Home Investasi Untung Rugi Investasi Bitcoin dan Cara Memulainya

Untung Rugi Investasi Bitcoin dan Cara Memulainya

by Lara Nifa
investasi bitcoin

Pernahkah anda berpikir apabila bitcoin bisa anda investasikan? Kemajuan teknologi menyebabkan munculnya investasi online menggunakan bitcoin atau yang biasa disebut cryptocurrency cukup diminati akhir-akhir ini. Beberapa sumber menyebutkan bila keuntungan investasi ini mencapai lebih dari 100 juta rupiah dalam kurun waktu beberapa tahun saja, meski sempat turun ke angka $5000. Bagi anda pemula yang tertarik untuk berinvestasi online menggunakan bitcoin, sebaiknya anda harus menyimak beberapa keuntungan dan kerugian investasi bitcoin ini berikut cara memulainya.

Keuntungan dan kerugian Investasi Bitcoin serta cara memulainya

Bitcoin adalah mata uang dalam bentuk virtual dan disusun dalam rangkaian algoritma rantai blok yang menggunakan pembayaran  dengan sistem peer to peer yang berarti dalam jual belinya menggunakan lebih satu server. 

Bitcoin sendiri tidak mempunyai penerbit dan dalam hal penyimpanan transaksinya, dilakukan oleh pengguna atau investor itu sendiri dengan menggunakan sebuah jaringan. Berikut adalah ulasan untung rugi dari investasi bitcoin serta caranya untuk memulai.

  • Keuntungan Investasi Bitcoin
  • Memiliki jaringan luas dan global

Bitcoin adalah uang virtual yang bisa diperjual belikan secara luas di negara-negara di dunia. Bila anda ingin berinvestasi dalam bentuk bitcoin, maka anda dapat menggunakannya di berbagai belahan dunia manapun tanpa harus menukarkannya terlebih dahulu. Maka dari itu, penggunaan bitcoin juga dianggap praktis serta cepat.

  • Proses dilakukan dalam hitungan detik

Proses transaksi dengan menggunakan bitcoin terhitung sangat cepat. hanya dalam hitungan detik saja, transaksi anda akan segera terlaksana tanpa harus menukarkan terlebih dahulu ke mata uang asing yang digunakan. Anda hanya cukup menggunakan ponsel ataupun laptop yang tersambung ke internet, di mana anda tidak perlu membuang waktu untuk mengikuti regulasi yang biasanya ada pada lembaga keuangan, dalam hal ini adalah bank.

contoh investasi bitcoin

  • Sentralisasi otoritas lebih bebas

Saat anda akan melakukan transaksi dengan bitcoin, tidak membutuhkan kehadiran pihak lain yang menjadi perantara atau sistem yang mengatur seperti pada umumnya transaksi sebab sistem transaksi bitcoin ini tidak terpusat namun lebih mengalir luas serta terbuka secara lebar atau umum.

  • Transaksi tidak ada dalam aturan pemerintah

Kelebihan berinvestasi dengan bitcoin lainnya adalah ia tidak akan terpengaruh apapun, walaupun pemerintah dalam keadaan buruk. Hal ini sendiri dikarenakan investasi tak ini diatur  baik pemerintahan ataupun perseorangan, maka dari itu naik turunnya investasi bitcoin hanya akan terpengaruh oleh demand pasar saja.

  • Kelemahan Bernvestasi Bitcoin
  • Dampak dari Peraturan Negara

Pada situasi tertentu suatu negara bisa saja melarang akan peredaran bitcoin hingga kemunkinan harga akan turun. Yang perlu anda ingat adalah bahwa bitcoin adalah investasi fluktuatif yang bisa naik turun mengikuti permintaan pasar.

  • Rentan terjadinya kesalahan

Apabila sedang bertransaksi, pastikan bahwa anda mengetik alamat dengan benar karena bila terjadi kesalahan pengiriman maka transaksi tersebut tetap berjalan dan tidak mungkin bisa dibatalkan.

  • Transaksi rumit

Kuasailah cara untuk bertransaksi karena memang bisa dibilang cukup rumit ini sebab anda harus membuat satu wallet baru dengan alamat yang terpisah serta transaksi lainnya termasuk serangan hacker.

  • Tidak dilindungi undang-undang

Bitcoin menggunakan sistem jaringan untuk transaksinya, maka pemerinta tidak dapat mengatur serta mempunyai legal yang jelas untuk semua transaksinya.

Cara memulai Investasi Bitcoin

Untuk anda yang tertarik berinvestasi dengan bitcoin, simaklah ulasan berikut ini.

  • Bergabung dengan Bitcoin Exchage

Bitcoin sendiri tidak memiliki perusahaan maka dari itu anda harus bisa menentukan di mana anda membeli bitcoin yang akan anda jadikan bitcoin contohnya saja pialang saja pialang saham. Bila anda memutuskan untuk membelinya dari bursa, cobalah untuk membeli di Coinbase atau Bitfinex.

  • Dapatnya Bitcoin Wallet

Ketika anda membeli bitcoin, koin tersebut akan disimpan dalam dompet digital. Terdapat dua jenis dompet digital yaitu Hot Wallet dan Cold Wallet. Hot Wallet sendiri adalah dompet yang sistem proses pengoperasiannya dilakukan oleh penyedia untuk pertukaran uang kripto. Sedangkan Cold Wallet adalah perangkat keras yang mirip dengan flash drive untuk menyimpan koin anda. Bila anda membeli koin dalam jumlah kecil, maka hot wallet adalah pilihan yang tepat untuk menambah investasi. Namun jika anda membeli koin dalam jumlah besar, maka pakailah cold wallet.

  • Hubungkan Bitcoin Wallet ke Rekening Bank

Setelah mendapatkan wallet, langkah selanjutnya adalah menghubungkan wallet anda dengan rekening bank untuk mempermudah transaksi jual beli bitcoin anda langsung ke akun pertukaran mata uang kripto itu sendiri.

  • Mulailah berbelanja dengan Bitccoin

Setelah ketiga step diatas selesai, berarti anda sudah siap untuk membeli bitcoin. Ada koin yang berharga ribuan dollar, namun pertukaran bisa saja terjadi dalam pecahan dari satu koin. Jadi mulailah berinvestasi di angka 25 doler terlebih dahulu.

  • Kelola Investasi Bitcoin

Setelah terjadi transaksi pembelian bitcoin, anda dapat menggunakannya untuk bertransaksi dengan cara daring ataupun bisa anda simpan dengan jangka waktu tertentu dan berharap bila harga bitcoin akan naik. Lakukan transaksi jual beli harian dengan pemilik bitcoin lainnya secara rutin. 

Demikianlah ulasan tentang investasi bitcoin yang bisa anda gunakan sebagai acuan apabila anda ingin berinvestasi dengan uang kripto yang memiliki keuntungan cukup menggiurkan tersebut. Tapi anda juga harus ingat, bahwa investasi juga memiliki resiko masing-masing termasuk dalam halnya bitcoin.

Related Posts