Home Investasi Yuk, Belajar Investasi Properti Sejak Dini 

Yuk, Belajar Investasi Properti Sejak Dini 

by Lara Nifa
investasi sejak dini

Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi?  Terutama untuk investasi jangka panjang, sangat penting. Secara khusus, tidak mudah untuk memprediksi status kerangka ekonomi sekarang ini. Saat ini, ada lebih banyak lagi bentuk investasi, mulai dari saham, emas sampai barang bermerek, yang juga dianggap sebagai investasi yang dapat menguntungkan. 

Sangat banyak sekali pilihan investasi meningkat, tetapi investasi berbentuk properti ini juga masih banyak diminati oleh orang. Selain fakta bahwa nilai jual real estat terus meningkat, banyak yang percaya jika investasi real estat cenderung berisiko sedikit  dibandingkan bentuk investasi lainnya. 

Investasi properti dapat jadi sulit, tetapi nilainya terus meningkat dan resikonya kecil. Oleh karena itu, banyak para pemula, enggan berinvestasi di bidang properti. Untuk itu,  mengetahui pentingnya dan potensi berinvestasi properti yang baik sebelum Anda mulai berinvestasi tidak akan ada salahnya. 

Pengertian Investasi Properti 

Rasanya kurang afdol apabila Anda tidak mengetahui lebih dulu pengertian dari investasi. Ya, investasi properti merupakan salah satu bentuk investasi yang berhubungan dengan kepemilikan, pembelian, pengelolaan, penjualan dan penyewaan real estat agar bisa memperoleh profit atau keuntungan. 

Investasi properti juga merupakan pembelian properti berbentuk bangunan yang bertujuan untuk memperoleh ROI atau Return of Investment, baik hasil penjualan kembali, penyewaan maupun keduanya. Properti sendiri bisa dimiliki secara perorangan, kelompok maupun sebuah korporasi. 

Jika dilihat dari jangka waktu nya, investasi properti menjadi instrumen yang sangat fleksibel, karena ia bisa menjadi investasi dengan jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi, Anda juga dapat menentukan jangka waktunya sendiri sesuai dengan keperluan. 

Keuntungan Investasi Properti 

Ada baiknya sebelum Anda ingin berinvestasi di bidang properti ini, lebih dulu memahami keuntungan yang dapat diperoleh jika berinvestasi pada jenis instrumen ini. Nilai properti akan selalu stabil dan jarang sekali untuk mengalami penurunan. Hal tersebut memang tak perlu Anda ragukan lagi, sebab kebutuhan rumah maupun bangunan tidak akan pernah ada matinya. Belum lagi bila anda berinvestasi di properti yang mempunyai nilai aset yang tinggi, pastinya akan sangat menguntungkan khususnya pada jangka waktu yang sangat panjang. 

Tips Investasi Properti 

  1. Pilih lokasi strategis 

Cara berinvestasi properti yang sangat mudah yaitu dengan membeli tanah, apartemen dan rumah. Tetapi, Anda tidak dapat membelinya secara sembarangan tanpa melihat lokasinya lebih dulu. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang sangat strategis dan mempunyai prospek yang sangat menjanjikan, misalnya properti di wilayah kota mandiri atau juga di kota besar yang banyak penduduknya. 

  1. Persiapkan dana lebih

Tentu saja harga properti sangat mahal, oleh karena itu penting sekali untuk Anda menyiapkan dana lebih dari yang dianggarkan untuk menjadi uang darurat apabila harus mengeluarkan dana yang tidak terduga. Selain itu, dana yang Anda miliki juga wajib disesuaikan dengan jenis properti yang akan Anda cari serta biaya lainnya misalnya perbaikan rumah tersebut pun harus masuk dalam anggaran. 

  1. Pilih pengembang terpercaya 

Apabila Anda ingin membeli properti seperti rumah atau apartemen, lebih baik Anda memilih pengembang yang sudah terpercaya dan jangan pernah tergiur dengan harga yang murah. Hal ini harus Anda lakukan sebagai antisipas, mengingat di jaman ini banyak sekali penipuan di bidang properti yang dapat terjadi pada siapapun dan pasti akan sangat merugikan. 

Cobalah untuk melakukan riset lebih dulu tentang properti yang sedang Anda cari, lalu survei siapa pengembang yang bertanggung jawab atas properti tersebut. Jangan lupa cek juga track record dari pengembang, sehingga Anda bisa merasa lebih aman saat ingin melakukan transaksi dengannya. 

Cara Berinvestasi Properti 

  1. Penyewaan rumah 

Apabila Anda mempunyai tanah di lokasi yang strategis dan berada di dekat pusat keramaian masyarakat, jangan ragu untuk mengubahnya menjadi rumah sewa yang menguntungkan. Target pasar bisa pasangan pengantin baru atau pekerja asing yang benar-benar bepergian untuk mengejar karir. 

  1. Sewa kost 

Menjadi pemilik kost juga tetap bisa memperoleh passive income bulanan atau tahunan.  Paling efektif bila ada banyak tanah kosong atau di dekat kompleks sekolah atau kantor tertentu. Jelas bahwa ada permintaan pasar dan banyak potensi. Jika Anda ingin mengoptimalkan penghasilan Anda, tidak ada salahnya membuka ini.

  1. Sewa tanah 

Sejujurnya, banyak penduduk desa yang mempunyai tanah dibiarkan begitu saja. Hal ini juga terutama digunakan sebagai ladang untuk berbagai jenis tanaman. Tentunya hal ini masih worth it, setidaknya  untuk kebutuhan sehari-hari sesuai kebutuhan. 

Namun, jika Anda memiliki tanah tetapi tidak terlalu tertarik untuk mempertimbangkan modal untuk pengembangan real estat, Anda dapat mulai menyewakan kepada orang lain. Mungkin tanahnya bisa dijadikan toko retail, sewa apartemen, atau bahkan menjadi industri rumah tangga.

Related Posts