Home Bisnis dan Usaha Yuk, Intip Cara Bisnis Properti Perumahan Tanpa Modal Besar

Yuk, Intip Cara Bisnis Properti Perumahan Tanpa Modal Besar

by Lara Nifa

Pertumbuhan bisnis properti perumahan di Indonesia semakin subur, memiliki peluang cerah mendapat keuntungan menjanjikan bahkan selama pandemi. Maka tak heran jika banyak peminatnya, dan mungkin Anda salah satu diantaranya. Sektor properti memang luas, tak sekedar hunian atau tempat tinggal saja. Anda perlu memahami bisnis properti perumahan bila tertarik menggeluti usaha ini.

Cara Jitu Memulai Bisnis Properti di Indonesia

Mau berbisnis properti, namun masih maju mundur karena kekurangan modal? Tak perlu bingung karena sekarang ada banyak cara memulai bisnis ini tanpa modal besar. Seperti yang kita tahu, rumah adalah tempat tinggal yang menjadi kebutuhan pokok manusia. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, kebutuhan tersebut semakin bertambah besar.

Sebelum membahas cara memulai bisnis properti perumahan, alangkah baiknya Anda sudah memahami definisi dari bisnis tersebut. Yakni bisnis yang bergerak di bidang kepemilikan aset, seperti bangunan dan tanah, tak terkecuali sarana dan prasarana pun menjadi satu kesatuan di dalamnya yang bisa dijual belikan atau disewa. Bisnis properti tentu sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Selain perumahan, aset yang termasuk bisnis properti ada kost, villa, rumah susun, hingga apartemen.

Bisnis properti perumahan kian menjamur, berdiri di atas kawasan yang dulunya berupa lahan tak terawat, persawahan, dan hutan yang diubah menjadi tempat tinggal. Untuk sukses di bidang ini tentu tak cukup modal saja, Anda perlu strategi dan cara berbisnis yang tepat supaya tak salah sasaran. Nah, bagaimana cara jitu memulai bisnis properti di Indonesia? Lakukan beberapa hal berikut.

Lakukan Research untuk Mempelajari Properti dengan Baik

Setiap bisnis sebaiknya diawali dengan research terlebih dahulu karena sangat penting dalam memastikan Anda membeli dengan harga wajar. Jangan mengambil produk properti secara terburu-buru bila belum melakukan research. Ketahui seluk beluk properti mulai dari lokasi, harga, sarana dan prasarana, faktor eksternal (lingkungan industri, lokasi dekat jalan rawa, daerah rawan banjir, dan lainnya), hingga kebutuhan pasar yang berdampak pada nilai properti.

Penting untuk seseorang pelajari apa yang sedang dipasarkan nya. Lokasi yang strategis biasanya banyak dilirik pebisnis. Dengan memahami seluk beluk rumah, Anda dapat menjawab segala keinginan pembeli atau penyewa rumah nantinya.

Mulai Berbisnis Properti Perumahan

Apapun sektor bisnis yang digeluti pasti membutuhkan modal yang tak sedikit. Terutama untuk bisnis perumahan, namun bukan berarti tidak dapat dilakukan tanpa modal. Nah, jika Anda punya berbagai properti yang bisa disewakan atau dijual, maka itulah yang harus dimanfaatkan. Misalnya di rumah ada beberapa kamar kosong, Anda dapat mengubahnya menjadi kost-kost-an. Segala properti yang memiliki nilai sewa harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Dana yang minim seharusnya tidak menjadi penghalang Anda untuk memulai bisnis ini. Anda pun dapat mencari anggota keluarga, rekan kerja, atau teman yang berencana menjual atau membeli rumah. Bantu mereka mencari properti atau menjualnya dan dapatkan keuntungan setelah bertransaksi. Atau Anda bisa bekerjasama dengan developer properti terkait informasi penting harga promosi, lokasi perumahan, diskon, hingga berbagai penawaran menarik lainnya.

Bekerja dengan Agen Properti

Salah satu cara tepat belajar detail bisnis properti perumahan adalah dengan bekerja bersama agen properti. Anda dapat memperoleh banyak ilmu yang bermanfaat dalam bisnis perumahan nantinya. Mulailah dari menjadi marketing freelance, pekerjaan ini cukup bebas dilakukan tanpa harus masuk kantor setiap hari.

Mencari Calon Pembeli dengan Memanfaatkan Internet

Setelah bekerjasama dengan agen properti atau pihak developer perumahan, maka langkah selanjutnya adalah mencari calon pembeli. Anda bisa memanfaatkan internet agar semakin mudah dan menjangkau banyak orang. Internet juga membantu Anda mengetahui keinginan calon pembeli sehingga dapat menawarkan properti yang sesuai.

Selain itu, gunakan teknologi ini untuk memperluas promosi. Beberapa media sosial yang dapat dimanfaatkan antara lain ada sosial media, forum jual beli, website, marketplace, dan blog. Supaya lebih menarik, berikan foto objek properti perumahan selengkap mungkin dan tambahkan detail informasi yang mudah dipahami calon pembeli.

Keuntungan Bisnis Properti Perumahan

Setiap bisnis memang memiliki daya tarik tersendiri. Seperti bisnis properti yang menjanjikan prospek jangka panjang pun punya risiko beragam. Namun secara garis besar, terdapat banyak peluang pada bisnis ini.

  •       Punya nilai jual yang cenderung naik
  •       Tidak tergerus inflasi sehingga bertahan dalam kondisi apapun
  •       Properti termasuk kebutuhan primer semua orang
  •       Bisa dijadikan aset, disewa atau dijual
  •       Risiko kerugian minim dibandingkan investasi valuta asing, komoditas, dan saham.

Bagaimana, tertarik memulai bisnis properti perumahan? Anda dapat menerapkan cara-cara di atas. Sedikit tips dari kami supaya bisnis berjalan lancar yakni Anda sebagai pelaku usaha perlu membuat jaringan hubungan seluas mungkin. Karena Anda akan lebih mudah mendapatkan detail properti dan lebih banyak kesempatan untuk berkolaborasi. Dan bersikaplah jujur agar pelanggan mempercayai Anda.

Related Posts