Home Tips Trik Menabung Meski Ada Cicilan Tiap Bulan

Trik Menabung Meski Ada Cicilan Tiap Bulan

by Lara Nifa

Terkadang untuk bisa menabung sangatlah sulit sekali, terlebih lagi kamu memiliki cicilan setiap bulan yang harus dibayarkan. Setiap orang sudah pasti ingin menabung, tapi dengan adanya hambatan biaya yang harus dibayarkan tiap bulan, menabung adalah hal yang tidak terpikirkan. Tapi, sepertinya kamu sudah tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya ada beberapa trik yang bisa kamu jalankan untuk tetap bisa menabung walau cicilan banyak. 

Trik Bisa Menabung Meski Ada Cicilan 

Menabung adalah hal yang sangat penting sekali untuk kamu lakukan setiap harinya. Karena dengan menabung kamu bisa mendapatkan kebebasan finansial dalam waktu yang cepat. Tapi, ketika ada banyak cicilan hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Mengingat bahwa cicilan adalah tanggung jawab yang harus kamu bayarkan. Berikut ini adalah cara agar kamu bisa menabung meski harus membayar cicilan: 

Catat Semua Pengeluaran Untuk Cicilan 

Trik yang pertama adalah dengan mencatat terlebih dahulu untuk cicilan yang harus kamu bayarkan dalam satu bulan. Misalnya adalah cicilan bank, kartu kredit dan lain sebagainya. Catat semuanya hingga kamu tahu berapa pengeluaran pasti untuk urusan cicilan ini. Dengan begini kamu bisa dengan mudah mengatur keuangan. 

Dengan mencatat pengeluaran yang terkait cicilan ini, maka kamu juga bisa tahu berapa besaran cicilan yang dibayarkan. Kemudian bisa menjadi acuan agar cicilan ini tidak bertambah lagi di masa depan. Mengingat bahwa besaran cicilan akan sangat mempengaruhi pengeluaranmu setiap bulan. Sehingga ini bisa mencari cara agar kamu bisa menahan diri. 

Catat Pemasukan 

Selain mencatat pengeluaran, maka selanjutnya kamu harus mencatat pemasukan. Hal ini sangatlah penting sekali untuk kamu perhatikan. Karena dengan mencatat pemasukan tiap bulan, mulai dari gaji hingga pendapatan tambahan akan membantu kamu untuk bisa mengatur keuangan dengan lebih baik lagi. 

Tidak hanya itu saja, dengan mencatat pemasukan juga akan membantu kamu menahan diri. Karena mau bagaimanapun juga pemasukan ini akan berpengaruh terhadap kesehatan keuangan kamu. Apalagi jika kamu memiliki pemasukan tambahan, dimana pemasukan ini bukan hanya membantu tapi juga akan membuat kamu tidak terjebak utang berlebihan. 

Buat Daftar Belanja 

Tidak dapat dipungkiri jika kamu harus memenuhi kebutuhan setiap bulannya. Jika kamu ingin tetap bisa menabung maka sangat disarankan untuk membuat daftar belanja terlebih dahulu. Karena dengan begini, kamu bisa mengatur keuangan dengan cara yang benar. Apalagi jika kamu termasuk yang harus belanja dalam waktu satu bulan. 

Buatlah daftar belanja kebutuhan dengan detail, termasuk daftar harga setiap produk. Bila kamu tidak tahu daftar produknya, maka lebih baik melihat pengeluaran bulan sebelumnya. Dengan mencatat semua daftar belanja kebutuhan, maka mengatur keuangan tidaklah sulit dan kamu bisa menabung dengan mudah. 

Memasak Sendiri 

Trik selanjutnya agar kamu dapat menabung meski banyak cicilan adalah dengan memasak sendiri. Kamu harus tahu bahwa dengan memasak sendiri akan jauh lebih hemat dibandingkan kamu setiap hari harus membeli makan siang. Apalagi dengan memasak sendiri kamu juga bisa menjamin kesehatan dengan lebih baik. 

Tidak hanya itu saja, dengan memasak sendiri juga akan membantu kamu memantau pengeluaran agar tidak berlebihan. Agar tidak bosan dengan menu yang sama, kamu dapat memasukan bahan makanan yang akan dimasak selama sebulan dalam daftar belanjaan sebulan. Sehingga menu masakan tidak akan pernah membosankan. 

Atur Budget 

Nah, trik yang terakhir adalah dengan mengatur budget, baik itu untuk satu hari, satu minggu atau satu bulan. Misalnya kamu dalam sebulan mendapatkan gaji 3 juta rupiah, kemudian untuk membayar cicilan dan tagihan sebanyak 1 juta, maka sisanya untuk kebutuhan sehari-hari dan menabung.

Agar uang 2 juta bisa memenuhi kebutuhan dan menabung, maka kamu bisa atur budget. Misalnya dalam sehari kamu menyisihkan setidaknya 20 ribu untuk makan dan 30 ribu untuk transportasi. Sehingga dalam sebulan kamu hanya membutuhkan sekiranya 1,5 juta. Kemudian 500 ribu sisanya bisa kamu tabung. 

Tapi, tentu saja budgeting ini harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Sehingga kedepannya, kamu tidak akan kesulitan dalam masalah keuangan. Hal paling penting adalah memang kamu harus menghemat pengeluaran dan mementingkan kebutuhan pokok terlebih dahulu. 

Demikianlah trik yang dapat kamu ikuti agar bisa menabung setiap bulannya meski memiliki banyak cicilan. Dari semua cara yang telah diungkapkan, terlihat bahwa sebenarnya yang kamu perlukan adalah dengan berhemat. Tidak bisa kamu menabung dan membayar cicilan jika terlalu hedon atau hidup bermewah-mewah. 

Sesuaikan gaya hidup dengan kemampuanmu agar kedepannya kamu tidak kesulitan dalam masalah finansial ini. Apalagi dengan harga barang yang semua naik, tapi cicilan tetap harus dibayarkan. Sudah pasti menabung sangat penting agar di masa depan kamu bisa mendapatkan apa yang diinginkan. 

Related Posts