Home Bisnis dan Usaha Yuk, Intip Peluang Bisnis Travel di Tengah Pandemi

Yuk, Intip Peluang Bisnis Travel di Tengah Pandemi

by Lara Nifa

Pandemi Covid-19 sudah menghancurkan bidang pariwisata dan ekonomi di Indonesia. Sejak 2 tahun yang lalu, jumlah wisatawan dari luar negeri yang datang ke Indonesia mengalami penurunan yang anjlok dan puncak dari hal tersebut ada di bulan April 2020 dengan jumlah wisatawan yang hanya 158 ribu saja. 

 

Bila dijumlahkan, selama tahun 2020 total wisatawan luar negeri yang datang ke Indonesia hanyalah 4,052 orang saja. Sehingga dapat dikatakan jika angka tersebut sangat menyedihkan, sebab dari jumlah tersebut hanya ada 25% dari total wisatawan yang datang ke Indonesia di tahun 2019. 

 

Hal tersebut juga berakibat ke pendapatan negara di bidang pariwisata. Diberlakukannya social distancing dan ditutupnya semua akses masuk ke Indonesia, mengakibatkan turunnya pendapatan negara yang sangat besar sebanyak Rp 20,7 miliar. Hal lain yang lebih parah yaitu turunnya wisatawan luar negeri berakibat secara langsung ke semua hotel yang ada di Indonesia. 

 

Di bulan Januari dan Februari, okupansi masih sekitar 49,17% dan juga 49,22%. Tetapi, saat masuk ke bulan Maret hanya menjadi 32,24% saja dan diperburuk ketika memasukan bulan April. Dampak pandemi ini di bidang pariwisata Indonesia juga sangat terlihat karena banyaknya pengurangan jam kerja. Ada lebih dari 12,91 juta orang di bidang pariwisata harus dirumahkan yang akhirnya banyak orang yang tidak bekerja. 

 

Mungkin bisnis travel dapat menjadi salah satu pilihan bisnis sesudah masa pandemi berakhir. Tetapi, untuk terjun di dalam bisnis ini, Anda harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang berbagai tempat wisata pilihan. Meskipun sekarang telah banyak agen travel besar yang memberikan bermacam pelayanan secara lengkap. 

 

Tetapi, masih banyak juga masyarakat yang lebih senang dengan layanan agen travel personal. Pastinya hal tersebut bisa menjadi sebuah peluang bisnis untuk Anda yang berminat untuk terjun ke dalam bisnis wisata. Untuk menjalankan bisnis travel tersebut pastinya Anda harus mengetahui beberapa tips yang bisa membuat travel Anda laris manis. 

 

Apa sajakah hal tersebut? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

  • Buat jenis layanan yang ingin ditawarkan 

Pastinya ada berbagai layanan yang akan ditawarkan di paket perjalanan wisata Anda. Misalnya, pemesanan akomodasi, sampai pengurusan dokumen untuk keberangkatan. 

  • Buatlah profil bisnis 

Anda harus membuat profil bisnis dengan benar. Khususnya tentang semua hal yang bisa diperoleh calon pelanggan layanan tersebut. Profil bisnis juga bisa menjadi daya jual dan alat untuk berkompetisi dengan agen travel lainnya. Selain itu, profil tersebut bisa Anda cantumkan di dalam brosur yang akan dipromosikan ke berbagai tempat hingga menggunakan sosial media maupun website. 

  • Buatlah list tempat 

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan yaitu pengelompokkan jenis wisata berdasarkan wilayahnya, supaya bisa memudahkan Anda untuk membuat paket wisata. Selain itu, hal tersebut juga bisa mempengaruhi batasan wilayah dan juga harga yang akan diberikan.

  • Buatlah paket tempat wisata 

Anda dapat membuat paket destinasi wisata mulai dari yang sangat populer sampai tempat yang unik. Anda juga bisa membuat paket wisata per jenis wisatanya. Untuk hal yang satu ini Anda harus bisa menemukan tempat wisata yang bagus dengan biaya yang terjangkau. Lakukan survey tempat sebanyak mungkin agar Anda bisa membuat banyak paket wisata. 

  • Buat target pasar 

Membuat target pasar yang akan Anda tuju menjadi hal yang sangat penting agar saat melakukan promosi Anda tidak kebingungan maupun menargetkan secara sembarangan. Anda bisa memulai target pasar untuk rombongan, keluarga dan kantor. Pastinya hal ini bisa disesuaikan dengan paket yang ingin Anda tawarkan.

  • Buat sosial media dan website 

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu membuat website dan sosial media. Isi kedua media tersebut dengan konten yang bisa menarik pelanggan. Jika Anda bingung ketika ingin membuat konten, Anda bisa menggunakan jasa agensi desain grafis untuk melakukan hal tersebut. 

  • Melakukan kerjasama 

Menjalin kerjasama dengan beberapa agen bus, shuttle maupun moda travel. Kemungkinan Anda bisa melakukan promosi bisnis di salah satu kantor mereka. Sehingga promosi bisa semakin meluas dan bisnis Anda bisa dikenal oleh masyarakat secara luas. 

  • Bergabung dengan komunitas 

Hal terakhir yang harus Anda lakukan yaitu bergabung dengan komunitas. Saat ini sudah banyak komunitas traveler dan Anda bisa bergabung dengan mereka untuk mempromosikan bisnis Anda. Tetapi, perlu diketahui jika ingin melakukan promosi di group komunitas, lakukanlah secara perlahan-lahan agar mereka tidak merasa terganggu dengan Anda. 

 

Nah, demikianlah peluang bisnis travel di masa pandemi yang harus Anda ketahui jika ingin terjun di dalam usaha ini. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Related Posts