Home Bisnis dan Usaha Wajib Coba, Ide Usaha Makanan Untuk Mahasiswa

Wajib Coba, Ide Usaha Makanan Untuk Mahasiswa

by Greg Pascal
ide usaha makanan

Usaha makanan sangat menjamur di masyarakat. Banyak sekali orang yang mencoba ide usaha makanan dan akhirnya menjadi sukses. Akhirnya usaha mereka semakin berkembang dan semakin maju. Memang, membuka usaha makanan memiliki peluang besar. Bahkan mahasiswa juga banyak yang memulai membuka usaha makanan. 

Pasti ada mahasiswa yang memulai usaha makanan. Kata siapa membuka usaha makanan membutuhkan modal besar? Apalagi dengan status mahasiswa yang belum mempunyai penghasilan sendiri. Mahasiswa bisa membuka usaha kecil-kecilan sebagai permulaan.  Banyak sekali ide usaha modal kecil yang bisa dicoba. 

Sebelum Memulai Usaha Makanan

Sebelum memulai usaha modal kecil, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Hal-hal ini mungkin terdengar sepele. Tapi akan sangat berguna jika sudah dipersiapkan dengan matang sebelumnya. 

1. Ide

Benar, hal pertama yang harus disiapkan adalah ide. Mungkin mahasiswa berpikir yang pertama harus disiapkan adalah modal. Oke, modal memang penting. Tapi ide lebih penting. Mahasiswa harus memiliki ide kreatif sebelum memulai usaha makanan. Jangan berpikiran “Apakah usaha saya akan laku?” terlebih dahulu. Melainkan carilah ide sekreatif mungkin. Jika ide yang mahasiswa miliki kreatif dan inovatif, maka nantinya akan banyak pelanggan yang penasaran dan ingin mencobanya. 

2. Modal

Nah, ini dia hal yang harus disiapkan kedua setelah ide. Modal. Tidak perlu modal yang muluk-muluk hingga jutaan rupiah untuk memulai usaha makanan di kalangan mahasiswa. Mahasiswa bisa mulai membuka usaha kecil-kecilan dengan modal minim. Mahasiswa bisa mengumpulkan modal dengan menyisihkan uang saku mereka. Banyak sekali pilihan ide usaha modal kecil yang bisa dicoba untuk mahasiswa. 

ide usaha makanan

Baca Artikel Selanjutnya :

Ide usaha makanan yang wajib dicoba oleh mahasiswa

1. Gorengan

Pastinya gorengan menjadi jajanan favorit semua kalangan. Tak hanya mahasiswa saja yang suka makan gorengan. Gorengan selalu lekat dengan masyarakat, tak bisa lepas. Bukan rahasia lagi bahwa usaha gorengan mendatangkan omset yang tak sedikit. Mahasiswa yang tertarik memulai usaha bisa mencoba menjajakan gorengan di kampus. Bisa ditawarkan ke teman, sahabat, dosen teman organisasi, dan lainnya. Modal yang dibutuhkan pun tak teralu banyak. Mahasiswa bisa memilih membuat sendiri gorengannya atau menjualkan milik orang lain. 

2. Roti bakar

Murah meriah dan mengenyangkan. Mahasiswa sering kali memilih jajanan yang murah namun mengenyangkan perut mereka. Tentu saja. Roti bakar bisa menjadi alternatif ide usaha modal kecil yang bisa dicoba oleh mahasiswa. Mungkin ada sebagian mahasiswa yang bosan dengan roti biasa. Mereka ingin rasa yang lain. Kenapa tidak coba roti bakar saja? Roti bakar juga enak jika dinikmati ketika masih hangat. Roti bakar bisa menjadi camilan atau sarapan mahasiswa di kampus. Ide usaha ini juga menghasilkan keuntungan yang tak kalah besar. 

3. Nasi bungkus

Bisa saja ada mahasiswa yang tak sempat sarapan di rumah atau tak sengaja makan siang mereka tertinggal di rumah. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah sarapan di kampus. Nasi bungkus yang murah meriah dan enak tentunya menjadi pilihan dari banyak mahasiswa. Ide usaha nasi bungkus murah ini sering kali laris manis. Modal yang diperlukan untuk usaha nasi bungkus juga tidak banyak. Lauk yang sederhana serta nasi hangat sudah terasa nikmat bagi siapa saja yang sedang lapar, bukan? 

4. Kue kue manis

Makan kue manis bisa memanjakan lidah. Terkadang mahasiswa lebih memilih makanan yang tidak terlalu berat. Mereka hanya ingin ngemil atau makan kue. Ide usaha kue manis bisa dijadikan pilihan. Biasanya mahasiswa menunggu dosen sambil makan kue atau ngemil sambil ngobrol dengan teman-teman mereka. Makanan yang ringan, cepat habis, enak, dan murah biasa menjadi pilihan mahasiswa. Ditemani teh atau air mineral, makan kue sambil mengerjakan tugas kelompok pasti mengasyikan.

5. Jamur crispy

Siapa sangka ide jamur crispy bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan? Jamur goreng dengan taburan tepung ini bisa menjadi lauk saat makan atau camilan. Tak jarang mahasiswa hanya membawa nasi dari rumah sedangkan lauknya mereka beli di kampus. Jamur crispy bisa menjadi menu favorit mereka. Lauk sederhana dan simpel. Jamur crispy hangat ditemani saus tomat atau sambal ditambah nasi. Menu sederhana bisa menjadi menu favorit beberapa mahasiswa. 

Demikian ide usaha makanan yang wajib dicoba oleh mahasiswa. Jangan takut mencoba hal baru. Siapa tahu bisa sukses dari mencoba hal baru. Membuka usaha tak perlu modal yang selangit. Asalkan niat dan konsisten, usaha yang dibangun akan berkembang. Selain itu membuka usaha sejak dini juga membuat mahasiswa belajar dan menambah pengalaman mereka. Apalagi mahasiswa pada dasarnya kreatif. Mereka bisa menciptakan ide usaha baru dengan berbagai inovasi. 

Related Posts