Home Bisnis dan Usaha Usaha Rumahan yang Bisa Dijalankan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Minim

Usaha Rumahan yang Bisa Dijalankan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Minim

by Lara Nifa
usaha rumahan

Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa memiliki penghasilan sendiri? Pada kenyataannya menjadi ibu rumah tangga bisa melakukan usaha rumahan dan bisa menjadi penghasilan tambahan yang menjanjikan. Adapun beberapa ide usaha yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga dan modal yang diperlukan juga terbilang minim. Apa saja ide usahanya? Ikuti terus ulasannya dalam artikel ini.

Apa itu Usaha Rumahan

Sebelum masuk ke dalam pembahasan ide usaha apa saja yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu usaha atau bisnis rumahan. Secara garis besar, bisnis rumahan adalah usaha yang dijalankan dari rumah dan waktunya pun fleksible.

Kebanyakan pelaku bisnis rumahan ini memang ibu rumah tangga. Di mana seorang ibu dapat menjalankan bisnis sembari mengurus anak serta rumah. Untuk besaran pendapatannya pun beragam, apabila bisa mengelola dengan baik, bisnis rumahan pun bisa menjadi salah satu penghasilan yang menjanjikan.

Jenis Ide Usaha Rumahan yang Bisa Dijalankan Ibu Rumah Tangga

Bagi Anda yang merupakan seorang ibu rumah tangga dan ingin menjalankan usaha tanpa perlu modal yang besar, maka dapat memilih beberapa ide usaha berikut ini:

  • Bisnis tanaman

Apabila Anda penggemar tanaman, tidak ada salahnya mulai membuka bisnis tanaman. Bisnis yang satu ini pun naik daun, apalagi ada beberapa jenis tanaman yang terkadang sedang trend dan harganya bisa mencapai puluhan juta. Modal yang dibutuhkan juga tidaklah terlalu besar, di mana Anda bisa bermodal ratusan ribu untuk memulainya.

Bisnis ini sangatlah luas sekali pasarnya, apalagi banyak komunitas pecinta tanaman yang selalu memberikan ulasan dari berbagai jenis tanaman hias yang ada. Jadi, Anda sudah tidak terlalu sulit untuk menentukan target pasar, karena banyaknya penghobi tanaman hias. Selama Anda bisa memberikan menjaga kesehatan tanaman, maka pasti akan banyak yang datang untuk membeli tanaman Anda.

  • Jual camilan jadul

Bisnis selanjutnya yang juga bisa menjadi ide usaha modal minim untuk ibu rumah tangga adalah menjual camilan jadul. Banyak sekali jenis camilan jaman dulu yang sulit sekali ditemukan saat ini. Padahal, sebagian generasi sangat rindu untuk merasakan camilan jaman kecil tersebut. Anda pun bisa memulai menjual beberapa jenis camilan yang dulu pernah Anda cicipi.

bisnis sampingan

Contohnya adalah mie lidi, rambut nenek, es potong, es gabus dan lain sebagainya. Modal yang diperlukan juga tidaklah terlalu besar, sehingga Anda bisa memulai bisnis ini dari rumah. Pemasaran pun bisa dilakukan dari mulut ke mulut atau menjualnya dengan cara online. Anda hanya tinggal mencari bahan baku atau supplier yang menjual makanan jadul ini.

  • Camilan kekinian

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada saat ini camilan kekinian sangatlah populer. Apabila Anda mempunyai kemampuan untuk membuat camilan kekinian, tidak ada salahnya memulai untuk membuka usaha dalam bidang ini. Apalagi dalam kondisi pandemic, di mana pergerakan dibatasi oleh pemerintah. Sehingga banyak orang yang ingin mencicipi camilan kekinian tanpa harus keluar rumah.

Anda dapat memilih beberapa jenis camilan yang bisa dibuat, seperti dessert box, cupcake karakter, kue lukis dan lain sebagainya. Kunci agar bisa menjalankan bisnis ini adalah dengan berinovasi dan juga harga yang tidak terlalu mahal. Anda dapat memasarkannya langsung kepada teman atau menggunakan media sosial.

  • Toko kelontong

Ide usaha selanjutnya yang juga sangat cocok untuk ibu rumah tangga adalah toko kelontong. Apabila di rumah masih ada space ruangan yang tidak digunakan, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka toko kelontong. Toko jenis ini pun sangatlah dibutuhkan di lingkungan kecil seperti perumahan atau desa.

Anda dapat menjual berbagai barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak, mie instan, telur dan lain sebagainya. Anda pun bisa melengkapi barang jualan seperti sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, berbagai jajanan dan lain-lain. Selama itu adalah barang kebutuhan, sudah pasti usaha ini akan terus berjalan dnegan baik.

  • Laundry

Apabila rumah Anda berada di daerah yang dekat dengan kost-kostan atau perkantoran, tidak ada salahnya membuka usaha laundry kiloan. Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak bahkan hanya dengan 5 juta rupiah, Anda sudah bisa membuka usaha ini.

Hal paling penting dalam menjalankan bisnis laundry kiloan ini adalah waktu yang cepat, baju bersih dan wangi. Apalagi jika Anda memberikan harga murah untuk satu kilo pakaian yang akan dicuci.

  • Terima jahitan baju

Usaha selanjutnya yang bisa Anda kerjakan di rumah dan cocok untuk ibu-ibu adalah menerima jahitan baju. Walaupun banyak sekali toko baju yang ada, tapi masih banyak orang yang membutuhkan jasa menjahit. Hal ini cocok sekali bagi Anda yang memang bisa menjahit dengan apik. Anda bisa juga memasang tarif harga tinggi jika desain yang dikerjakan terbilang sulit.

Itu adalah beberapa jenis usaha rumahan yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Dalam menjalankan bisnis rumahan, hal paling penting yang harus diperhatikan adalah kualitas layanan serta selalu berinovasi. Karena bisnis rumahan ini bisa menjadi tambahan pendapatan yang cukup tinggi.

Related Posts