Home Administrasi Yuk Intip Cara Pembuatan Visa Schengen

Yuk Intip Cara Pembuatan Visa Schengen

by Greg Pascal
Visa Schengen

Apakah Anda memiliki rencana untuk berlibur atau melakukan perjalanan ke Eropa? Jika iya, sebelum Anda pergi, Anda harus menyiapkan Visa Schengen. Visa Schengen adalah visa kunjungan singkat bagi orang yang akan mengunjungi negara anggota Schengen untuk berwisata atau melakukan bisnis. Visa ini berlaku di dua puluh enam negara yang menerapkan Perjanjian Schengen. Lantas bagaimana cara membuat Visa Schengen dan syarat membuat Visa Schengen? Yuk simak penjelasan berikut untuk informasi lebih lengkapnya.

Cara Pembuatan Visa Schengen

1. Visa Schengen Berlaku di 26 Negara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada dua puluh enam negara dimana Visa Schengen berlaku, hal ini sesuai dengan Perjanjian Schengen yang berlaku sejak 26 Maret 1995. Ke dua puluh enam negara itu adalah: Austria, Belgia, Republik Cheska, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lituania, Luxembourg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal , Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Jadi, apabila Anda ingin mengunjungi salah satu atau beberapa negara yang telah disebutkan di atas, Anda harus membuat Visa Schengen agar bisa menikmati liburan di negara-negara tersebut dengan nyaman tanpa harus khawatir terkait visa.

2. Visa Schengen Berlaku 90 Hari

Masa berlaku Visa Schengen sendiri hanya selama 90 hari dalam waktu enam bulan atau 180 hari. Visa ini hanya digunakan untuk kebutuhan wisata atau bisnis yang tidak memakan waktu lama. Visa ini tidak bisa digunakan untuk belajar, atau tinggal secara permanen. Selain itu, ada beberapa jenis Visa Schengen yaitu visa transit, visa pariwisata, visa kunjungan, bisnis, kegiatan budaya dan olahraga, kunjungan resmi, penelitian, serta alasan medis.

Anda harus mengetahui dulu jenis visa yang Anda butuhkan sebelum mengajukan Visa Schengen. Karena dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus masing-masing visa sedikit berbeda dengan visa lainnya, maka siapkan dokumen lengkap agar pengajuan pembuatan visa dapat disetujui

3. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk mengajukan Visa Schengen Anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan yaitu foto terbaru  sebanyak dua buah dengan background abu-abu terang, paspor yang masih berlaku, bukti tiket penerbangan, polis asuransi perjalanan dengan minimum nilai pertanggungan sebesar tiga puluh ribu Euro yang harus mencakup penyakit, kecelakaan dan pemulangan jenazah. 

Visa Schengen

Baca Artikel Selanjutnya :

Selain itu Anda harus mencantumkan bukti akomodasi selama Anda berada di negara Schengen, bukti keuangan berupa rekening koran selama tiga bulan terakhir dengan saldo minimum tertentu sesuai negara yang dituju. Hal lain yang tidak kalah penting adalah mengisi formulir permohonan Visa Schengen yang bisa Anda unduh di situs resmi kedutaan besar negara tujuan Anda.

4. Pilih Waktu Pengajuan

Apabila Anda ingin mengajukan Visa Schengen, sebaiknya Anda mengajukannya tiga minggu sebelum Anda melakukan perjalanan atau paling lambat lima belas hari kerja sebelumnya. Atau jika Anda ingin memiliki lebih banyak waktu, Anda bisa mengajukan permohonan tiga bulan sebelumnya.

5. Buat Janji

Setelah memilih waktu pengajuan, langkah selanjutnya adalah membuat janji bertemu baik secara online di situs VFS atau tertulis. Anda tinggal mengisi tanggal sesuai yang Anda inginkan. Lalu Anda akan menerima nomor dan waktu antrian melalui email. Anda hanya tinggal datang sesuai dengan tanggal dan waktu yang sudah ditetapkan.

6. Datang ke Dubes atau Konsulat

Selanjutnya, Anda harus mendatangi kedutaan besar atau konsulat negara Schengen tujuan Anda. Apabila Anda hendak mengunjungi lebih dari dua negara anggota Schengen, Anda hanya mengajukan visa ke negara tujuan dimana Anda akan singgah paling lama atau mengajukan visa di negara tujuan pertama Anda.

7. Wawancara Visa

Selain menyiapkan dokumen, hal lain yang harus Anda siapkan adalah wawancara visa. Anda bisa melihat perkiraan pertanyaan yang akan diajukan dalam wawancara di Youtube atau Google. Wawancara ini sendiri berlangsung selama 10-15 menit. Pastikan Anda menjawab pertanyaan dengan tenang dan tegas.

8. Membayar Biaya Pembuatan

Setelah selesai melakukan wawancara, Anda harus membayar biaya pembuatan visa sebesar enam puluh Euro untuk dewasa, tiga puluh lima Euro untuk anak usia enam sampai dua belas tahun dan gratis untuk anak di bawah enam tahun. Setelah melakukan pembayaran, selanjutnya tinggal menunggu visa di verifikasi oleh pihak terkait.

9. Tunggu Jawaban

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah menunggu jawaban dari dubes atau konsulat sampai lima belas hari. Nantinya Anda akan menerima kabar apakah pengajuan Visa Schengen Anda diterima atau tidak. Apabila diterima, maka anda bisa menggunakan visa tersebut untuk keperluan bisnis atau liburan ke luar negeri.

Begitulah syarat dan cara pembuatan Visa Schengen. Pastikan Anda sudah tahu jenis visa yang Anda butuhkan dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Terakhir, pastikan untuk melakukan perjalanan dalam keadaan sehat, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Related Posts