Home Bisnis dan Usaha Langkah Awal Usaha Kopi Kekinian

Langkah Awal Usaha Kopi Kekinian

by Lara Nifa

Kopi bukanlah hanya sekedar hobi sekarang kopi telah menjadi salah satu minuman yang sangat dibutuhkan oleh beberapa golongan orang setiap harinya. Kopi memiliki kafein yang bisa memicu otak dan jantung sehingga Anda dapat tetap terjaga setelah minum kopi.

Selain itu kafein tersebut juga dapat meningkatkan fokus anda dalam mengerjakan sesuatu titik oleh karena itu tidak heran apabila kopi selalu dicari oleh banyak orang yang yang ingin bekerja dalam fokus setiap harinya.

Karena itu saat ini bisnis kopi sudah banyak sekali dari kopi yang yang memiliki harga terjangkau hingga kopi yang memiliki harga yang mahal.

Usaha kopi kekinian dapat menjadi di salah satu ide bisnis yang bisa Anda jalankan, karena usaha ini termasuk jenis usaha yang memiliki banyak peminat titik terlebih lagi Jika anda mempunyai fashion yang besar terhadap kopi . Berikut adalah beberapa tips and trik dalam usaha kopi kekinian untuk pemula.

1. Menyiapkan usaha warung kopi jenis apa yang ingin Anda jalankan

Hingga saat ini telah tersedia banyak jenis warung atau kedai kopi yang cukup terkenal di Indonesia yaitu seperti kedai kopi yang memiliki estetika dalam interiornya specialty coffee serta coffee to go.

Saat ini kedai kopi estetik lazimnya menawarkan desain interior yang sangat keren dan instagramable sehingga sangat disukai dan digemari oleh kaum muda yang ingin menghabiskan waktu untuk sekedar berbincang dengan teman atau Mengerjakan sesuatu di kedai kopi tersebut.

Untuk specialty coffee lazimnya ia menyediakan berbagai macam jenis biji kopi dengan teknik penyajian yang sangat lengkap Oleh karena itu tempat ini sangat cocok untuk para pecinta kopi.

Yang terakhir ada  coffee to go kopi tugo memberikan layanan pick up order, Oleh karena itu jika anda memesan dari coffee to go anda tidak memerlukan keda yang besar dalam menampung orang.

2. Menentukan target pasar incaran anda

Sebelum menjalankan usaha kopi kekinian anda perlu menentukan siapa target pasar yang menjadi incaran Anda, karena kopi memiliki banyak peminat maka Anda harus menentukan target spesifik untuk  pasar incaran Anda.

Target pasaran incaran Anda ini nantinya akan memiliki dampak dan pengaruh terhadap konsep atau strategi pemasaran dalam usaha Anda.

Apabila Anda menargetkan kalangan remaja atau anak muda sebagai pasar incaran Anda maka anda harus menyiapkan konsep warung kopi dan strategi pemasaran yang sesuai dengan mereka.

3. Memilih supplier coffee yang terpercaya

Sekarang ini telah banyak sekali supplier kopi yang mempunyai kualitas yang yang baik serta terpercaya, tetapi Anda harus menentukan supplier coffee yang memiliki kecocokan dengan anda titik Anda dapat mencari supplier kopi baik secara online maupun offline.

Ssetelah itu Anda dapat bandingkan dari sekian banyak supplier yang anda temui dan memilih supplier yang Anda rasa cocok dengan Anda.

Anda bisa membuat daftar kriteria dari supplier yang anda butuhkan dan dan anda dapat menyeleksi supplier kopi tersebut berdasarkan kriteria yang telah anda buat tadi.

Apabila anda merasa cocok terhadap suatu supplier tetapi lokasinya jauh dari tempat usaha Anda, Anda dapat menggunakan jasa pengiriman dalam pengiriman kopi tersebut.

4. Membeli franchise

Apabila Anda memiliki modal yang cukup besar Anda dapat membeli franchise dari brand kopi yang telah terkenal keunggulan dari franchise kopi ini adalah Anda tidak memerlukan usaha untuk membangun brand dari awal sehingga Anda dapat menentukan lokasi dan mulai berbisnis seperti biasa.

Apabila Anda tidak memiliki modal yang cukup besar anda tidak perlu khawatir karena anda dapat merintis brand Anda sendiri yang dapat Anda sesuaikan dengan modal dan budget yang Anda miliki.

5. Memilih lokasi usaha yang strategis

Apabila anda mau membuka warung kopi hanya sekedar untuk Nongkrong dan banyak bisa menampung banyak orang sama maka anda dapat memilih lokasi yang berada di pusat keramaian atau memiliki lahan yang cukup luas untuk banyak orang.

Sehingga nantinya jika kedai kopi anda tidak tangi oleh banyak pengunjung pengunjung dapat  leluasa dalam menentukan tempat duduknya.

Tetapi apabila Anda mau membuka kedai kopi dan tidak melayani dingin atau yang sering disebut adalah kopi tugo maka anda bisa memilih kedai kopi yang berukuran kecil dan tidak perlu berada di pusat keramaian.

Tentu saja keduanya mempunyai harga sewa yang berbeda hal itu ditentukan oleh modal yang anda miliki untuk membangun sebuah usaha.

6. Barista yang terpercaya

Dalam menjalankan usaha kopi kekinian Anda memerlukan barista yang membantu untuk menghidangkan kopi kepada para pelanggan maka anda harus memilih barista yang terpercaya ya dan Mahir dalam membuat kopi.

Dalam hal ini anda dapat mengajak teman atau kerabat Anda yang berprofesi sebagai barista untuk bisa bekerja di di tempat usaha anda.

Related Posts