Home Bisnis dan Usaha Usaha Modal Kecil

Usaha Modal Kecil

by Lara Nifa

Memiliki usaha tidak melulu harus mengeluarkan modal yang besar, dengan modal kecil pun bisa memiliki usaha yang menguntungkaN. Namun untuk perputaran usaha memang jika memiliki modal yang besar akan memiliki keuntungan lebih besar daripada pengusaha yang memiliki modal kecil. Akan tetapi dengan memiliki strategi yang tepat akan membuat usaha modal kecil dapat berkembang hingga mencapai target dengan potensi yang maksimal.

Menjalankan usaha dari nol tentu saja tidak akan selalu memiliki jalan yang lancar, diperlukan keuletan dan konsistensi yang tinggi dalam mengatur visi dan misi usaha tersebut.

Mengambil keputusan yang tepat bagi seorang pengusaha juga sangat berpengaruh ketika usaha tersebut dilirik oleh orang yang ingin bekerja sama dengan Anda, jangan lupa mengembangkan Inovasi kekinian supaya calon konsumen tidak akan lari ke pesaing usaha Anda.

Pada sisi lain, modal yang dimiliki juga berpengaruh pada jenis usaha yang akan dijalani, namun jangan khawatir dibawah ini ada beberapa rekomendasi usaha dengan modal yang kecil namun bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, yuk cek uraiannya!

Rekomendasi Usaha Modal Kecil

  • Usaha Makanan Ringan

Selama masa pandemi seperti saat ini, banyak aktivitas atau kegiatan masyarakat mengalami hambatan dan dipaksa untuk menghabiskan banyak waktu dirumah saja. Peluang yang boleh dimanfaatkan bisa mencoba untuk membuka usaha makanan ringan. Jenis usaha ini memiliki modal yang relatif kecil namun jika Anda bisa membuat inovasi yang tepat dan memenuhi unsur kekinian akan mendapatkan daya tarik sendiri oleh masyarakat. Karena banyak sekali pengusaha makanan ringan selama pandemi ini mendapatkan kenaikan keuntungan yang signifikan. Makanan ringan yang sedang banyak digandrungi oleh kaum milenial seperti makaroni level pedas, kulit ayam krispi, keripik talas atau singkong, seblak dan masih banyak lainnya.

Usaha makanan ringan ini juga sangat cepat perputaran ekonominya, meskipun dengan modal kecil banyak pengusaha makanan ringan memiliki cabang outlet hingga di berbagai kota besar di Indonesia.

Jadi jika Kamu memiliki inovasi dalam bidang makanan mulai sekarang lakukan dengan eksekusi yang tepat maka keuntungan akan menunggumu!

  • Usaha Makanan Frozen

Dengan berkembangnya teknologi dan juga kebutuhan masyarakat yang semakin menginginkan makanan instan maka membangun usaha makanan yang praktis dan juga cepat dalam menyajikannya adalah usaha makanan frozen. Usaha frozen ini kurang lebih mirip dengan usaha makanan ringan. Banyaknya permintaan dari masyarakat membuat ­usaha makanan frozen ini meningkat secara signifikan ketika masa pandemi. Lalu dengan usaha makanan frozen ini juga memiliki jangka waktu penyimpanan cukup lama, maka tidaklah heran jika makanan frozen seperti sosis, nugget, dan french fries menjadi ramai peminatnya.

  • Usaha Makanan Sehat

Semakin ramai di kalangan milenial untuk merubah pola makanan junk food beralih ke makanan yang lebih menyehatkan. Hal ini juga terbukti dengan menjamurnya katering dengan permintaan makanan sehat dan beberapa menu untuk wanita yang ingin diet, dengan usaha yang tidak membutuhkan banyak modal ini akan membuat banyak masyarakat tertarik. Biasanya katering ini memberikan paketan untuk mingguan hingga bulanan sesuai kesepakatan dari  konsumen tentang menu yang akan diberikan setiap harinya.

  • Usaha Minuman Kekinian

Salah satu usaha yang sudah lama ada di tengah masyarakat ini masih saja bertahan. Walaupun banyak yang sudah beralih ke usaha yang lain usaha minuman kekinian pun masih tetap menjadi primadona di kalangan anak milenial yang sedang happening saat ini seperti kopi susu, boba, milkshake dan lain sebagainya. Hal ini akan terus selalu ada peminat di tengah masyarakat akan tetapi menjual minuman kekinian memang sedikit memiliki keuntungan namun jika Anda ulet dan konsisten tidak menutup kemungkinan akan menjadi usaha yang menjanjikan.

Usaha dengan modal kecil ini bisa Kamu coba untuk mencoba sebagai pengusaha pemula. Produk minuman kekinian bisa menyasar ke anak milenial dengan kualifikasi menengah kebawah atau menengah keatas tergantung lokasi dan budget yang Kamu bangun untuk membuat usaha minuman kekinian.

  • Usaha Agen LPG dan Minuman Kemasan

Banyaknya kebutuhan rumah tangga akan penggunaan LPG dan Air galon membuat Agen LPG dan Air kemasan semakin menjadi usaha yang perlu diperhitungkan sampai saat ini, karena dengan modal yang tidak harus besar menjadi agen merupakan keuntungan dan banyak dicari oleh masyarakat. Apalagi jika membuka Agen di tengah perkampungan, pastinya banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan LPG dan Air kemasan untuk kebutuhan sehari hari.

  • Dropshipper

Meningkatnya perkembangan internet sekarang ini sangat membuka peluang untuk menghasilkan keuntungan dari platform online. Usaha modal kecil tersebut adalah dropshipper yang memiliki cara berjualan sebagai perantara dari supplier ke konsumen. Usaha ini juga sangat minim resiko namun memiliki keuntungan yang lumayan jika Kamu sudah memiliki banyak pelanggan.

Nah itu dia, pengertian dari usaha dengan modal kecil dan juga beberapa rekomendasi ide usaha yang cukup menguntungkan meskipun memiliki modal yang kecil namun juga dengan modal kecil akan memberikan resiko kerugian yang kecil pula.

Related Posts