Home Bisnis dan Usaha Untung Rugi Promosi Produk pakai Facebook Ads

Untung Rugi Promosi Produk pakai Facebook Ads

by Lara Nifa

Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki jaringan dan pengguna yang paling besar di dunia. Facebook dari awal kemunculannya di permukaan cukup menarik banyak perhatian dari dulu hingga sekarang. Bahkan sampai sekarang pun masih banyak pengguna Facebook yang masih setia menggunakan platform yang satu ini.

Bisa dikatakan secara sederhana bahwa Facebook merupakan salah satu media sosial yang jangkauannya lebih luas jika dibandingkan dengan platform media sosial yang lainnya. Sebab di Facebook hampir semua orang di dunia menggunakan Facebook sebagai media yang sudah bekerjasama dengan beberapa platform lain seperti pengembang Games dan Google dan beberapa media sosial yang lainnya, serta masih banyak yang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads

Kebanyakan media sosial yang viral di kalangan masyarakat yang mencuri perhatian para penggunanya pun beberapa kini sudah ada yang mulai ditinggalkan oleh penggunanya karena beberapa alasan.

Salah satu alasannya adalah media sosial yang telah ditinggalkan oleh penggunanya karena tidak adanya inovasi dan hal-hal menarik yang bisa didapatkan atau tidak ada fitur lain yang dapat membuat penggunanya betah lama-lama bahkan berjam-jam di depan layar komputer dan ponsel dengan menggunakan media sosial tersebut.

Namun, Facebook selalu melakukan beberapa inovasi agar penggunanya tidak merasa bosan menggunakan Facebook. Selain itu juga banyak fitur yang telah ditawarkan dalam satu aplikasi atau satu media sosial Facebook kini semakin beragam. 

Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam Facebook pada umumnya orang menggunakannya untuk media komunikasi dan mengunggah beberapa ulasan mengenai topik yang orang atau pengguna Facebook sedang pikirkan atau Status Facebook yang bisa Anda unggah dalam bentuk tulisan, video dan gambar. Tidak ketinggalan ada fitur Group yang bisa Anda bangun untuk mengumpulkan beberapa komunitas.

Kemudian ada juga yang namanya Story Facebook yang jika sudah diunggah akan menghilang dari profil akun apabila sudah lewat dari 24 jam. Ada juga fitur Fanpage, fitur mencolek dan fitur ada juga fitur mengunggah tautan dan beberapa fitur menarik yang pada umumnya sering digunakan pengguna Facebook dari awal kemunculannya hingga sekarang.

Selain itu, Facebook juga sudah berkembang dan menyediakan fitur marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual barang dagangan Anda, atau Anda juga bisa berbelanja secara daring melalui Marketplace dalam Facebook.

Kini perlu Anda ketahui juga bahwa kini Facebook telah menyediakan fitur Facebook Ads. Bhima Yudhistira selaku menjabat sebagai Direktur Centre of Economic and Law Studie telah menuturkan pendapatnya bahwa media digital dan sosial berupa pelayanan untuk iklan yang berbayar khususnya yang telah ditawarkan facebook Ads, bisa dinilai cukup ampuh untuk melakukan promosi-promosi jasa atau produk.

Selanjutnya, Bhima menambahkan juga bahwa, Anda dapat memakai layanan dari Facebook Ads yang akan membantu soal penurunan biaya yang akan digunakan untuk pemasaran dengan cara yang benar jika membandingkannya dengan beberapa cara pemasaran yang biasa kita jumpai di lapangan.

Beberapa pemasaran yang biasa kita jumpai biasanya dengan cara yang tradisional dan konvensional yang justru lebih banyak makan biaya, misalnya mencetak brosur dalam jumlah yang banyak dan memakai baliho-baliho dan masih banyak yang lainnya. 

Kemudian pada kesempatan berbicara pada Bisnis, Bhima Yudhistira (Direktur Centre of Economic and Law Studie) juga menambahkan, beberapa strategi pemasaran dengan memanfaatkan beberapa fitur dalam media sosial yang banyak sudah banyak penggunanya sanggup untuk memperluas jangkauan secara spesifik bahkan hingga ke berbagai kalangan dan lapisan calon konsumen jika berdasarkan tempat dan demografi serta beberapa topik terkait yang digemari.

Dalam fitur Facebook Ads dapat dilihat mengenai hal-hal yang ampuh dalam hal pemasaran dan berbagai layanan digital melalui media sosial hingga ke angka 4000% jumlahnya.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya suatu sistem yang dinamakan algoritma yang terdapat dalam cara kerja media sosial saat ini. Sistem algoritma itu dapat memberikan kemudahan bagi setiap pengusaha atau pemilik usaha bisnis untuk memanfaatkannya sebagai media komunikasi yang baik dan mudah dengan para calon konsumen yang sudah ditentukan targetnya.

Tidak sampai disitu saja, masih terdapat adanya hubungan antara munculnya suatu platform yang menggunakan media digital yang dihubungkan dengan peningkatan jumlah pengusaha yang masih mudah di negara Indonesia saat ini.

Tentu saja dengan memanfaatkan media sosial dan media digital lainnya dapat dimulai dengan cara kecil seperti mencari produk yang sedang ramai dicari dan dibahas atau tren. Kemudian bagaimana perilaku dari para pelanggan sampai dengan bagaimana memberikan penawaran dan promo atau diskon yang sangat ampuh.

Fitur yang terdapat dalam Facebook Ads bisa dimanfaatkan sebagai uji coba terhadap sebuah informasi jasa dan produk yang cukup baik. Bisa menggunakan CTR dan CPC yang dapat menjadikan sasaran yang tepat saat menentukan efektif dan tidaknya dalam memanfaatkan iklan dalam media sosial.

Kendati demikian, tetap saja ada kelemahannya ketika Anda mencoba memakai fitur iklan dalam media sosial. Beberapa kemungkinan adalah produk yang dipromosikan melalui fitur iklan di media sosial belum tentu semuanya memiliki potensi dapat terjual atau cara tersebut belum tentu cata yang ampuh.

Sebelumnya, pihak dari Ghifari faiz selaku Founder dari Belajarlagi.id pernah memberikan pernyataan bahwa fitur Facebook Ads sangat ampuh untuk menjadikan pengguna lebih sadar dalam memakai media sosial dan yang tidak tahu pun tentang barang yang hendak dijual.

Kendati demikian, tipe usaha atau barang yang tepat untuk dilakukan promosi menggunakan media sosial besar yakni dalam produk makanan, beberapa kosmetik dan dalam bidang fesyen sampai dengan kegemaran dan lainnya yang memiliki sifat impulsif.

Related Posts