Home Bisnis dan Usaha Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan Untuk Dilakukan di Rumah

Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan Untuk Dilakukan di Rumah

by Lara Nifa

Penghasilan selama sebulan masih pas-pasan? Hanya cukup beli beras dan tagihan? Tidak ada yang bisa dialokasikan untuk healing? Sedangkan daftar belanjaan di keranjang Shopee masih menumpuk. Tidak ada salahnya memulai usaha kecil-kecilan dari rumah. Kamu tidak perlu menyewa ruko dengan harga yang sudah bikin pusing lebih dulu.

Kebayang kalau kita punya usaha yang dapat kita kontrol dari rumah kita sendiri. Menghemat ongkos dari rumah ke tempat kerja, bisa sambil beresin rumah, dan punya waktu yang lebih untuk keluarga. 

Saat ini sudah banyak contoh usaha yang dapat dilakukan di rumah. Bisa saja ini sebagai perintis dari usaha yang kecil-kecilan meningkat jadi besar. Beberapa usaha kecil-kecilan yang dapat dilakukan di rumah memberikan tambahan penghasilan di samping pekerjaan utama. Pendapatan bulanan pun bertambah.

Buket

Punya kemampuan merangkai bunga, menghias pernak-pernik, dan kerajinan lainnya? kenapa tidak coba membuka usaha jasa buket dan hantaran. Pasar konsumen yang membeli buket terbilang banyak. Buket dapat diberikan pada momen-momen kebahagiaan. Menjelang hari wisuda sebuah kampus, pesanan pembuatan buket melimpah. Tidak hanya satu atau dua orang saja, tapi bisa jadi ratusan orang memesan buket. Sebagai pemberi jasa, kamu dapat menentukan harga dari tingkat kesulitan pembuatan, keindahan buket, dan modal yang dikeluarkan. 

Momen lainnya ketika hari ulang tahun. Konsumen biasanya memesan buket dengan isi pecahan uang, makanan ringan, coklat, sampai rokok. Semua itu dibebaskan kepada konsumen. Biasanya akan ada kartu ucapan selamat ulang tahun. 

Banyak momen-momen lainnya lagi. Seperti di hari ibu, acara perpisahan, pernikahan, dan lainnya. Apalagi hadiah berbentuk buket masih menjadi tren saat ini. Sehingga memungkinkan pada momen-momen tertentu orang akan memesan buket. 

Pembuatan buket sangat bisa dikerjakan di rumah, bisa di kamar atau ruang yang cukup luang. 

Hantaran Pernikahan

Momen pernikahan begitu penting bagi kedua belah pihak keluarga mempelai. Semuanya serba cantik dan rapi. Adat upacara yang diidam-idamkan banyak pasangan ini dapat dipercantik dengan hantaran pernikahan. Tujuan adanya hantaran pernikahan sebagai simbol kesanggupan laki-laki mencukupi kebutuhan calon istri. 

Barang yang dibawa saat hantaran biasanya tas, sepatu, alat rias, alat salat, handuk, seprai, dan lainnya tergantung pihak perempuan. Jelas tidak menarik jika barang hantaran itu hanya dibawa begitu saja tanpa ada hiasan. Pasti jadi satu kerjaan menumpuk jika harus calon pengantin atau keluarga yang mengurusnya. Mereka membutuhkan orang-orang yang bersedia membuatkan hantaran tersebut. 

Kamu bisa membuka jasa membuat hantaran pernikahan. Ornamen tambahan dari bunga, tempat hantaran yang elegan, dan penutupnya yang kilat, jadi satu kesan dalam pernikahan. Calon pengantin biasanya mengantar barang-barang hantaran ke rumah. Kemudian kamu cukup mengerjakan di rumah di waktu yang sudah kamu tentukan sendiri. Lalu, mereka akan mengambilnya kembali dalam bentuk hantaran yang sudah selesai. 

Sebelum sampai ke tangan calon pengantin, sebaiknya kamu juga memikirkan untuk memotret hantaran itu sebagai portofolio yang bisa kamu pasang di media sosial. Dari situ, konsumen akan berdatangan terus. 

Jasa Laundry atau Binatu

Aktivitas cuci-mencuci memang perlu menyiapkan banyak tenaga. Belum lagi kerja dari Senin sampai Sabtu yang bikin banyak beban pikiran. Belum lagi harus menjemur, melipat, dan menggosok. Belum lagi mengurus anak. Belum lagi mengurus ini dan itu. Belum lagi dan belum lagi. 

Membuka jasa laundry sudah banyak dipraktikkan oleh masyarakat. Pekerjaan rumah pun jadi berkurang. 

Jasa ini bisa dilakukan di rumah. Tidak perlu gedung bertingkat, hanya perlu air untuk mencuci dan listrik. Tidak hanya terbatas pada pakaian saja, jasa laundry juga menawarkan jasa membersihkan sepatu, bedcover, sprei, dan lainnya. Konsumen biasanya akan dikenai harga dengan hitungan perkilo. Kamu dapat meningkatkan kualitas jasamu dengan packing yang menarik, pewangi yang bikin nagih, pelayanan yang prima, dan yang utama ramah. Tingkatkan lagi dengan pembayaran secara digital. Jadi usaha kecil-kecilan di rumah tetap bisa mengikuti tren di masa kini. Beberapa usaha di bawah ini dapat dilakukan di rumah dengan modal yang beragam. 

Usaha Kuliner

Salah satu kebutuhan primer manusia adalah pangan. Tidak mungkin orang tidak makan selama 24 jam. Kamu yang suka iseng bikin puding, cake, kue-kue tradisional, boleh mencoba usaha ini. Proses pembuatannya dapat dilakukan di rumah. Penjualan dapat dipasarkan secara online dengan bantuan media sosial (sembari belajar cara promosi yang pas). Kamu juga bisa membuka layanan pesan-antar yang bikin pelanggan cukup duduk diam di rumah dan uangnya terus mengalir. 

Keunikan sebuah produk menjadi daya tarik bagi konsumen. Jika kuliner yang kamu pasarkan sudah banyak diusahakan oleh orang, perlu dicoba untuk mengkombinasikan atau mengkomposisikan dengan resep lain. Yakinlah, komposisi itu akan memunculkan rasa baru dan ketertarikan pelanggan meningkat. 

Tidak hanya satu macam, kamu bisa membuat berbagai kuliner. Dari kue basah sampai kue kering, dari yang bentuknya nasi sampai mi, dari yang polos sampai bergerigi. Tapi tetap harus menjaga kualitas rasa kulinernya. Apalagi saat ini pariwisata sedang digalakan. Hal itu berpotensi mendatangkan wisatawan dari luar daerahmu. Inovasikan kulinermu agar ramah bagi wisatawan. 

Kamu bisa membuka usaha sarapan pagi. Menjual lontong, nasi lemak, bubur ayam, sate, dan lainnya sambil menyediakan lapak bagi penjual kue lainnya. Penghasilannya berarti dari dua sumber, pertama dari makanan yang kita bikin sendiri, kedua dari potongan kue-kue yang laku terjual. Jika konsisten dilakukan, sangat menguntungkan sekali. 

Kalau kamu sebagai anak muda tertarik dengan dunia minuman dan makanan populer, tetap bisa membuka usaha kuliner. Tren kopi susu sedang naik saat ini. Jika belum bisa membuat kedai kopi kekinian di rumah, kita bisa memilih sistem pesan-antar. Banyak jalan ketika kita mau berusaha. 

Usaha-usaha di atas sedikit banyaknya memberikan keuntungan. Perkara usaha pasti menginginkan keuntungan yang lebih besar. Perluas relasi, peka dengan pasar, mainkan promosi di media sosial, dan menjaga kualitas adalah beberapa hal yang harus dipikirkan untuk keberlanjutan usaha. Biar kecil asal konsisten, usaha kita akan memberikan untung yang melebihi cukup. 

Related Posts