiriman tersebut yakni standard international shipping, Amazon global Expedited shopping, dan Amazon global priority shipping. Anda bisa memilih salah satu metode tersebut yang sesuai dengan saldo atau bajet yang Anda miliki. Makin cepat pengiriman barang, maka semakin mahal pula ongkos kirim yang Anda keluarkan.

7. Tunggu pesanan Anda

Setelah Anda menyelesaikan proses pembayaran, Anda hanya tinggal menunggu barang pesanan Anda tiba di rumah Anda. Berhubung barang tersebut berasal dari luar negeri, pastinya proses pengiriman akan memakan waktu lama. Paling cepat barang akan sampai di rumah Anda setelah dua minggu. Bisa saja Anda harus menunggu selama satu bulan. Oleh karenanya Anda harus sangat sabar menunggu barang Anda. 

Anda dapat melacak barang Anda dari nomor resi yang Anda terima setelah barang diproses. Pastikan Anda mengecek perjalanan paket Anda secara berkala agar paket tersebut tidak nyasar ke tempat lain. Keterlambatan pengiriman barang bisa diakibatkan banyak hal. Selain jarak tempuh, bisa saja ada kebijakan dari Amerika atau indonesia untuk mengkarantina barang yang masuk dan keluar. Apabila barang yang Anda pesan tak kunjung bergerak, Anda dapat melaporkannya pada pihak Amazon untuk ditangani. 

Begitulah cara belanja di Amazon. Cara belanja di Amazon kurang lebih sama seperti belanja di marketplace Indonesia. Perbedaannya terletak pada lama waktu pengiriman dan biaya ongkos kirim yang dikeluarkan. 

Related Posts