Home Investasi Yuk Intip Cara Investasi Emas di Pegadaian

Yuk Intip Cara Investasi Emas di Pegadaian

by Greg Pascal
investasi emas di pegadaian

Investasi emas sudah banyak diminati oleh masyarakat. Investasi emas dinilai lebih menguntungkan daripada jenis investasi lainnya. Hal ini dikarenakan harga emas yang selalu naik tiap tahunnya. Banyak yang memilih untuk investasi emas di pegadaian. Selain terjamin, investasi emas di pegadaian juga terbukti aman dan menguntungkan. 

Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara melakukan investasi emas. Lantas bagaimana caranya? Apakah kita harus menyiapkan sejumlah biaya yang besar untuk memulai investasi emas? Jawabannya tentu tidak. Anda tidak perlu menunggu memiliki banyak uang untuk bisa mulai investasi emas. Anda dapat memulainya dari nominal yang rendah. Anda hanya perlu rutin menyisihkan sebagian uang jajan atau gaji Anda diinvestasikan. 

Cara investasi emas di pegadaian

Langkah pertama untuk memulai investasi emas, Anda membuka rekening tabungan emas di pegadaian. Pegadaian tak hanya menawarkan produk investasi emas. Masih banyak produk lain yang ditawarkan di emas pegadaian. Namun, kita hanya akan fokus pada produk tabungan emas yang ditawarkan oleh pegadaian. 

Bagaimana cara membuka rekening tabungan emas? Anda dapat melakukan pendaftaran rekening tabungan emas dengan cara online maupun offline. Kali ini kita akan membahas pendaftaran secara offline. Anda harus datang ke pegadaian terdekat untuk melakukan pendaftaran. Anda hanya perlu menyampaikan pada petugas bahwa Anda ingin membuka rekening tabungan emas. 

Selanjutnya, petugas pegadaian akan meminta Anda untuk mengisi sebuah formulir. Tak lupa Anda harus menyiapkan KTP untuk syarat pendaftaran pembukaan tabungan emas. Formulir tersebut berisikan nama, NIK, dan data lainnya. Anda akan diminta mengisi formulir tersebut dengan lengkap. 

Kemudian Anda diwajibkan membayar biaya administrasi, biaya perawatan buku, dan biaya materai. Biaya administrasi untuk membuka rekening tabungan emas sebesar 10.000 rupiah. Biaya untuk perawatan pengelolaan buku selama 1 tahun yaitu 30.000 rupiah. Sedangkan biaya materai sebesar 10.000 rupiah. 

Saldo Anda tidak akan dipotong tiap bulannya seperti saat Anda menabung di di bank. Biaya yang Anda keluarkan untuk pengelolaan buku dibayarkan tiap tahunnya. Sisanya adalah nominal yang ingin Anda masukkan ke dalam rekening tabungan emas. 

Anda dapat memulai investasi emas mulai dari 0,01 gram emas. Anda dapat memulai investasi emas dengan nominal 11 ribu ke atas. Nominal tersebut masih terjangkau bukan? Atau Anda dapat langsung memasukkan nominal besar apabila Anda sudah merencanakan investasi emas sebelumnya. 

Selanjutnya petugas pegadaian akan memproses verifikasi data Anda. Anda perlu menunggu beberapa saat sampai buku tabungan emas Anda jadi. Dalam buku tabungan emas, Anda dapat melihat berapa gram emas yang telah Anda miliki. Apabila Anda telah mencapai 1 gram emas, Anda dapat mencairkan saldo tersebut dalam bentuk emas batangan atau uang tunai, atau bisa juga Anda gadaikan. 

investasi emas di pegadaian

Baca Artikel Selanjutnya :

Mengapa harus investasi emas?

Beberapa orang mungkin masih bertanya-tanya, mengapa harus investasi emas? Apa untungnya dibandingkan menabung di bank? Jika Anda menabung di bank, tabungan Anda akan sedikit mengalami kenaikan. Malah nilai mata uang dapat menurun karena terjadi inflasi. Sedangkan harga emas akan terus naik. Harga emas tidak terpengaruh oleh inflasi. 

Tapi perlu diingat, investasi emas adalah investasi jangka panjang. Apabila Anda hendak melakukan investasi jangka pendek, maka sebaiknya Anda memilih jenis investasi lainnya. Investasi emas akan membuahkan hasil ketika lima sampai sepuluh tahun ke depan karena harga emas yang naik tiap tahunnya. Anda bebas memilih jenis investasi sesuai kebutuhan dan keadaan finansial Anda. 

Sebelum melakukan investasi emas dan investasi jenis apapun, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu tujuan Anda berinvestasi. Apakah tujuan Anda berinvestasi untuk menyiapkan biaya masa depan, atau memiliki keinginan membeli barang baru, atau yang lainnya. Dengan menentukan tujuan Anda berinvestasi, Anda dapat memilih investasi jenis apa yang sekiranya cocok untuk Anda. 

Namun apabila Anda belum memiliki tujuan dari investasi emas, tidak masalah. Setidaknya dengan investasi emas, uang Anda akan selamat dari dibelanjakan hal-hal konsumtif. Selain itu Anda akan belajar untuk konsisten melakukan investasi setiap bulannya. 

Setelah Anda memiliki tujuan dari investasi emas, selanjutnya Anda membuat target emas yang ingin Anda miliki. Dengan membentuk target jumlah emas, Anda dapat mengatur berapa nominal yang harus Anda keluarkan tiap bulannya. Sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membentuk target jumlah emas. 

Bagi Anda yang pemula dalam berinvestasi emas, pegadaian dapat menjadi pilihan Anda. Pegadaian sudah terjamin oleh OJK dan pemerintah keamanannya. Dengan demikian, Anda tidak perlu cemas masalah keamanan aset Anda. 

Demikianlah cara investasi emas di pegadaian yang dapat Anda ikuti tahapannya. Perlu diingat investasi emas tidak dilakukan untuk jangka pendek. Selain itu Anda harus konsisten menyisihkan uang jajan atau gaji Anda untuk investasi tiap bulannya secara rutin. Hasil investasi Anda nantinya akan Anda nikmati di masa depan. 

Related Posts