Home Tabungan Trik Mudah Untuk Bisa Menabung dengan Konsisten

Trik Mudah Untuk Bisa Menabung dengan Konsisten

by Lara Nifa

Menabung bukan hanya tentang berapa besarnya uang yang bisa disisihkan. Tetapi bagaimana kegiatan bermanfaat tersebut bisa dilakukan secara konsisten. Karena meski tampak mudah, nyatanya banyak yang masih merasa kesulitan menabung. 

Bahkan bagi sebagian orang, menabung belum menjadi prioritas dalam hidupnya. Padahal dengan menabung, banyak manfaat yang bisa diperoleh nantinya. Menabung bisa memudahkan seseorang untuk mencapai tujuan-tujuan finansialnya di masa depan atau dijadikan sebagai dana darurat. Karena siapa pun pasti tidak akan mampu memprediksi apa yang harus dihadapi di masa depan.  

Nah, buat kamu yang masih merasa sulit menabung secara konsisten, simak trik mudahnya di bawah ini!

Ini Dia 6 Trik Mudah Agar Bisa Konsisten Menabung

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar berhasil menabung secara konsisten. Berikut keenam tips untuk bisa konsisten menabung :

  • Menabung Mulai dari Nominal Terkecil

Tips pertama untuk bisa menabung secara rutin dan konsisten yaitu memulainya dengan jumlah kecil dulu. Sisihkan sedikit demi sedikit uangmu untuk ditabung. Dan lakukan hal itu sampai kamu terbiasa menabung, meski masih belum bisa dalam nominal yang besar.

Sebagai contoh, kamu mulai menabung dari nominal Rp 5 ribu setiap harinya dalam seminggu pertama. Kemudian pada minggu berikutnya, kamu naikkan menjadi Rp 10 ribu per hari. Intinya, tidak perlu terlalu fokus pada besar kecil nominal yang bisa kamu tabung. Karena yang terpenting adalah kamu sudah membangun kebiasaan rutin menabung. 

  • Tentukan Tujuan Menabung

Alangkah lebih baiknya jika kamu tahu apa tujuanmu menabung. Apakah akan digunakan untuk membeli mobil dan rumah? Atau hanya sekedar ingin menyisihkan uang untuk berlibur dengan keluarga?

Dengan mengetahui tujuan menabung, maka penggunaan tabungan bisa tepat sasaran sesuai dengan tujuan keuangan yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain itu, kamu pun akan lebih mudah mengetahui berapa besarnya target dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Sehingga kamu tidak kebingungan menentukan nominal uang yang harus disisihkan setiap bulannya.

Dan fokusmu untuk menabung secara konsisten tidak mudah terganggu. Karena kamu akan selalu ingat dengan tujuan awalmu menabung.

  • Menabung Itu Sisihkan bukan Sisakan

Sisihkan bukan sisakan adalah prinsip yang harus selalu kamu pegang ketika ingin bisa konsisten menabung. Itu artinya, begitu kamu mendapatkan pemasukan, maka jangan tunda untuk menyisihkan sebagiannya ke dalam tabungan. 

Sebaiknya, jangan langsung gunakan pemasukan tersebut untuk kebutuhan lainnya. Karena yang ditakutkan nantinya yakni uang sudah terpakai semua sehingga tidak ada sisa lagi untuk ditabung. Nah untuk memudahkannya, kamu bisa gunakan dua rekening terpisah. Rekening utama untuk mencukupi kebutuhan bulanan dan rekening satunya khusus tabungan. 

Dengan begitu, kamu bisa langsung memindahkan budget tabungan ke rekening yang berbeda setelah menerima pemasukan atau gajian. Hal tersebut bisa dilakukan secara manual maupun otomatis dengan menggunakan sistem autodebet.

  •  Tentukan Metode Budgeting 

Salah satu kunci sukses untuk bisa konsisten menabung adalah adanya pengelolaan keuangan yang baik. Karena tak sedikit orang merasa kesulitan menabung akibat tidak mampu mengatur keuangannya setiap bulan. Sehingga pengeluaran seringkali lebih besar dari pemasukan yang berakibat pada kebiasaan berhutang.

Maka dari itu, penting untuk terlebih dahulu membuat budgeting atau anggaran bulanan. Misalnya, menggunakan metode budgeting seperti 50% untuk pemenuhan kebutuhan pokok, 30% untuk hiburan, 20% untuk tabungan. Usahakan pengeluaranmu sudah sesuai dengan yang dianggarkan tersebut. 

  • Jangan Anggap Remeh Uang Recehan

Seringkali uang recehan terlupakan begitu saja karena dianggap tak bernilai. Padahal, uang 100, 200, 500 dan 1000 perak akan berjumlah besar jika dikumpulkan. Jadi, sebisa mungkin selalu simpan uang recehan yang biasa kamu dapatkan dari kembalian saat berbelanja. 

Kamu bisa gunakan celengan atau memanfaatkan toples bekas di rumahmu untuk menyimpan uang recehan tersebut. Melalui cara ini, kamu bisa lebih menghargai uang. Dan tentunya hal itu juga akan sangat membantu untuk menumbuhkan kebiasaan menabung secara rutin.

  • Hindari Kebiasaan Boros 

Kebiasaan boros atau menghambur-hamburkan uang merupakan salah satu penyebab orang menjadi sulit menabung. Bahkan beberapa orang merasa malas menyisihkan sebagian uangnya karena sudah terbiasa konsumtif.

Jika saat ini kamu sedang mengalami hal yang demikian, sebaiknya ubah segera kebiasaan buruk tersebut menjadi lebih hemat. Kurangi kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuatmu boros dan tidak bijak menggunakan uang. Contohnya, nongkrong di kafe setelah pulang kantor, menonton film setiap akhir pekan, atau kebiasaan belanja online. 

Nah, itulah tadi 6 trik mudah agar kamu bisa menabung dengan konsisten. Menabung adalah kebiasaan positif yang pastinya akan memberikan banyak manfaat untuk kamu. So, yuk mulai membiasakan diri menabung dari sekarang juga!

Related Posts