Home Bisnis dan Usaha Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

by Lara Nifa
bisnis kecil-kecilan

Usaha rumahan menjadi peluang yang sangat menggiurkan di tengah Pandemi yang belum ada kejelasan sampai kapan akan hilang. Hal ini membuat masyarakat yang tadinya memiliki pekerjaan kantoran sampai pedagang kaki lima mendapatkan imbas negatifnya, banyak masyarakat yang berputar 180 derajat membuat usaha yang menurutnya dapat menjadi pengganti pemasukan finansial mereka di luar.

Bisnis Rumahan menjadi salah satu alternatif yang sedang dijalani banyak masyarakat indonesia saat ini, banyak juga yang menjadi sukses karena bisa kompetitif dalam usaha rumahannya. Biasanya usaha rumahan menjual berbagai kebutuhan pokok, makanan, pelayanan jasa yang dari keuntungan kecil sampai bisa meraup keuntungan luar biasa besarnya dalam kurun waktu bulanan saja. Peluang usaha rumahan tidak pernah ada matinya, Karena usaha rumahan meminimalisir kerugian operasional, bahan baku dan tidak memerlukan sewa tempat, ruko, ataupun gedung bertingkat.

Jika Anda memiliki ketertarikan untuk Usaha rumahan, pastinya harus memiliki keuletan, skill dan mau belajar dalam mengembangan usaha Anda. Jika hanya ingin menjadi peralihan dari pekerjaan yang lama, maka usaha rumahan hanya akan memberikan keuntungan yang tidak terlalu signifikan, akan tetapi jika memang ingin mengembangkan usaha rumahan secara profesional akan membuat keuntungan Anda melebihi pekerjaan yang pernah Anda lakukan di perkantoran pada umumnya.

Bukan Hanya sekedar usaha rumahan, Anda harus yakin dengan usaha yang dijalani dan selalu berpikir bagaimana mengembangkan supaya tidak ketinggalan zaman yang sangat cepat saat ini. Berikut uraian usaha rumahan yang bisa Anda kembangkan di era milenial dan serba Online sekarang ini:

Usaha Rumahan Jasa Desain dan Editing Grafis

Usaha rumahan satu ini yang sangat memungkinkan untuk dilakukan dirumah, karena tidak harus membutuhkan tempat yang luas dan ketika bertemu klien bisa sangat fleksibel, bisa di rumah maupun di luar seperti di cafe atau di coworking space. Lalu cara pemesanannya tidak harus bertemu, konsumen bisa juga mengirimkan produk yang akan di desain atau temanya saja. usaha ini yang paling menguntungkan di masa pandemi, banyak pelaku usaha F&B yang membutuhkan jasa desain grafis untuk mempercantik produk yang mereka jual.

Usaha rumahan Freelance Jasa Copywriter

Usaha rumahan ini tidak membutuhkan tempat yang resmi, jasa copywriter bisa dikerjakan dimana saja, walaupun sambil mengerjakan pekerjaan rumah, traveling, tidur-tiduran tetap saja akan membuat Anda mendapatkan income yang bagus, selagi masih bisa menulis artikel sesuai pesanan dari klien.

Biasanya klien Copywriter ini memiliki website yang harus memiliki konten atau artikel yang menarik dan membuat pembaca akan menjadi paham akan tema yang diberikan penulis, dengan kata lain penulis atau copywriter ini juga menjadi sales yang lihai merayu dalam bentuk artikel atau tulisannya.

Jasa Copywriter adalah suatu pekerjaan yang sangat membutuhkan koneksi internet dan device yang mumpuni seperti laptop atau pc komputer, untuk keahlian menulis bisa dengan berjalannya waktu untuk belajar, semakin lama Anda menulis maka lama kelamaan akan semakin meningkat.

Usaha Rumahan Kelontong atau Grosir Sembako

Membuka usaha kelontong atau sembako merupakan langkah bagus untuk usaha rumahan. usaha kelontong adalah usaha yang pastinya banyak orang membutuhkan, karena dari kelontong ini masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari. Produk usaha kelontong tidak memiliki pasaran khusus, walaupun tinggal di desa atau dikota pun bakal banyak masyarakat yang membutuhkan dan selalu mencarinya setiap hari.

Usaha kelontong merupakan usaha sejuta umat dan bagi Anda yang pemula memulai usaha rumahan, bisa mencoba Usaha kelontong atau Grosir sembako. Hal yang harus diperhatikan ketika ingin bisnis kelontong adalah survey harga sekitaran lokasi Anda tinggal, hal tersebut akan berpengaruh pada cepat-lambatnya penjualan usaha kelontong.

Usaha Rumahan Makanan dan Minuman

Membuka usaha makanan dan minuman merupakan peluang bisnis yang paling menggiurkan, karena usaha ini adalah yang paling banyak membuat Anda mendapatkan keuntungan di tengah Pandemi. Modal untuk pembuatan makanan dan minuman terhitung tidak terlalu besar, beberapa bahan makanan dan minuman yang diminati masyarakat sekarang ini sangat mudah didapat dan tidak mahal.

Akan Tetapi supaya bisa lebih kompetitif Anda harus mengemasnya dengan packing yang menarik, karena kaum-kaum milenial lebih memilih kemasan dengan desain terbaik daripada kuantiti yang banyak, selain itu dari soal rasa Anda wajib untuk memberikan terbaik sesuai dengan harga yang akan dijual.

Contoh Makanan dan minuman yang kekinian dengan kemasan menarik yaitu, cupa cupa, oat krunch, kopi kenangan, hola juice, tahura, janji jiwa dan masih banyak lagi. Selain membuat menarik jualan, Anda juga bisa mendaftarkan ke platform pesan antar seperti go food, shopee food, grabfood.

Layanan pesan antar inilah yang menjadi salah satu ujung tombak, banyak masyarakat lebih memilih membeli melalui pesan antar supaya lebih praktis, hanya dengan melihat katalog di platform layanan pesan antar bisa mendapatkan makanan atau minuman yang diinginkan dan juga banyak penawaran diskon yang diberikan platform layanan pesan antar tersebut.

Dalam hal lain, Anda bisa membuat paket makanan box, seperti halnya biasa disebut Catering, sasaran Anda adalah perkantoran, Acara-acara resmi seperti pernikahan, meeting dan sejenisnya. hal ini bertujuan untuk mengembangkan usaha makanan minuman Anda lebih pesat, sedangkan Anda tidak perlu menyewa ruko untuk memasak, di rumah saja bisa.

  • Usaha Rumahan Jasa Laundry
    Usaha ini salah yang banyak juga digunakan masyarakat sekarang ini, jasa cuci pakaian atau laundry ini juga merupakan usaha yang banyak dibutuhkan masyarakat, Sibuknya masyarakat bekerja membuat jasa laundry ini menjamur dan biasanya bisa Anda coba mulai dari rumah untuk membuat pelayanan laundry ini. Jika usaha laundry ini sudah berkembang dan mungkin rumah Anda sudah tidak bisa menampung banyak pesanan, alangkah baiknya untuk menyewa ruko yang lebih proper lagi supaya konsumen yang datang tidak terlalu lama menunggu antrian laundry-nya.

 

Nah, itulah beberapa contoh usaha rumahan yang tidak ada matinya, akan tetapi berkembangnya usaha tersebut tergantung pengelolaan atau manajemen yang Anda bangun sendiri dari nol.

Related Posts