Home Bisnis dan Usaha Usaha Rumahan yang Paling Menjanjikan Saat Pandemi

Usaha Rumahan yang Paling Menjanjikan Saat Pandemi

by Lara Nifa

Saat pandemi ini, semua kegiatan usaha mulai berbenah dan juga berubah. Banyak usaha-usaha konvensional kini mulai beralih menuju online untuk lebih menjangkau konsumen. Dengan adanya pembatasan yang dilakukan pemerintah, pada akhirnya hal yang paling bisa dilakukan untuk mendekatkan usaha kepada konsumennya adalah dengan membawa usaha mereka ke dalam bisnis online. 

Selain banyak berbenahnya perusahaan-perusahaan besar, kini makin menjamur juga usaha rumahan yang ternyata bisa cukup menghasilkan bila dikelola dengan baik dan cerdas. Dengan adanya pembatasan dan aturan-aturan baru karena pandemi covid ini membuat banyak orang jadi enggan untuk keluar rumah. Dari sinilah akhirnya banyak peluang muncul dengan membuat usaha-usaha yang bisa dilakukan di rumah. Banyak kemudahan berbisnis di era ini membuat usaha rumahan bisa juga jadi sumber penghasilan yang cukup baik. Menjadi bos di usaha yang kita jalankan sendiri memang terasa lebih menyenangkan apalagi kita bisa sukses membangun usaha rumahan tersebut menjadi usaha yang lebih besar. 

Lalu apa saja sih jenis usaha yang cukup menguntungkan dan bisa kita lakukan di rumah? Mari kita simak usaha-usaha rumahan yang cukup menjanjikan yang bisa kita kerjakan di rumah. 

Usaha-usaha rumahan yang menjanjikan

  • Menjadi dropshipper

Salah satu usaha rumahan yang nyaris tanpa modal. Menjadi dropshipper bisa menjadi pilihan yang cukup menarik. Pada dasarnya dropshipper mirip dengan fungsi agen hanya saja kita tidak perlu melakukan stock barang. Sebagai agen kita tinggal meneruskan pesanan dari konsumen kepada produsen. Lalu setelahnya, produsen akan mengirimkan produknya yang sudah berlabel nama tokomu kepada si pemesan. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, disini kita harus jeli untuk menawarkan produk untuk mendatangkan konsumen yang lebih banyak.

Usaha ini sangat cocok untuk kalian yang gemar berselancar di dunia maya dan sosial media. Kita bisa menawarkan produk yang kita dropshipkan melalui sosial media ataupun dengan membuat toko online di marketplace sehingga bisa dilihat oleh banyak orang. 

  • Bisnis makanan kecil

Tidak ada orang yang tidak suka ngemil, peluang itulah yang bisa kita manfaatkan untuk menjadi sumber penghasilan. Tidak harus membuat sendiri makanan kecil yang akan kita jual. Kita bisa membeli berbagai cemilan dalam jumlah besar lalu kita packing ulang dengan ukuran yang lebih kecil dan bisa kita jual lagi dengan label usaha kita sendiri. Selain itu kita bisa membuka jasa titip jual sehingga kita hanya perlu menjual makanan-makanan yang dititipkan tanpa harus memikirkan kerugian bila makanan itu tak laku. 

  • Menjual masakan

Bagi yang mempunyai hobi memasak, menjual masakan atau bisa juga kita sebut bisnis kuliner juga cukup marak menjadi bisnis rumahan. Kita tidak harus membuka warung makan. Kita bisa mendaftarkan warung kita di layanan antar yang biasa ada di aplikasi ojek online dan kita sudah bisa mulai membuka usaha. Selain itu kita bisa juga membuka bisnis katering kecil-kecilan dengan melayani menu harian atau sekedar langganan sarapan.

  • Tanaman hias 

Di era pandemic ini, bisnis yang mengedepankan hobi menjadi cukup marak. Salah satunya adalah bisnis tanaman hias. Bagi anda yang mempunyai hobi tanaman hias tentu saja ini menjadi peluang yang menarik dan bisa dilakukan di rumah. Kita bisa menjual tanaman hias secara online maupun dengan cara konvensional. Selain tanaman hias kita juga bisa menjual barang-barang pendukungnya seperti pupuk, pot dan juga benih. Pasti cukup mengasyikkan bukan kalau kita bisa menghasilkan uang dari hobi yang kita sukai.

  • Ikan hias

Satu lagi yang juga sedang booming sebagai usaha rumahan yaitu bisnis ikan hias. Banyak yang bisa kita lakukan mulai dari usaha pemijahan, pembesaran ataupun membeli ikan yang sudah layak jual dari petani ikan lalu kita jual kembali. Ikan cupang, ikan guppy sampai aquascape memang sedang booming di masa pandemi ini dan kita bisa memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan.

  • Desain grafis

Untuk yang memiliki skill desain grafis bisa mencoba untuk membuka usaha desain grafis di rumah. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa freelance desain grafis dan kita bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjadi sumber penghasilan. Selain itu kita bisa juga membuat video tutorial yang bisa kita upload di website peramban video dan kita bisa mendapatkan keuntungan dari adsense apabila video kita memang diminati.

  • Jasa penulisan

Untuk yang mempunyai hobi menulis, usaha jasa membuat artikel pasti sangat cocok dijalankan. Selain itu kita bisa juga membuat novel dan menguploadnya di web novel dan membuat kontrak penulisan untuk mendapatkan keuntungan dari novel yang kita buat.

Itulah beberapa jenis usaha rumahan yang cukup menjanjikan bila kita tekuni dengan baik. Lakukan dengan tekun dan pantang menyerah agar usaha rumahan yang kita bangun bisa semakin berkembang dan bisa memberikan hasil yang semakin baik. 

Related Posts