Home Tips Waspada Penipuan Money Game, Ini Pengertian dan Ciri-Cirinya

Waspada Penipuan Money Game, Ini Pengertian dan Ciri-Cirinya

by Lara Nifa
money game

Pengertian atau definisi money game menurut MUI (Majelis Ulama Indonesia) adalah  suatu kegiatan yang menghasilkan dan melipatgandakan uang dengan cara perekrutan anggota untuk mendapatkan komisi atau bonus tanpa melakukan penjualan produk, jika ada barang yang ditawarkan itu merupakan sebuah kamuflase.

Melihat dan memahami definisi diatas, dapat disimpulkan bila ‘permainan uang’ ini adalah penipuan. Sayangnya masih banyak orang yang tidak bisa membedakannya dengan Multi Level Marketing (MLM), karena sistem keduanya yang serupa, namun sebenarnya sangat berbeda.

Perbedaan Money Game dan Multi Level Marketing (MLM)

Sekilas memang kedua bisnis ini memiliki kesamaan, namun sebenarnya keduanya ada perbedaan yang signifikan. Multi Level Marketing mempunyai skema bisnis selain merekrut anggota juga dengan melakukan penjualan produk dan laba yang didapat adalah milik member tersebut, tidak banyak perusahaan MLM yang menggunakan sistem rekrut = komisi.

Selain itu perusahaan MLM juga diwajibkan menjadi anggota APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) dan tentunya mereka akan memiliki perusahaan yang terdaftar secara legal. Keuntungan yang didapatkan oleh member juga sudah jelas dari penjualan produk.

koperasi simpan pinjam

Sedangkan ‘permainan uang’ menggunakan skema bonus yang bersistem piramida dan tidak melakukan atau menjual produk apapun. Walau ada juga investor yang memberikan tugas seperti menonton iklan, video atau mendownload sebuah aplikasi.

Namun, sebenarnya kegiatan tersebut tidak menghasilkan banyak keuntungan. Karena keuntungan terbesar dari sistem ‘permainan uang’ adalah dengan mencari dan mendaftarkan anggota baru, semakin banyak Anda mengajak orang lain untuk bergabung, keuntungan yang diperoleh akan semakin besar.

Ciri-Ciri Money Game

Tentunya Anda tidak ingin menjadi salah satu orang yang terjebak oleh ‘permainan uang’ ini, lalu apa saja ciri-ciri serta perilaku dari pelaku? Mari simak poin-poin berikut :

  • Anda diwajibkan untuk membayar sejumlah uang dalam nominal yang cukup besar.
  • Anda diberikan beberapa produk atau barang yang bisa dijual, namun nilainya tidak sepadan dengan jumlah uang yang sebelumnya sudah Anda keluarkan.
  • Anggota yang baru saja bergabung akan diminta untuk merekrut atau mengajak orang lain agar mau ikut menjadi member.
  • Bila berhasil mengajak dan menjadikan orang tersebut sebagai anggota baru, Anda akan mendapatkan bonus dalam nominal tertentu. Semakin banyak Anda dapat mendaftarkan orang, akan makin besar pula komisi yang akan diterima.
  • Perusahaan dengan sistem ‘permainan uang’ sebenarnya tidak mempunyai produk yang dapat dijual. Kalau pun ada, biasanya harga yang diberikan tidak sepadan dengan nilai jualnya.
  • Skema yang mereka gunakan mirip dengan MLM (Multi Level Marketing), yaitu piramida.
  • Memberikan iming-iming bila akan mendapatkan keuntungan besar.
  • Biasanya perusahaan ini akan cepat tutup, karena produk yang disediakan tidak bisa memenuhi atau sebanding dengan jumlah anggota.
  • Tidak terdaftar di World Federation of Direct Selling Association (WFDSA) dan Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)
  • Tidak terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bila Anda menemukan atau diajak oleh sahabat atau keluarga untuk bergabung menjadi anggota sebuah perusahaan baru, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang kredibilitas dari perusahaan tersebut dan apabila terdapat ciri-ciri seperti di atas sebaiknya Anda waspada.

Tips Menghindari Money Game

Untuk dapat menghindari terjebak oleh ‘permainan uang’ sebenarnya Anda hanya harus selalu jeli dan waspada. Jangan mudah tergiur oleh keuntungan-keuntungan yang ditawarkan. Namun, agar lebih berhati-hati, Anda bisa menyimak beberapa tips dibawah ini :

  1. Cari tahu tentang perusahaan tersebut, apakah terdaftar di OJK, APLI dan WFDSA. Anda dapat mencari semua informasinya melalui internet.
  2. Pelajari tentang perusahaan tersebut, dari mulai rencana bisnis, keuntungan yang mereka dapat serta bagaimana mereka memasarkan produknya.
  3. Anda dapat bertanya kepada orang yang mengajak, apakah harus merekrut anggota baru.
  4. Bila Anda memiliki keraguan akan perusahaan tersebut, ada baiknya jangan mau bila diminta untuk membayar sejumlah uang (biaya pendaftaran dll). Katakan saja jika Anda belum tertarik untuk bergabung dengan bisnisnya.
  5. Mintalah saran dari banyak orang. Akan lebih baik jika orang tersebut pernah juga terjebak dibisnis tersebut. Jadikan masukan dari mereka sebagai bahan pertimbangan.
  6. Cek kredibilitas dari perusahaan atau organisasi tersebut, apakah pernah ada yang merasa dibohongi dan mengalami kerugian. Kumpulkan bukti sebanyak mungkin agar anda semakin yakin.
  7. Berhati-hatilah apabila diiming-imingi akan cepat balik modal dan sejenisnya. Karena bisnis ‘permainan uang’ seperti ini akan cepat sekali menghilang dari peredaran apabila dirasa sudah tidak ada lagi orang yang bisa direkrut.

Nah, itulah pengertian dari money game yang harus Anda ketahui. Bisnis ini walaupun memiliki skema yang mirip dengan MLM, namun sebenarnya sangat berbeda. Hanya saja tipe bisnis yang satu ini dapat berupa apa saja, seperti arisan, penggalangan dana, bahkan tidak jarang mengaitkan dengan agama dan kemanusiaan.

Related Posts