Home Bisnis dan Usaha Usaha Tanaman Hias yang Paling Menguntungkan Saat Ini

Usaha Tanaman Hias yang Paling Menguntungkan Saat Ini

by Lara Nifa
tanaman hias

Bisnis memang luas sekali bidangnya, termasuk tanaman. Dimana ternyata bisnis tanaman sendiri sangatlah menguntungkan. Banyak sekali yang menganggap bahwa bisnis tanaman tidak memiliki peluang besar. Tapi, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa tanaman hias yang harganya bisa mencapai jutaan bahkan ratusan juta. 

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis tanaman dan memang senang dalam bidang ini, ada beberapa tanaman yang bisa Anda jadikan fokus usaha. Apa saja? Ikuti terus ulasannya dalam artikel ini. 

Jenis Bisnis Tanaman Hias yang Paling Menguntungkan

Menjalankan bisnis tanaman memang harus mengetahui hal dasar dalam masalah perkebunan. Karena tidak mungkin Anda menjual tanaman hias yang tidak mempunyai nilai. Bagi Anda yang memang sangat tertarik untuk terjun dalam bisnis tanaman hias ini, berikut ini adalah tanaman hias yang paling menguntungkan: 

Bunga Mawar 

Tidak dapat kita pungkiri bahwa bunga mawar hingga sekarang masih menjadi primadona dalam urusan tanaman hias. Tidak banyak yang menanam bunga ini secara langsung, tapi bunga mawar adalah bunga hias yang sudah pasti dibutuhkan. Mulai untuk keperluan dekorasi, buket bunga dan lain sebagainya. 

Kebutuhan masyarakat akan bunga mawar sangatlah tinggi, jadi jika ditanya tanaman hias apa yang menjanjikan dan tidak pernah mati adalah bunga mawar. Perlu Anda tahu, bahwa bisnis ini mampu menghasilkan ratusan juta rupiah dalam satu bulan. Apalagi ketika sedang masa event-event spesial, pasti permintaan akan sangat banyak sekali. 

Bunga Anggrek 

Bunga selanjutnya yang juga bisa menjadi usaha tanaman hias yang menguntungkan adalah bunga anggrek. Bunga yang satu ini sendiri terkenal sekali dengan harganya yang termasuk mahal. Apalagi untuk jenis-jenis tertentu yang sangat sulit untuk ditemukan. Harganya sudah pasti akan mencapai puluhan juta. 

Potensi dari bunga anggrek untuk menjadi usaha sangatlah bagus sekali. Apalagi bunga anggrek tidak dijual dalam bentuk potongan seperti bunga mawar. Hal inilah yang menjadi daya tarik masyarakat, dimana mereka bisa merawat bunga anggrek di rumah sendiri. Terlebih jika bisa memiliki bunga anggrek langka. 

Bunga Matahari 

Sebagian dari Anda pasti jarang melihat bunga matahari di perkotaan. Hal ini sendiri tidaklah heran, mengingat bunga ini memang termasuk sulit untuk dibudidayakan. Tapi, bukan berarti tidak ada potensi bisnis dalam bunga ini. Belakangan terakhir, bunga matahari mendapatkan minat dari penggemar tanaman hias. Meski masih tidak sepopuler anggrek maupun mawar, tapi bunga yang satu ini sendiri bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. 

Bunga Kamboja 

Identik dengan pohon yang ada di area pemakaman, nyatanya bunga kamboja sendiri mampu menjadi tanaman hias yang paling menguntungkan. Banyak sekali yang mencari bunga kamboja untuk dijadikan resin atau aksesoris. Bahkan untuk penggemar tanaman sendiri, pohon bunga kamboja dijadikan bonsai. Sehingga harganya pun bisa menjadi berlipat ganda, bahkan mencapai puluhan juta. 

Bonsai 

Sudah disebutkan tadi, dimana bonsai adalah jenis tanaman hias yang terkenal sangatlah mahal. Hal ini tidak heran, karena bonsai tidak hanya sekedar tanaman hias, tapi juga sering disamakan dengan karya seni. Bahkan ada beberapa jenis tanaman bonsai yang mencapai nilai hingga ratusan juta rupiah atau milyaran. 

Pada dasarnya, bonsai adalah teknik penanaman yang digunakan oleh masyarakat agar bisa mengkerdilkan tanaman. Konsep ini sendiri tidak lepas dari negara Jepang yang menyukai tanaman, tapi tidak bisa menanam tanaman yang berukuran besar. Beberapa jenis tanaman yang sering diubah menjadi bonsai adalah pohon kelapa, bunga bougenville, kamboja dan lain sebagainya. 

Selain tanaman di atas, masih banyak jenis tanaman hias lain yang juga sangat menguntungkan. Contohnya lainnya adalah kaktus, lidah mertua, tanaman paku tanduk rusa dan lain sebagainya. 

Tips Memulai Usaha Tanaman Hias 

Bagi Anda yang ingin memulai usaha dalam tanaman hias, ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut ini: 

  • Pilih tanaman yang akan dijual 

Jenis tanaman hias sangatlah banyak dan Anda harus bisa memilih tanaman yang tepat. Tidak masalah menjual lebih dari satu tanaman, tapi lebih baik memilih tanaman yang benar-benar Anda tahu cara untuk merawatnya. Hal ini sendiri agar mudah untuk membudidayakannya serta bisa menjual tanaman hias yang berkualitas. 

  1. Ikuti trend 

Sama seperti fashion, tanaman hias juga mempunyai trend masing-masing. Terkadang ada satu tanaman yang bisa terjual hingga ratusan juta, tapi secara bersamaan juga menjadi sangat murah. Jadi, supaya bisnis terus berjalan, Anda harus bisa melihat trend tanaman apa yang sekarang ini diminati. 

  • Budidayakan tanaman hias langka 

Kalau Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, maka bisa membudidayakan tanaman langka. Contohnya adalah anggrek hitam, bonsai, asoka varigata dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa usaha tanaman hias yang paling menguntungkan. Terjun dalam dunia tanaman hias sangatlah tidak mudah, mengingat kesalahan perawatan dapat membuat tanaman bisa mati. Jadi, sebelum memulai Anda harus belajar terlebih dahulu supaya tanaman hias selalu sehat. 

Related Posts