Home Bisnis dan Usaha Usaha Katering Makanan Ringan, Ini Tips Memulainya

Usaha Katering Makanan Ringan, Ini Tips Memulainya

by Lara Nifa

Peluang usaha dalam bidang makanan tidak pernah redup, bahkan usaha ini semakin bersinar beberapa tahun belakangan sejak wabah pandemi mengharuskan orang-orang untuk lebih banyak menghabiskan waktu dirumah karena kebijakan pembatasan kegiatan.

Salah satu bentuk usaha makanan yang populer dan banyak diminati adalah usaha di bidang katering. Dengan modal yang tidak terlalu besar serta dapat dikerjakan bahkan dari dapur rumah, usaha katering menjanjikan peluang yang sangat besar.

Disamping itu, usaha katering juga tidak terlalu beresiko karena kamu tidak perlu menyewa tempat untuk membuka usaha kamu, dan jumlah makanannya pun, hanya dibuat berdasarkan pesanan.

Mengenal Usaha Katering

Istilah katering sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti suatu kegiatan yang menyediakan makanan dan minuman untuk orang banyak. Biasanya katering sering digunakan untuk acara-acara atau event-event tertentu.

Kamu yang ingin memulai usaha katering, kamu perlu belajar mengenai seluk beluk katering. Jangan sampai kamu memulai tanpa pengetahuan yang cukup soal katering. Kamu bisa memulai katering mu dengan usaha katering makanan ringan yang sederhana.

Tips Katering Makanan Ringan

Berikut beberapa tips buat kamu yang ingin memulai usaha katering makanan ringan 

1.Tentukan Jenis Katering

Sebelum memulai usaha katering kamu, kamu perlu menentukan katering makanan ringan jenis apa yang kamu jalani sebagai usaha kamu. Secara Umum ada 4 jenis katering yang bisa kamu pilih:

A. Katering Pesta

Katering ini melayani makanan  ringan untuk acara-acara pesta besar seperti pernikahan atau pesta ulang tahun. Katering jenis ini membutuhkan rencana yang matang karena kamu harus mengelola jumlah pesanan yang besar.

B. Katering Kantoran

Katering ini melayani kantoran ataupun perusahaan korporasi baik besar maupun kecil, juga instansi-instansi pemerintahan. Biasanya katering makanan ringan dibutuhkan dalam acara rapat besar, atau seminar maupun gathering yang diadakan oleh kantor.

C. Katering Sekolah

Katering untuk anak sekolah membutuhkan perhatian khusus karena anak sekolah sedang dalam masa tumbuh kembang. Siapkan menu makanan ringan yang memiliki nutrisi dan gizi yang seimbang. Jangan terlalu banyak mempersiapkan menu makanan ringan yang mengandung tinggi gula karena itu tidak baik untuk anak.

D. Katering Rumahan

Katering ini cocok untuk kamu yang baru memulai usaha katering makanan ringan, karena jumlah pesanan yang tidak terlalu besar dan bersifat musiman. Biasanya katering rumahan dipakai dalam acara pengajian, ulang tahun maupun acara keluarga lainnya. 

2. Mencari Supplier Bahan Baku

Ketika kamu memulai usaha katering makanan ringan kamu, kamu harus mempersiapkan bahan baku untuk catering kamu. Pilihlah toko bahan baku yang menyediakan bahan baku yang lengkap dengan harga yang terjangkau, bandingkan harga beberapa toko bahan baku untuk mendapatkan harga terbaik.

Selain harga perhatikan juga bahan baku kamu. Pastikan kamu membeli bahan baku yang masih segar dan berkualitas, jangan sampai kamu membeli bahan baku yang lewat masa kadaluarsa. 

Sedikit tips mendapatkan bahan baku murah, sebaiknya kamu berbelanja di toko bahan baku yang menjual bahan baku secara grosir atau kulakan untuk mendapatkan harga murah.

3. Siapkan Modal Usaha

Untuk usaha katering makanan ringan kamu bisa berjalan dengan lancar, maka kamu membutuhkan modal usaha untuk katering kamu. Kamu bisa menggunakan tabungan kamu yang sudah kamu sisihkan sebelumnya untuk modal atau kamu bisa mendapatkan pinjaman usaha kecil dari bank.

Sesuaikan modal usaha kamu dengan kemampuan kamu. Rencanakan dengan baik dan buatlah anggaran agar kamu bisa menghitung setiap pengeluaraan kamu dalam menjalankan usaha katering makanan ringan.

4. Siapkan Menu yang Berbeda

Berkreasilah sekreatif mungkin dalam membuat menu katering kamu, jadikan menu kamu unik dan menarik di mata pelanggan kamu. Variasikan juga menu katering kamu agar terlihat berbeda dan banyak pilihan. Jadi, pelanggan kamu juga tidak akan bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Cobalah resep-resep baru dan jadikan beberapa resep andalan kamu sebagai ciri khas dari katering kamu. Perhatikan juga kualitas makanan katering kamu. Pastikan menggunakan bahan yang selalu segar dan tidak kadaluarsa agar makananan katering kamu terjaga kualitasnya selalu.

5. Promosi

Jangan lupa membuat rencana untuk mempromosikan katering makanan ringan kamu secara rutin. Di jaman yang semakin canggih, kamu bisa memanfaatkan kekuatan dari media sosial sebagai alat promosi kamu. Dengan rutin berpromosi maka peluang katering kamu untuk dikenal akan semakin besar. 

Ambil beberapa foto yang estetik dari makanan ringan kamu untuk kamu post di media sosial kamu. Atau kamu dapat meminta bantuan teman kamu yang mahir dalam bidang fotografi untuk membantu kamu. Kamu bisa menggunakan instagram, twitter, tiktok maupun facebook sebagai alat promosi kamu. 

Demikianlah beberapa tips untuk memulai usaha makanan ringan. Selamat mencoba dan semoga sukses menghasilkan cuan!

Related Posts