Home Bisnis dan Usaha Usaha Sampingan yang Menguntungkan Dengan Modal 2 Juta

Usaha Sampingan yang Menguntungkan Dengan Modal 2 Juta

by Lara Nifa

Memiliki suatu usaha pribadi merupakan keinginan dan impian banyak orang, Anda pasti juga diantaranya. Namun, banyak yang pada akhirnya tidak jadi melakukannya karena terkendala dengan modal. Padahal bila Anda hanya mempunyai dana sebesar Rp 2 juta pun, tetap bisa kok mewujudkannya.

Bahkan beberapa ide usaha berikut akan sangat cocok dijadikan untuk bisnis sampingan bagi Anda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, karyawan maupun mahasiswa. Dimana target pasar dari masing-masing usaha dapat berasal dari teman, rekan, ataupun tetangga.

Nah, berikut di bawah ini ide usaha sampingan yang menguntungkan dengan modal awal hanya Rp 2 juta :

Franchise Minuman atau Makanan

Bisnis waralaba atau lebih dikenal dengan franchise, merupakan suatu bisnis yang mayoritas berada pada bidang kuliner baik minuman ataupun makanan. Sebenarnya untuk harga dari waralaba sendiri bervariasi tergantung brand dan paket yang diambil.

Namun, banyak juga yang tidak mematok harga tinggi. Anda bisa mencari informasi mengenai waralaba apa saja yang memiliki harga Rp 2 juta. Keuntungan dari bisnis, yaitu Anda tidak perlu repot untuk memikirkan brand dari makanan ataupun minuman tersebut.

Biasanya dengan harga tersebut, Anda sudah memperoleh perlengkapan, peralatan, booth, bahan baku, SOP dan mendapatkan training singkat. Anda hanya cukup mencari tempat untuk berjualannya saja. Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun, sekalipun ibu rumah tangga.

Katering

Bisnis yang satu ini biasanya banyak dilakukan oleh remaja putri atau ibu rumah tangga, walau tidak menutup kemungkinan bisa juga dijalankan pria. Karena zaman sekarang, juga sudah banyak laki-laki yang pintar dengan urusan masak.

Untuk awal, Anda mungkin bisa menggunakan sistem pre-order terlebih dahulu, ini bertujuan agar tidak membuang-buang bahan makan sehingga lebih efisien. Atau bila Anda seorang karyawan, Anda bisa menawarkan jasa katering ini ke teman-teman kantor.

Buatlah paket makan dan minuman dengan nominal yang bervariasi, contoh Rp 25.000 dengan komposisi Nasi putih, ayam goreng, sayur oseng kangkung, tempe/tahu goreng dan minumannya bisa jus atau minum botolan.

Les atau Kursus Privat

Kemudian membuka les atau kursus privat, ini mungkin cocok untuk ibu rumah tangga dan mahasiswa. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan oleh karyawan, hanya saja Anda dapat menjalankannya setelah pulang kerja.

Tentunya kelas kursus ini disesuaikan dengan keahlian dan kemampuan masing-masing. Bila Anda mempunyai keahlian dibidang memasak, maka bukalah kelas memasak yang dapat dilakukan misalnya seminggu dua kali.

Atau jika Anda memiliki kelebihan di bidang bahasa asing, misalnya bahasa inggris, korea, jepang atau lainnya. Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, cukup siapkan papan tulis, spidol, penghapus, kursi dan modul belajar.

Warung Gado-Gado

Walau sederhana, tetapi makanan khas Betawi ini termasuk mempunyai banyak peminatnya apalagi untuk menu makan siang. Bisnis ini lebih cocok dijalankan oleh ibu rumahtangga ketimbang mahasiswa atau karyawan, sebab tidak bisa dilakukan hanya satu atau dua jam saja.

Untuk membuka warung makanan ini modal yang dibutuh tidaklah besar, dengan Rp 2 juta saja sudah cukup. Anda hanya perlu menyiapkan, meja, kursi, etalase, ulekan batu berukuran besar, pisau, sendok, piring dan pastinya bahan baku.

Jual Aneka Nasi

Berjualan makanan memang tidak akan pernah gagal, karena makan merupakan kebutuhan utama manusia. Namun, kali ini Anda bisa mencoba untuk menjual aneka jenis nasi beserta lauk pauknya. Contohnya nasi kuning, nasi uduk, nasi rames, nasi goreng, nasi liwet dan lainnya.

Bila Anda seorang karyawan, bisa menawarkannya kepada rekan kerja dan menjualnya dengan cara sudah dikemas menggunakan mika atau sterofoam. Kemudian, dibuat bergilir misal hari senin Anda menjual nasi rames, selasa nasi kuning dan seterusnya.

Namun, bila Anda seorang ibu rumah tangga maka bisa membuka dirumah dan menjualnya dengan cara seperti biasanya. Dagangan digelar di sebuah meja dengan beragam pilihan, untuk harga tentunya menyesuaikan dengan lauk yang dipilih oleh konsumen.

Agen Pulsa

Nah, bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja. Modalnya pun hanya smartphone, kuota dan saldo untuk deposit. Jumlah saldonya sendiri tentu bisa Anda sesuaikan, misal Rp 500 ribu atau Rp 1 juta, kemudian Anda tinggal memilih ingin menggunakan aplikasi apa untuk melakukan aktivitas jual beli. 

Karena sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi agen pulsa yang dapat digunakan, cara mendaftar dan menjualnya juga mudah. Selain itu dalam menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu sewa tempat. Besaran harga pulsa, tentu menyesuaikan harga dari agen tempat membeli deposit.

Laundry Sepatu

Siapa yang menyangka jika mencuci sepatu milik orang lain bisa dijadikan sebuah bisnis, bahkan profit yang dihasilkan juga tidak main-main. Modal awal untuk menjalankan bisnis ini juga tidak besar, karena Anda hanya membutuhkan beberapa perlengkapan dan peralatan saja. Selain itu, dalam melakukan promosi bila dimulai dari orang-orang terdekat. Misal saudara, tetangga, teman kost, rekan kerja dan lainnya.

Demikianlah beberapa ide usaha sampingan dengan modal Rp 2 juta dan untung yang menggiurkan. Bisnis-bisnis di atas, sangat cocok bagi Anda yang memang ingin mendapatkan uang/ penghasilan tambahan.

Related Posts