Home Bisnis dan Usaha Usaha Ternak Burung yang Menjanjikan di Masa Depan

Usaha Ternak Burung yang Menjanjikan di Masa Depan

by Lara Nifa

Usaha beternak burung selain dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk untuk menyalurkan hobi anda, usaha yang satu ini dapat menjadi sebuah peluang usaha yang tentunya akan sangat menjanjikan di masa depan dan memiliki keuntungan yang lumayan besar. Jika dilihat dari berbagai jenis burung memiliki banyak sekali ragam dan jenisnya. sehingga tidak aneh apabila beberapa orang tertarik dalam   menjalankan usaha ternak burung untuk menambah Sumber penghasilan mereka.

Mengingat pasar dari burung ini selalu ramai peminatnya, bahkan hingga saat ini bisa dilihat banyak sekali para peternak burung yang masih bertahan. Ditambah lagi dengan banyaknya komunitas pecinta burung yang semakin meningkat,  fenomena seperti ini dapat dijadikan menjadi sebuah target pasar yang tentunya akan sangat menggiurkan titik berikut adalah beberapa jenis burung yang mempunyai peluang usaha yang sangat menjanjikan di masa depan.

Jenis Usaha Ternak Menjanjikan di Masa Depan

  • Burung murai batu

Jenis burung pertama yang dapat menjadi peluang usaha ternak yang sangat menjanjikan di masa depan adalah burung murai batu.

Burung murai batu merupakan jenis burung yang yang banyak diminati karena kicauannya. Burung ini memiliki suara kicauan yang sangat khas sehingga menjadikan burung ini sebagai burung hias yang paling banyak dicari oleh para pecinta burung. karena banyaknya pecinta burung jenis ini maka hal ini sudah menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Selain itu burung ini juga tergolong mudah dalam perawatannya harga serta harga per ekor dari burung murai batu ini lumayan tinggi. kisaran harganya bisa mencapai Rp700.000 hingga sampai jutaan rupiah per satu ekornya.

  • Burung  lovebird

Jenis burung lovebird memang bukan burung yang asing di Indonesia, terutamanya bagi para pecinta burung di Indonesia. Burung yang memiliki ukuran yang mungil serta suaranya yang khas telah banyak membuat orang jatuh cinta kepadanya.

Sehingga banyak sekali orang yang memutuskan untuk beternak burung ini. Untuk beternak burung lovebird anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah biayanya, karena dana awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak burung lovebird hanya kisaran Rp500.000 saja.

Jenis burung lovebird mempunyai harga jual yang lebih rendah memang dibandingkan jenis burung sebelumnya yaitu sekitar Rp50.000 hingga Rp100.000 per 1 ekornya.

  •  burung kenari

Walaupun  burung kenari memiliki tubuh yang kecil, namun burung kenari memiliki suara kicauan yang sangat nyaring. Suara tersebutlah yang membuat harga pasaran dari burung kenari ini ini tergolong mahal yaitu sebesar Rp50.000 sampai dengan Rp300.000.

Namun Anda jangan menganggap remeh burung yang memiliki tubuh kecil ini karena peternak burung jenis ini tergolong susah-susah gampang.

Karena daya tarik dari burung ini adalah suara kicauannya maka salah satu hal yang tersulit dalam memelihara burung kenari adalah melatihnya supaya memiliki suara kicauan yang indah.Apabila suara kicauan dari burung ini semakin indah maka harganya juga akan semakin mahal.

  • Burung jalak suren

Burung jalak suren merupakan salah satu pilihan burung untuk usaha ternak burung yang menjanjikan di masa depan. Berdasarkan penjelasan peternak, usaha ternak burung jalak suren dapat memperoleh omzet sebanyak belasan hingga puluhan juta rupiah.

Untuk harga jualnya dari burung ini per ekornya adalah Rp500.000 sampai dengan Rp1.000.000 pada usia dewasa,  sedangkan apabila burung ini masih tergolong anakan maka burung jalak suren memiliki harga jual sebesar Rp350.000.

  • Burung ciblek

Hampir sama dengan jenis burung lainnya seperti burung lovebird, burung ciblek ini juga merupakan salah satu jenis burung yang berpeluang untuk menjadi usaha ternak burung yang menjanjikan di masa depan nanti.

Hal ini disebabkan oleh jenis burung yang satu ini termasuk jenis burung yang sangat mudah diternakkan dan mudah ditemui di banyak daerah di Indonesia.

Karena burung ciblek memang termasuk ke dalam golongan burung ternak maka harganya pun tergolong cukup terjangkau, harga satu burung ciblek berkisar antara Rp60.000 sampai dengan Rp150.000 per ekornya.

Namun apabila burung tersebut telah dilatih dan menjadi ahli dalam berkicau serta memiliki suara kicauan yang merdu maka harganya pun akan semakin naik sampai ke angka Rp300.000 per 1 ekornya.

Demikianlah beberapa jenis usaha burung ternak yang menjanjikan di masa depan dan memiliki prospek pasar yang sangat bagus.

Jenis burung yang disebutkan di atas dapat menjadi pilihan bagi anda calon pengusaha yang mau beternak burung untuk dijadikan sebagai tambahan penghasilan.

Tentunya Anda juga harus memperhatikan jenis burung serta harga yang beredar di pasaran, Anda tidak dapat mematok harga yang lebih mahal kecuali burung Anda memang memiliki kualitas berkicau yang baik.

Related Posts