Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan yang Bisa Dicoba

Bulan Ramadhan menjadi salah satu  bulan yang sangat ditunggu oleh umat muslim yang ada di dunia. Pada bulan Ramadhan ini seluruh umat muslim akan menjalankan

Lara Nifa

[addtoany]

Bulan Ramadhan menjadi salah satu  bulan yang sangat ditunggu oleh umat muslim yang ada di dunia. Pada bulan Ramadhan ini seluruh umat muslim akan menjalankan ibadah puasa, dimana harus menahan haus dan lapar seharian penuh. Untuk itu, pada bulan ramadhan ini pula banyak eluang usaha yang dapat kamu jalankan, walaupun hanya dari rumah. Selain untuk mendapatkan cuan, dengan menjalankan usaha pada bulan ramadhan kamu juga dpa mengisi waktu sambil menunggu waktu berbuka.

Daftar Usaha Rumahan Makanan pada Bulan Ramadhan

  • Jualan Takjil

Bulan ramadhan sangat identic dengan ngabuburit yang merupakan kegiatan berkeliling pada sore hari sambil menunggu waktu berbuka. Dan biasanya sambil berkeliling orang orang akan mencari takjil untuk berbuka. Takjil sendiri merupakan makanan pembuka sebelum memakan makanan berat seperti nasi. 

Banyak jenis takjil yang dapat kamu jual dengan hanya dari rumah. Cara pembuatan takjil juga tidak sulit, karena kamu pun sering memakannya. Lihat resep melalui internet maupun youtube untuk lebih jelasnya. Atau tidak minta resep langsung dari orang tua mu, karena sedikit banyak nya ibu ibu pasti tahu cara pembuatan takjil. Dengan bertanya resep secara langsung kamu juga dapat menanyakan lebih jelas mengenai bahan bahan lain yang sekiranya dapat menjadi bahan penyedap.

 

Buatlah takjil dengan kualitas premium agar takjil mu memiliki perbedaan dengan para saingan mu. Karena tentunya akan sangat banyak orang juga yang akan  menjual takjil pada bulan ramadhan. Jika takjil yang kamu buat memiliki perbedaan dengan rasa yang lebih berkualitas tentunya pelanggan akan beralih pada mu. Untuk masalah harga, pelanggan juga akan loyal jika sebanding dengan uang yang mereka keluarkan.

  • Jualan Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang wajib ada pada saat Ramadhan tiba. Oleh karena itu banyak penjual kurma yang akan bermunculan pada saat bulan ramadhan. Hal ini dikarenakan untuk menjual kurma adalah peluang usaha yang sangat bagus. Hanya dari rumah kamu dapat berjualan kurma. Kamu dapat menjualnya dengan kemasan atau pun perkilo.  

 

Selain berjualan di pasar atau bazar ramadhan kamu juga dapat berjualan hanya dirumah dengan memanfaatkan media online. Jadi kamu dapat mempromosikan kurma yang kamu jual menggunakan media sosial facebook, instagram, atau tik tok. Bahkan Ketika kamu memanfaatkan media sosial untuk promosi, target pasar yang akan kamu jangkau dapat lebih luas. Terlebih saat ini orang orang sudah sangat terbiasa dengan belanja online.

  • Jasa Menjahit

Bulan Ramadhan telah tiba berarti tidak lama lagi idul fitri juga akan segera tiba. Idul fitri sendiri  sangat  identic dengan pakaian serba baru. Orang orang akan memburu pakaian untuk dikenakan pada saat bulan ramadhan. Selain membeli langsung di toko, mereka juga biasanya akan menjahit pakaian bersama dengan keluarganya. Nah, hal ini dapat kamu manfaatkan untuk membuka jasa jahit pakaian lebaran.

 

Terlebih untuk jasa jahit pakaian sendiri dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Satu pakain kamu jahit akan mendapatkan harga ratusan ribu. Semakin banyak pakaian yang kamu jahit maka cuan yang akan kamu dapatkan akan semakin banyak. Jadi sembari menunggu waktu berbuka, kamu dapat menjahit pakaian. Tetapi untuk menjahit sendiri bukanlah hal yang mudah, kamu harus ikut les atau kursus terlebih dahulu. 

  • Jualan Kue Lebaran

Menjual berbagai jenis kue lebaran juga dapat kamu lakukan untuk membuka usaha hanya dari rumah. Kamu dapat membuatnya sendiri atau menjadi jadi reseller dari pemasok. Bikin atau carilah kue lebaran premium, karena kue lebaran dengan rasa yang biasa sudah banyak diluar sana. Dengan menjual kue lebaran premium usahamu akan menjadi pembeda dengan para pesaing mu.

 

Terlebih pada saat lebaran seluruh umat muslim akan berlomba lomba untuk mencari kue untuk disuguhkan pada para tamu. Jadi usaha kue lebaran ini memiliki peluang yang sangat besar untuk kamu jalankan.

  •  Jualan Toples Kue

Untuk menempatkan kue lebaran tentunya dibutuhkan toples, untuk itu kamu dapat menjual toples disaat bulan ramadhan tiba. Banyak orang yang akan mempersiapkan idul fitri sedari lama jadi kamu dapat memulai berjualan toples kue sedari awal ramadhan. Selain untuk kue lebaran, toples juga memiliki banyak fungsi lainnya. Oleh arena itu kapanpun kau menjual toples juga akan dicari oleh para pelanggan.

  • Jualan Parcel Lebaran

Usaha rumahan terakhir yang dapat kamu coba saat ramadhan tiba adalah menjual parcel lebaran. Karena pada saat ramadhan tiba banyak orang bahkan kantor yang saling mengirim parcel untuk tanda silaturahmi. Hal ini tentunya dapat kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis. Apalagi ketika mendekati idul fitri, tentunya kamu akan kebanjiran orderan.

 

Related Post