Home Bisnis dan Usaha Mau Mulai Buka Usaha Angkringan Modern? Simak Tips Berikut Yuk!

Mau Mulai Buka Usaha Angkringan Modern? Simak Tips Berikut Yuk!

by Lara Nifa

Kuliner menjadi salah satu usaha yang tak ada matinya. Dari hari ke hari jenis usaha ini terus menjamur dan semakin inovatif. Bagaimana tidak, makanan adalah kebutuhan pokok manusia sehingga wajar saja kalau usaha kuliner dipastikan akan terus berkembang. Banyak sekali inovasi yang dilakukan pada kuliner tradisional dengan membawanya ke ranah lebih modern.

Salah sayu yang banyak ditemui saat ini yaitu angkringan modern. Seperti yang kita ketahui bahwa angkringan merupakan tempat makan yang kental dengan kearifan lokalnya.

Angkringan sangat identik dengan gerobak dorong yang menjual berbagai macam makanan murah meriah, mulai dari nasi kucing, berbagai macam sate, gorengan dan minuman. Biasanya pengunjung bisa menyantap makanan yang dijual di kursi panjang yang mengelilingi gerobak atau lesehan dengan gelaran tikar.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, usaha angkringan dengan tema lebih modern banyak ditemukan. Konsepnya yaitu memiliki tempat yang lebih luas layaknya restoran atau kafe, berbeda dengan angkringan tradisional yang sering ditemui di pinggir jalan. Kapasitas meja dan kursi yang disediakan juga lebih banyak sehingga lebih nyaman.

Menu yang disajikan di angkringan modern tidak jauh berbeda dengan angkringan tradisional, hanya saja dikemas lebih kekinian dan variatif. Meskipun modern, harga makanan dan minuman yang dijual masih terjangkau. Contohnya nasi kucing yang biasa dijual Rp 1.000-2.000 per bungkus, di angkringan modern berkisar Rp 3.000. Masih terbilang murah, bukan?

Di angkringan yang mengusung tema modern ini biasanya juga tersedia fasilitas free wifi bahkan live acoustic sehingga kita bisa  menikmati makanan yang sudah dipesan dengan lebih nyaman dan menyenangkan.

Bagi kalian yang ingin mencoba meraup untung dari usaha angkringan modern ini, modalnya mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 20 juta tergantung konsepnya. Nah, ada beberapa tips jika kalian minat dengan usaha kuliner ini. Yuk simak tips berikut!

Tips Membuka Usaha Angkringan

  • Pilihlah lokasi yang strategis 

Pemilihan lokasi yang strategis memang menjadi suatu keharusan jika ingin membuka usaha angkringan. Karena semakin mudah lokasi usaha kalian ditemukan maka semakin banyak orang yang tertarik mengunjunginya. Kalian bisa membuka usaha angkringan modern di pinggir jalan raya, di area perkampusan yang di situ terdapat banyak kos-kosan atau dekat dengan perkantoran. Carilah tempat yang sering dilalui orang banyak, jangan memilih tempat yang sulit ditemukan dan cenderung sepi.

  • Mengusung konsep yang berbeda 

Angkringan modern semakin banyak tersebar, tidak hanya di wilayah Jogja dan sekitarnya namun juga di Jabodetabek, Malang, hingga Bali. Adanya pesaing yang terus bermunculan tersebut akan lebih baik jika kalian membuat konsep angkringan modern yang berbeda dari lainnya.

Contohnya salah satu angkringan modern yang ada di Bali membuat konsep angkringan dengan live accoustic dan live disk jockey (DJ). Konsep tersebut membuat pengunjung di angkringan itu lebih banyak karena selain berbeda juga menyesuaikan dengan gaya hidup anak muda di sana. Masih banyak ide-ide menarik lainnya yang bisa kalian aplikasikan ke usaha angkringan modern

  • Sajikan menu yang kekinian dan unik 

Selain konsepnya, menu yang akan kalian sajikan pun juga harus memiliki keunikan tersendiri. Tidak menghilangkan ciri khas menu angkringan namun bisa kalian buat menjadi lebih modern atau kekinian dan unik.

Hal tersebut akan membuat para pengunjung yang datang berkesan karena belum pernah menemukan di tempat lain. Angkringan kalian pun akan terus diingat oleh mereka dan membawa mereka kembali bahkan merekomendasikan ke kerabat terdekat atau melalui sosial media.

  • Strategi marketing 

Jangan pernah meremehkan tips selanjutnya yaitu strategi marketing atau pemasaran. Usaha kalian sulit berkembang jika tidak bisa menentukan strategi yang tepat untuk pemasaran. Strategi marketing ini bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu memanfaatkan sosial media seperti instagram dan facebook. Di platform tersebut disediakan paket promosi iklan (ads) yang bisa kalian manfaatkan. Dengan begitu usaha kalian semakin dikenal oleh banyak orang.

  • Sediakan fasilitas pesanan online

Saat ini , kita semakin dipermudah dengan kehadiran platform online dengan layanan pesan antar seperti grabfood, go-food, shopeefood dan traveloka eats. Manfaatkan platform tersebut dengan menyediakan fasilitas pesan antar online. Jadi, setiap pelanggan yang ingin menikmati hidangan yang kalian sajikan bisa memesannya secara online. Apalagi saat pandemi seperti ini, himbauan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah masih terus dilakukan. Dengan pemesanan serta pembayaran secara online, pelanggan tetap bisa menikmati hidangan tanpa harus pergi ke luar rumah.

Usaha angkringan modern memang menjanjikan dari segi keuntungannya serta modal yang dibutuhkan. Karena usaha ini untuk beberapa tahun ke depan kemungkinan masih akan eksis dan semakin banyak peminatnya. Untuk itu jangan ragu jika kalian ingin mencoba usaha ini, tetap utamakan kualitas hidangan serta kebersihan tempat.

Related Posts