Home Bisnis dan Usaha Unique Selling Point: Pengertian dan Perannya sebagai Kunci Sukses bagi Pengusaha

Unique Selling Point: Pengertian dan Perannya sebagai Kunci Sukses bagi Pengusaha

by Lara Nifa

Sebuah bisnis kecil kemungkinannya untuk bertahan apabila tidak mempunyai Unique Selling Point. Unsur ini sangat penting sehingga wajib diutamakan para pebisnis karena persaingan bisnis saat ini semakin ketat. 

Unique Selling Point yang akan menjadi pembeda antara bisnis yang satu dengan bisnis lainnya meskipun masih sejenis. Tanpa adanya unsur tersebut, sulit bagi pebisnis untuk dapat membuat calon konsumen tertarik membeli produknya dan akhirnya kalah dari pesaingnya. 

Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut apa sebenarnya Unique Selling Point dan seberapa pentingnya bagi pengusaha.

Definisi Unique Selling Point (USP)

Anda pasti pernah berada dalam posisi kebingungan saat ingin membeli suatu produk. Kemudian Anda lakukan perbandingan antara penjual yang satu dengan penjual lainnya hingga Anda menemukan yang sesuai keinginan. 

Pada akhirnya Anda akan lebih memilih penjual yang dapat memberikan banyak keuntungan. Ini artinya Unique Selling Point yang ditentukan oleh pelaku usaha tersebut bekerja dengan baik.

Unique Selling Point sendiri merupakan sebuah keunikan yang ada pada suatu bisnis sehingga mampu membedakannya dari bisnis lainnya yang sejenis. USP akan sangat penting agar bisnis tersebut tetap terlihat unggul dan berbeda dari para kompetitornya. 

Apalagi preferensi masyarakat saat ini terhadap belanja online makin tinggi. Sehingga persaingan bisnis pun tak dapat dihindari dan justru terus meningkat. Pilihan produk menjadi lebih banyak, begitu juga dengan kompetitor. Itu artinyaa para konsumen mungkin saja akan berpindah ke lainnya apabila produk yang dijual tidak menawarkan keunikan tersendiri.

Peran Unique Selling Point bagi Kesuksesan Pengusaha

Kunci sukses suatu usaha salah satunya ditentukan oleh Unique Selling Point yang tepat, tidak terbatas pada jenis usaha dan produk yang dijualnya. Semakin unik usaha yang Anda jalankan, semakin besar kesempatan Anda untuk mengambil hati para calon konsumen dari kompetitor. Simak rangkuman di bawah ini mengenai peran Unique Selling Point !

1. Brand Positioning

Bagaimana calon konsumen dapat tertarik membeli produk Anda, sementara produk dan harga yang ditawarkan tidak ada bedanya dengan pesaing ? Satu-satunya cara yaitu dengan menonjolkan poin yang tidak akan ditemukan di pesaing Anda.

Dengan begitu, para pelaku usaha akan mendapatkan tempat di benak setiap konsumen atau yang biasa disebut dengan brand positioning.

Sebagai contoh, di tengah banyaknya brand kopi yang bermunculan dengan harga lebih terjangkau, Starbucks masih tetap unggul dan tidak ditinggalkan pelanggannya. Sebab, mereka mempunyai cara tersendiri untuk dapat bertahan dengan menentukan Unique Selling Point dari segi kualitas rasa dan pelayanannya.

2. Meningkatkan Penjualan

Keunikan yang ada pada bisnis Anda tentu akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk. Hal ini disebabkan oleh kepuasan konsumen yang berujung pada pembelian berulang maupun merekomendasikan produk Anda ke orang lain. Sehingga secara tidak langsung, semakin banyak orang yang akhirnya beralih ke produk yang Anda jual. 

Dengan kata lain, Unique Selling Point dapat berguna untuk membuat volume penjualan meningkat. Anda hanya perlu menentukan poin apa yang ingin ditonjolkan agar berbeda dengan yang lainnya. 

3. Strategi Marketing Menjadi Mudah

Terkadang para pebisnis terlalu fokus untuk merancang strategi marketing. Dan kerap kali dalam penerapannya, strategi tersebut tidak tepat sehingga gagal mencapai target yang sudah ditentukan.

Disinilah peran Unique Selling Point yang akan membantu bisnis Anda lebih dikenal masyarakat tanpa harus memikirkan strategi marketing yang terlalu rumit. Apabila Unique Selling Point yang ditentukan tepat, dengan sendirinya bisnis Anda akan dicari oleh para calon konsumen. Meski begitu, kegiatan promosi harus tetap berjalan namun bedanya tidak memerlukan usaha yang terlalu besar.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Apabila dibandingkan antara produk Apple dengan brand lainnya, manakah yang lebih unggul ? Tentu masyarakat banyak yang akan menjawab Apple. 

Hal tersebut disebabkan oleh keberhasilan Apple dalam menentukan Unique Selling Point-nya. Sehingga tak heran apabila produk dari Apple ini sudah mendapat banyak kepercayaan para pelanggannya. Mereka akan selalu menggunakan produk keluaran terbaru dari Apple dan tidak tertarik mencoba brand yang lain.

Dengan kata lain, Unique Selling Point yang diciptakan mampu menumbuhkan loyalitas pelanggan sehingga istilah kehilangan pelanggan sepertinya tidak akan ada pada bisnis-bisnis yang selalu unggul.

Demikian penjelasan mengenai Unique Selling Point atau USP yang berperan penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Unsur tersebut memang tidak boleh terlupakan apabila Anda ingin tetap bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini. Terlebih lagi kalau bisnis Anda dijalankan secara online, kompetitornya pun semakin banyak bahkan tidak hanya dari dalam negeri saja tetapi seluruh dunia. Ini menjadi catatan penting bagi bisnis Anda agar tidak jalan ditempat atau gulung tikar. 

Related Posts