Home Bisnis dan Usaha Memulai Usaha Jamu Kekinian

Memulai Usaha Jamu Kekinian

by Lara Nifa

Jamu sudah menjadi jenis minuman herbal pilihan masyarakat Indonesia dari jaman dulu. Walaupun erat kaitannya oleh unsur tradisional. Tapi nyatanya bila dikembangkan dan dikemas menjadi usaha jamu kekinian dapat menciptakan peluang bisnis yang sukses.

Terutama di tengah kondisi dunia yang masih diancam oleh kehadiran virus korona. Kesadaran orang-orang untuk menerapkan pola hidup sehat memperlihatkan peningkatan yang begitu pesat.

Lantas, apa saja hal yang perlu dilakukan agar dapat memulai atau membuka usaha jamu kekinian? Nah, untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

1.       Menyiapkan Modal dan Menentukan Jamu yang Ingin Dipasarkan

Pertama-tama tentu Anda harus menentukan dahulu jenis jamu yang akan dipasarkan atau sebagai produk yang akan ditawarkan ke konsumen. Cara tersebut cukup penting sebab jamu sendiri mempunyai banyak sekali jenis, seperti jamu kekuatan, jamu kesehatan dan lain sebagainya. Agar memudahkan Anda, disarankan untuk membuat list jenis jamu yang akan diracik kemudian dijual.

Jika sudah menyiapkan daftar jamu apa saja yang akan Anda pilih, setelah itu Anda perlu menyiapkan sejumlah uang sebagai modal untuk membuka usaha tersebut.Untuk perkiraan modal usaha yang dibutuhkan, kurang lebihnya seperti berikut ini:

Untuk modal usaha jamu yang perlu Anda siapkan yakni sebesar 11 jutaan. Biaya tersebut bisa lebih rendah atau lebih tinggi sesuai harga peralatan, harga bahan serta pengajuan izin ke BPOM. Terkait biaya pendaftaran produk ke BPOM sebetulnya cukup bervariasi, ada yang 100 ribu hingga 2 juta tergantung jenis produk yang dimiliki.

2.       Menciptakan Kemasan Jamu Kekinian

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis jamu agar bisa tetap eksis yakni dengan melakukan modifikasi kemasan supaya terlihat kekinian sehingga bisa menarik perhatian para generasi milenial. Bila umumnya minuman jamu  disajikan dalam bungkus plastik polos, maka sebagai terobosan Anda dapat memilih dapat memilih penggunaan botol pada kemasannya.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan akses di kemasan, contohnya informasi nutrisi jamu dan menambah desain kekinian pada botol jamu. Bisa dengan pemberiaan kata-kata menarik dan lain sebagainya. Dengan cara tersebut, jamu dapat tampil lebih fresh dan kekinian.

3.       Membuat Nama Brand yang Menarik dan Unik

Ketika menjalankan bisnis tersebut jangan lupa untuk memberi nama produk yang unik. Di dalam dunia bisnis atau usaha, nama dapat dijadikan sebagai bentuk branding. Memberi nama brand yang unik dan menarik tentu bisa membuat konsumen penasaran dan ingin membeli produk yang Anda jual. Hal tersebut dikarenakan penamaan nama produk dapat mempengaruhi penjualan dan pemasarannya.  Nah, untuk kriteria memberi nama produk menarik dan unik diantaranya:

  •         Mempunyai makna yang positif
  •         Nama yang singkat tapi unik
  •         Mudah untuk diingat, didengar dan diucapkan
  •         Nama yang sebelum tidak pernah digunakan
  •         Nama yang menjadi cerminan dari produk
  •         Hindari kemiripan oleh kompetitor

4.       Memastikan Kualitas Jamu serta Kebersihan Jamu 

Kualitas mutu jamu serta higienitas jamu turun berperan untuk meramaikan pembeli khusus di dalam urusan membuka usaha jamu kekinian. Agar memperoleh jamu yang sehat dan berkualitas terbaik, maka buatlah jamu menggunakan bahan terbaik. Selain itu, pastikan selalu membuat jamu sesuai standar higienitas pada umumnya. Bila mempunyai higienitas, mutu serta izin BPOM, pastinya peluang jamu Anda akan diterima masyarakat dan bisa terus meningkat.

5.       Mengoptimalkan Strategi promosi Digital

Dengan ide terobosan untuk menciptakan inovasi usaha berupa bisnis jamu kekinian, tentu beberapa pondasi lain yang mempengaruhinya juga harus menggunakan konsep yang juga kekinian. Salah satunya memanfaatkan kemajuan teknologi supaya dapat lebih dekat oleh target pasar. Untuk konsep kekinian tentu akan sangat erat kaitannya oleh para generasi milenial  sebagai pengguna sosial media.

Nah, dengan melakukan promosi melalui media sosial, tentu Anda dapat mempromosikan produk lebih dekat lagi ke target pasar. Maka dari itu, Anda bisa melakukan promosi produk lewat beberapa aplikasi sosial media, seperti Facebook, Whatsapp sampai Instagram.

Jika Anda mempunyai modal lebih banyak, tak ada salahnya untuk melakukan kerja sama oleh endorser. Karena tak dapat dipungkiri bahwa selebgram atau artis yang memiliki banyak pengikut di akun sosial medianya dapat meningkatkan angka penjualan produk secara drastis. Umumnya biaya endorse ini akan mempromosikan produk milik Anda lewat foto atau video menarik. Hal ini memungkinkan usaha jamu kekinian milik Anda akan semakin ramai.

Demikianlah informasi terkait cara dalam memulai bisnis jamu kekinian yang dapat menarik banyak konsumen. Di mulai dari mempersiapkan modal, memberi penamaan produk yang menarik dan unik sampai promosi melalui media sosial. Apabila semua upaya tersebut telah Anda lakukan dengan baik, serta tetap konsisten dan sabar di saat menjalankan proses pengembangan bisnis tersebut, kemungkinan besar usaha jamu kekinian milik Anda akan berkembang.

Related Posts