Home Tabungan Trik Menabung yang Efektif Untuk Pegawai Bergaji 2 Juta

Trik Menabung yang Efektif Untuk Pegawai Bergaji 2 Juta

by Lara Nifa

Zaman sekarang ini kebutuhan hidup serba tinggi, harga barang hingga makanan naik berkali-kali lipat, sedangkan penghasilan tidak memadai untuk menutup semua kebutuhan hidup. Kamu harus bisa mengatur keuangan semaksimal mungkin agar masih tetap bisa menabung untuk menyiapkan dana bila ada kejadian darurat yang membutuhkan uang. 

Kamu harus tahu beberapa trik mengatur keuangan dengan gaji pegawai yang hanya 2 Juta agar bisa tetap menabung. Sehingga meskipun pas-pasan gajimu akan cukup dan bisa disisihkan untuk biaya penting lainnya. Ini dia trik menabung yang efektif untuk pegawai dengan gaji 2 juta-an aja. 

Membuat Daftar Pengeluaran dan Pemasukan

Untuk mengantisipasi agar boros tidak terjadi adalah dengan membuat daftar pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. Hal ini bermanfaat agar kamu tidak over dalam membeli sesuatu padahal pemasukan yang ada lebih kecil dari pengeluaran yang kamu pakai. Sifat boros ini bisa membuat kamu tidak mudah dan kesulitan untuk menabung. Atau bahkan cenderung memiliki hutang dengan boros ini. 

Maka dari itu hal pertama yang harus kamu mulai adalah membuat daftar pengeluaran dan pemasukan. Kamu bisa menulis kebutuhan apa yang akan kamu beli selama sebulan, pisahkan dengan dana pengeluaran tambahan dan tulis nominal pemasukan yang kamu dapat. Misalnya 2 juta, lalu kamu tulis daftar harga pengeluaran agar bisa tahu sisa uang agar bisa menabung. 

Mengurangi Berbelanja yang Tidak Penting

Setelah membuat daftar pengeluaran dan pemasukan, manfaat dari hal tersebut adalah mencegah agar tidak berbelanja yang tidak penting. Karena dalam catatan daftar akan ada catatan pengeluaran apa saja yang penting dibeli, sehingga tidak menggunakan uang untuk hal-hal lainnya yang akan membuat pengeluaran semakin boros. 

Dalam trik yang satu ini, kamu harus bisa disiplin pada diri sendiri. Usahakan bahwa setiap berbelanja tidak melanggar ketentuan aturan keuangan yang sudah kamu tetapkan sebelumnya. Setidaknya mengurangi belanja yang tidak penting ini akan menyelamatkan uang sisa beli perlengkapan pokok tidak dipakai hal yang tidak penting. 

Tidak Menjadikan Kartu Kredit atau Pay Later Menjadi Gaya Hidup

Saat ini ada jenis transaksi pembayaran yang sangat mudah dilakukan, membuat kamu mudah berbelanja kapan saja dengan nominal harga yang besar. Jenis transaksi ini bisa disebut dengan transaksi non-tunai, seperti menggunakan kartu kredit atau Pay Later. Jadi kamu bisa membeli suatu barang dahulu, dan bayar kemudian dengan sistem kredit cicilan setiap bulan. 

Seiring berjalannya waktu, transaksi jenis ini adalah sebuah gaya hidup masyarakat yang baru. Tidak aneh lagi bagi masyarakat untuk kredit barang meski dengan cicilan yang tidak sedikit. Maka, jika masih ingin menabung dari gaji 2 juta kamu harus bisa menahan untuk tidak menjadi jenis transaksi ini sebagai gaya hidup untuk berbelanja. Karena bayar cicilan tiap bulan nya akan membebani diri kamu. 

Masak Makanan Sendiri

Untuk berhemat dengan uang yang pas pasan, sebaiknya kamu mulai belajar untuk  makan makanan yang dimasak sendiri. Karena akan lebih murah membeli bahan makanan daripada membeli makanan yang sudah jadi. Kamu bisa stok makanan untuk sebulan penuh dengan uang dua ratus ribu rupiah, daripada memakai uang tersebut untuk beberapa kali makan saja. 

Dengan begini uang untuk jatah makan selama sebulan akan irit dan bisa kamu tabungkan untuk membeli hal-hal lain yang lebih penting. Atau menyimpan uang tersebut untuk dana darurat. 

Kurangi Nongkrong

Selain tidak membeli makanan yang sudah jadi untuk makan sehari-hari, kamu juga harus bisa mengurangi nongkrong ke tempat yang mahal. Karena akan sia-sia saja kamu berhemat dalam belanjaan yang lain, tetapi boros dengan mengeluarkan uang lima ribu rupiah untuk segelas kopi kekinian. Maka kurangi nongkrong agar uang yang kamu dapat tidak dipakai untuk hal yang tidak ada manfaatnya. 

Tidak apa-apa untuk sesekali mengajak ajakan teman untuk nongkrong, ingat bahwa gaji yang kamu miliki tidak akan cukup untuk gaya hidup yang terlalu tinggi. Apalagi jika kamu tinggal di kota dengan pengeluaran yang tidak sedikit. 

Gunakan Pembagian Gaji Sesuai Kebutuhan

Gimana nih trik diatas? Apakah bisa kamu lakukan? Memang sulit untuk urusan mengatur uang ini, apalagi dikondisi yang serba mahal dan gaya hidup yang makin tinggi. Cobalah untuk mulai dari hal yang paling mudah dilakukan, agar selanjutnya bisa terbiasa dan dapat menabung. 

Kamu harus disiplin pada diri sendiri dalam mengatur keuangan sehari-hari. Harus sadar dan menyesuaikan gaya hidup yang dijalani dengan penghasilan yang di dapat. Sehingga pengeluaran kamu tidak akan melebihi dari pemasukan. Nah semoga informasi mengenai trik menabung ini bermanfaat bagi kamu punya gaji hanya 2 Juta per bulan.

Related Posts