Home Bisnis dan Usaha Usaha Kebaya yang Menjanjikan, Bagaimana Caranya Memulainya

Usaha Kebaya yang Menjanjikan, Bagaimana Caranya Memulainya

by Lara Nifa

Kebaya merupakan pakaian tradisional yang tidak pernah padam untuk dipakai dari generasi ke generasi. Terlebih pada saat ini pakaian kebaya menjadi fenomena baru di kalangan anak muda. Anak anak muda ikut gencar melestarikan pakaian kebaya ini dengan cara dipakai dalam kegiatan kegiatan tertentu bahkan seringkali dijadikan sebagai trend fashion baru. 

Untuk itu, disini kita dapat melihat adanya peluang bisnis yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dari sini kita bisa memulai usaha kebaya dengan cara memproduksi sendiri ataupun membeli nya lalu dijual kembali maupun untuk disewakan saja. Berikut cara memulai usaha kebaya untuk dijalankan

Menyiapkan Modal

Hal paling vital dalam membangun usaha terdapat dalam modal. Semua akan berjalan jika diawali dengan modal usaha. Kita harus memiliki modal terlebih dahulu untuk memulai usaha kebaya ini. 

Modal yang didapatkan bisa dari modal pribadi, modal patungan bersama teman maupun keluarga, modal dari pinjaman bank, dan lain sebagainya. Modal yang kamu butuhkan  ini tergantung dari usaha kebaya yang akan kamu jalankan. 

Jika usaha kebaya yang akan kamu jalankan memiliki target dengan skala besar maka modal yang akan kamu butuhkan akan lebih banyak. Kemudian sebaliknya jika kamu ingin mengawali usaha kebaya yang sederhana maka modal yang kamu butuhkan juga tidak akan terlalu banyak dan terjangkau.

Tentukan Untuk Membeli atau Memproduksi Kebaya Sendiri 

Setelah mengantongi modal, kamu harus menentukan bagaimana bisnis yang akan kamu jalankan. Tentukan terlebih dahulu untuk membeli atau memproduksi sendiri kebaya yang akan kamu jual ataupun sewakan. Jika modal yang kamu miliki sekiranya belum terlalu besar, kamu bisa membeli dari supplier ataupun produsen kebaya terlebih dahulu.

Sebaliknya jika modal yang kamu miliki cukup besar dan kamu memiliki keahlian dalam bidang pakaian, memproduksi sendiri kebaya mu dapat di pertimbangkan. Dengan memproduksi sendiri kebaya, maka keuntungan yang akan kamu peroleh akan lebih besar. Selain itu, kamu dapat membuat kebaya sesuai dengan selera fashion.

Sediakan Produk yang Beragam 

Dalam menjual kebaya ataupun penyewaan kebaya, produk produk yang kamu sediakan harus lah yang beragam. Hal ini karena agar konsumen lebih tertarik untuk memilih jenis produk yang akan dibeli ataupun dia sewa. Sebaliknya jika produk kebaya yang kamu sewakan tidak beragam atau monoton, konsumen akan merasa bosan bahkan tidak akan tertarik untuk datang kembali ke toko mu.

Ikuti Trend Fashion Kebaya

Dalam membuka usaha dibidang fashion, mengikuti trend adalah hal yang wajib kamu lakukan. Termasuk dalam usaha fashion kebaya, yang seringkali berubah trend dalam pemakaiannya. Pemakaian pemakaian kebaya mulai dari tradisional sampai modern harus kamu lihat perkembangannya dalam dunia fashion. 

Hal ini kamu lakukan agar kebaya kamu dapat dilirik oleh target pasar. Selain itu, ketika meliha trend yang sedang terjadi kamu akan lebih dapat menyediakan produk yang sesuai. Dan tidak menyediakan semua jenis produk yang bisa  dikatakan  sebagai pemborosan.

Menyesuakan Harga Sewa   

Selanjutnya kesesuaian harga sewa dengan kualitas dari kebaya yang akan kamu sewakan harus sesuai. Jangan sampai apa yang dibayar oleh konsumen tidak sepadan dengan apa yang seharusnya didapatkan. Jika hal tersebut terjadi, maka akan menimbulkan komplain dari para konsumen dan menimbulkan citra yang buruk untuk usaha penyewaan kebaya mu. 

Kemudian jika usaha kebaya mu sudah memiliki citra yang buruk dari konsumen, maka hal tersebut akan cepat menyebar dan menimbulkan kerugian besar karena kamu tidak lagi memiliki kepercayaan dari calon konsumen.

Perkuat Branding dan Promosi

Sebaik baiknya manajemen dari suatu usaha akan kurang sempurna jika tidak melakukan branding dan promosi dengan benar. Produk yang akan kamu tawarkan akan susah sampai ditangan konsumen jika promosi yang kamu lakukan tidak maksimal. Hal ini akan percumah karena dapat dikatakan, promosi merupakan ujung tombak dari sebuah usaha. 

Terlebih usaha yang kamu buat bergantung dengan banyak tidaknya konsumen yang kamu dapatkan. Ada banyak cara untuk membuat sendiri branding dari produk mu. Bua hal hal yang berbeda dari produk yang kamu tawarkan. Kemudian cari hal yang tidak dimiliki dari produk pesaing. 

Gunakan hal tersebut jadi suatu ciri khas dan kelebihan dari produk kebaya yang kamu tawarkan. Setelah itu lakukan promosi dengan benar, melalui media online seperti website dan social media. Dengan memanfaatkan media tersebut, produk yang kamu tawarkan akan cepat dikenal oleh orang orang.

Perluas Jaringan

Memperluas jaringan dalam membangun sebuah usaha merupakan salah satu hal yang sangat penting. Semakin luas relasi yang kamu miliki, semakin besar juga peluang kelancaran usaha yang kamu jalankan. Kamu akan lebih mudah dalam memasarkan produk kamu karena memiliki banyak relasi. 

 

Related Posts