Home Bisnis dan Usaha Yuk, Intip 10 Bisnis Murah yang Menguntungkan

Yuk, Intip 10 Bisnis Murah yang Menguntungkan

by Lara Nifa
bisnis yang menguntungkan

UKM menghasilkan keuntungan dengan  modal yang sangat kecil. Semuanya dapat memberikan keuntungan yang sangat besar, hingga jutaan rupiah per hari. Tetapi hanya sebagian orang yang tahu bagaimana mengembangkan bisnis. Oleh sebab itu, sangat sulit untuk mendapatkan keuntungan. Nah, pada artikel ini kita akan menjelaskan sejumlah bisnis dengan modal kecil dengan keuntungan yang besar beserta tips mengembangkannya. Mari simak ulasannya berikut ini. 

1. Bisnis makan atau cemilan 

Berjualan cemilan atau makanan dapat menjadi usaha yang tidak pernah lekang dimakan waktu. Adanya potensi yang besar ini, Anda juga harus membutuhkan riset supaya bisnis ini bisa berjalan dengan baik. Nah, di bawah ini ada sejumlah opsi usaha makanan yang dapat Anda coba. 

  • Berjualan kue 

Kebanyakan orang di Indonesia ini sangat senang dengan cemilan, biasanya cemilan yang di gemarinya seperti risoles, kue lapis, donat, brownies dan kue basah lainnya. 

Selain itu, masih banyak kue yang populer di Indonesia, sehingga bisnis ini cocok sekali untuk Anda yang baru ingin memulainya dengan modal yang murah serta keuntungan yang melimpah. 

  • Membuka warung makan

Apabila Anda memiliki keterampilan memasak yang baik, Anda tidak boleh menyia-nyiakan bakat Anda. Dengan modal yang sedikit, Anda dapat membuka restoran di rumah. 

Pertama, Anda bisa merombak ruangan supaya terlihat nyaman menjadi ruang makan bagi calon pembeli. Masakan rumahan misalnya telur dadar dan ayam goreng biasanya sangat digemari oleh kebanyakan orang. Namun bila Anda memiliki resep keluarga yang unik dan enak, mencoba peruntungan ini tidak ada salahnya.

2. Berjualan paket internet atau pulsa 

Di era kecanggihan yang semakin meningkat, handphone sudah menjadi produk penting yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan manusia, dan kita tidak akan melewatkan peluang bisnis seperti penjualan pulsa. Ternyata, bisnis yang satu ini tidak membutuhkan banyak modal. Yang Anda butuhkan hanyalah ponsel untuk mengirim paket internet secara online dan juga pulsa. 

3. Bisnis laundry 

Orang-orang sibuk setiap harinya, maka akan sangat menyukai hal-hal praktis. Banyak orang memilih “membeli” waktu yang dimiliki orang lain guna menyelesaikan pekerjaan rumahnya karena mereka menghabiskan banyak waktu di kantor. Salah satunya yaitu laundry. Dalam kasus seperti itu, membuka bisnis laundry dapat menjadi tambang emas untuk Anda. Dengan strategi pemasaran dan tempat yang tepat, bisnis rumahan ini dapat memberikan Anda tambahan uang.

4. Membuka jasa jahit 

Apabila Anda memiliki hobi menjahit dan bisa menjahit, maka tidak ada salahnya untuk membuka bisnis yang satu ini. Memang bisnis jasa ini dianggap ketinggalan jaman, namun jangan salah, bisnis ini selalu banyak yang mencarinya sebab masih banyak orang yang membutuhkan penjahit. 

Bayangkan saja misalnya dalam setahun ada beberapa pernikahan yang ingin bajunya dijahitkan oleh Anda. Tentu saja Anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. 

5. Jasa cuci motor

Bisnis rumahan selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu membuka jasa cuci motor. Perlu diingat dimana jasa mencuci sepeda motor selalu laris manis apalagi setelah musim hujan, semakin banyak pelanggan memiliki sepeda motor yang kotor. Dengan modal kurang dari 8 juta, Anda sudah dapat memulai bisnis ini. 

6. Jasa video dan foto 

Bisnis ini dapat menjadi sebuah kesempatan yang menjanjikan jika Anda sudah menekuninya. Memang semua orang dapat memotret dan merekam video, tapi tidak semua orang dapat dengan profesional. Inilah waktu yang pas untuk mengisi “kekosongan” yang belum terisi ini. 

Jasa video dan foto dapat digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya wisudah, pernikahan, syukuran, dan lainnya. Modal yang dibutuhkan adalah ruang yang tersedia untuk studio, kamera dan laptop untuk editing foto dan video. 

7. Bisnis warung kopi 

Kopi sudah menjadi minuman paling disukai oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari menjamurnya kafe-kafe yang memberikan banyak pilihan kopi di seluruh kota. Buka toko Anda sendiri di teras dan pembuat kopi. Tetapi, harus diingat jika beberapa latihan diperlukan untuk menangani kopi dengan baik. Dengan pengelolaan yang baik,  bisnis renovasi rumah ini berpotensi menjadi usaha yang memiliki masa depan.

8. Budidaya ikan hias 

Harga ikan hias memang terkenal tidak murah, misalnya ikan louhan yang berharga ratusan juta. Apabila Anda sangat menyukai ikan dan berminat untuk menjadikannya sebagai bisnis, Anda dapat mencoba bisnis ini. Namun, ada baiknya sebelum mulai untuk berbisnis, Anda harus mempelajari cara merawat ikan hias dengan baik agar modal yang Anda keluarkan untuk bisnis ini tidak sia-sia. 

9. Les privat 

Jika Anda mempunyai kemampuan untuk mengajar, membuka jasa les di rumah menjadi kesempatan yang bagus. Tidak hanya untuk mengasah bakat, tetapi juga dapat membantu anak-anak di sekitar rumah. Ini adalah usaha yang tidak memerlukan modal karena Anda dapat menggunakan fasilitas yang ada untuk melakukannya di rumah. 

10. Jasa desain undangan 

Desainer undangan masih banyak dicari, apalagi saat musim pernikahan telah tiba. Oleh karena itu, bisnis sampingan ini juga dapat menjadi usaha yang bagus. Perusahaan desain membutuhkan kreativitas, khususnya pada kemampuan untuk bekerja dengan perangkat lunak Photoshop.

Related Posts