Home Tabungan Trik mulai menabung untuk pensiun dini

Trik mulai menabung untuk pensiun dini

by Lara Nifa

Banyak uang dan menikmati hidup tanpa harus bekerja adalah impian semua orang. Hanya saja untuk memperoleh uang, kita harus bekerja. Uang tidak akan datang dengan sendirinya tanpa kita upayakan. 

Banyak dari kita yang pasti merasa jenuh dalam keseharian pekerjaan kita. Merasa lelah, dan juga bosan dengan pekerjaan yang kita lakukan. Berharap ingin segera pensiun dan menikmati hidup tapi masih terlalu takut dengan kondisi keuangan di masa depan. 

Pensiun dini bukanlah hal yang tidak mungkin kita lakukan. Dengan perencanaan yang matang, kita bisa memutuskan untuk pensiun dini dan menikmati hidup di masa pensiun kita. Hal yang paling penting dipersiapkan adalah dana pensiun agar kita tidak perlu khawatir dengan kondisi keuangan kedepannya ketika kita memiliki dana pensiun yang sudah cukup untuk kehidupan di masa pensiun. Lalu bagaimana cara kita menabung untuk mempersiapkan dana pensiun? Yuk mari kita simak triknya. 

Trik mulai menabung untuk pensiun dini

  • Tentukan target pensiun dini

Untuk memulai semuanya kita harus menentukan target kapan kita akan pension dini. Dengan adanya target, kita akan menjadi lebih termotivasi untuk merealisasikan target untuk pensiun dini yang sudah kita rencanakan. 

  • Menyiapkan tabungan khusus

Siapkanlah tabungan khusus untuk menabung dana pensiun. Pisahkan tabungan pensiun dengan tabungan biasa agar kita bisa lebih fokus dalam menabung. Dengan memisahkan tabungan dana pensiun dengan tabungan biasa, kita bisa memastikan dana pensiun kita tidak terganggu apabila kita ada kebutuhan yang mendesak. Menabungkan dana pensiun kita ke dalam deposito berjangka juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat sehingga kita bisa benar-benar focus menabung.

  • Lunasi semua hutang

Untuk mencapai kebebasan finansial ketika kita pensiun dini, kita harus bebas dari hutang ataupun kredit. Segera selesaikan hutang dan juga kredit agar kita bisa focus untuk menabung dana pensiun. Untuk tipe hutang jangka panjang semacam KPR rumah, pastikan dana untuk pembayaran tiap bulannya aman agar tidak mengganggu jatah tabungan.

  • Manajemen keuangan yang baik

Patikan kita bisa memanajemen keuangan dengan baik dengan perencanaan yang tepat. Atur semua pemasukan dan pengeluaran dengan bijak. Kita harus mampu membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan untuk setiap pengeluaran yang akan dilakukan. Belajarlah untuk tetap bergaya hidup sederhana dan jangan mudah dipengaruhi oleh orang dalam berbelanja sesuatu agar tidak terjebak dalam pengeluaran yang besar. Dengan manajemen keuangan yang baik, kita bisa fokus dalam menabung agar impian pensiun dini bisa terealisasi dengan baik. 

  • Disiplin menabung

Hal yang sudah wajib kita lakukan adalah disiplin menabung. Dengan disiplin menabung, target yang sudah kita tetapkan bisa segera kita realisasikan. Jangan pernah tergoda membeli ini dan itu hanya karena melihat nominal tabungan yang sudah mulai membesar. Fokuslah untuk tetap menabung sebagai bekal ketika kita pensiun dini. 

  • Mencari tambahan penghasilan

Untuk lebih memperbesar jumlah tabungan, kita bisa menjari tambahan penghasilan. Kita bisa melakukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kemampuan kita atau malah kita bisa mengupgrade skill dan kemampuan untuk memperluas kemungkinan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama kita. Hal yang termudah adalah kita bisa mencari tambahan penghasilan yang sesuai dengan hobi dan passion kita. Kita bisa membuka toko online yang menjual berbagai pernak-pernik yang sesuai dengan hobi kita, menjadi dropshipper, atau apabila kita mau memanfaatkan skill yang kita miliki, kita bisa melakukan pekerjaan freelance yang sejalan dengan skill yang dimiliki untuk menambah penghasilan. 

  • Berinvestasi

Untuk semakin membekali masa pensiun dan juga untuk menambah jumlah tabungan, kita bisa mulai melakukan investasi. Banyak tipe investasi yang bisa dilakukan dengan berbagai tingkat keuntungan dan juga resikonya. Pastikan kita mempelajari dan memilih investasi yang paling sesuai dengan diri kita. Jangan pernah tergiur investasi dengan keuntungan besar dengan jangka yang sangat cepat agar kita terhindar dari penipuan-penipuan dan juga investasi bodong yang malah bisa membahayakan keuangan yang sudah kita rencanakan. Kita bisa mencoba berinvestasi emas yang bisa sebagai tabungan karena nilainya yang akan terus naik di setiap tahunnya. Selain itu kita bisa berinvestasi reksa dana, saham, obligasi ataupun instrument-instrumen investasi lain dengan terus mempelajari semua kemungkinan dan juga resiko yang ada.

  • Membangun passive income

Seperti halnya investasi, kita bisa membangun passive income yang bisa mendukung keuangan kita hingga kita masuk ke masa pensiun nantinya.  Dengan ketelatenan kita bisa membuat web atau blog bahkan konten-konten dan memanfaatkan semua skill yang dimiliki untuk bisa mendapatkan passive income dari adsense. Kita bisa juga membuat passive income dengan menyewakan property apabila kita memiliki dana yang cukup untuk membangunnya. Penyewaan kamar kos, kontrakan atau bahkan menyewakan ruang usaha bisa menjadi passive income yang juga cukup menjanjikan dan membuat keuangan kita tetap produktif walaupun kita sudah masuk ke masa pensiun.  

Itulah beberapa trik yang ibsa kita lakukan untuk mulai menabung dana pensiun. Dengan perencanaan yang matang serta disiplin dalam menabung, kita bisa merealisasikan rencana pensiun dini dan mulai menikmati hidup tanpa harus terbeban dengan keuangan.

Related Posts