Home Tips Trik Membangun Rumah dengan Biaya Murah

Trik Membangun Rumah dengan Biaya Murah

by Lara Nifa
investasi properti

Siapa sih yang nggak pengen punya rumah impiannya sendiri? Apalagi rumah yang dibangun dengan hasil jerih payah sendiri. Kamu sudah punya tanah tapi tabungan belum cukup banyak untuk membangun rumah? Yuk sini. Aku kasih tau Trik Membangun Rumah dengan Biaya Murah. Simak ya.

Trik membangun rumah dengan biaya murah 

Banyak orang yang bilang kalau membangun rumah itu jauh lebih rumit daripada membangun rumah. Namun, nyatanya membangun rumah sendiri ternyata lebih bisa menghemat biaya lho. Tentunya disamping kamu harus menyiapkan banyak waktu dan tenaga untuk melakukan segala hal demi terwujudnya rumah idaman kamu. Dalam membangun rumah jangan berpatok pada gengsi, namun lebih dari kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing.

Kamu nggak perlu khawatir dan tidak perlu merasa tertekan karena biaya membangun rumah yang bisa dibilang tidak sedikit atau besar jika kamu mengikuti trik-trik dibawah ini.

  • Rencana pembangunan rumah

Rencanakan pembangunan rumah idaman kamu. Mulai dari dana, ukuran bangunan, sampai target waktu pembangunan. Dengan rencana pembangunan rumah, akan berfungsi sebagai penekan atau pengendali kemungkinan terjadinya pembengkakan biaya selama proses pembangunan berlangsung.

  • Desain tipe rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan

Rancangan atau desain ini adalah penentu pertama dalam membangun rumah dan tidak boleh kamu lewati. Sesuaikan dengan budget yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Desain rumah yang minimalis tentunya dapat menjadi pilihan.

bangun rumah biaya murah

  • Survei harga dan kualitas material serta bangunan

Kamu dapat melakukan survei harga dengan mendatangi beberapa toko bangunan yang ada di kotamu. Setelah survei , kamu dapat membandingkan harga dan mutu material bahan yang kamu butuhkan. Dengan survei, kamu akan mendapatkan harga dan kualitas yang bagus.

  • Pilih material

Pilihlah material yang bagus. Material yang bagus tentunya mempengaruhi kualitas dari bangunan itu sendiri. Untuk rumah idaman, pastinya kamu ingin mendapatkan rumah yang memiliki pondasi bagus serta kuat bukan?.

  • Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan sangat berpengaruh pada tingkatan kesulitan dan kebutuhan bahan bangunan. Rumah yang lebih mudah dibangun dan tidak memerlukan biaya yang banyak , umumnya rumah yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Untuk bentuk rumah segitiga atau bangunan yang bersudut lainnya, akan memakan biaya yang  tidak sedikit dikarenakan untuk membentuk beberapa sudut atau lengkungan, akan menyisakan banyak bahan material bangunan yang tidak terpakai.

  • Memilih Jasa Bangunan

Walaupun kamu ingin membangun sendiri rumah idaman kamu, tentunya kamu juga butuh jasa tukang bangunan. Jika menginginkan biaya yang murah, kamu bisa memilih jasa borongan. Karena biaya jasa borongan tentunya lebih murah dari biaya jasa kontraktor. 

  • Membangun secara bertahap

Jika uang atau dana kamu kurang, kamu dapat melakukan pembangunan rumah kamu secara bertahap. Kamu dapat memulai dari pembuatan pondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap. Hal tersebut tentunya dapat disesuaikan dengan dana yang kamu punya. Walaupun waktu yang dibutuhkan mungkin lebih lama, namun kamu akan mendapatkan keuntungan seperti kamu lebih fokus di setiap tahap pembangunannya dan dana yang kamu keluarkan pun akan lebih terkontrol.

  • Bahan bangunan local

Dalam membangun rumah, kamu tidak harus menggunakan produksi luar negeri. Bahan produksi dalam negeri pun memiliki kualitas yang bagus. Tentunya harga bahan produksi dalam negeri lebih murah dan dapat menghemat budget kamu.

  • Bahan bangunan bekas

Kamu dapat menggunakan bahan bangunan bekas yang masih bagus kualitasnya. Misalnya rangka jendela atau pintu. Kamu dapat memoles dan mengecat ulang dan hasilnya akan terlihat seperti baru kembali.

  • Ruangan Multifungsi

Membangun banyak ruang tentunya juga akan mengeluarkan biaya yang banyak. Daripada kamu membangun banyak ruang, lebih baik kamu membangun ruangan multifungsi yang bisa digunakan untuk beberapa hal dan kegiatan. Seperti kamu dapat menyatukan ruang makan dan dapur. Kamu juga bisa menggabungkan antara ruang keluarga dan ruang tamu.

Tips Memilih Jasa Pemborong Terpercaya 

Namun kamu harus memilih jasa pemborong yang terpercaya. Beberapa tips memilih jasa pemborong yang bagus dan terpercaya :

  • Kamu dapat memilih jasa pemborong dari rekomendasi-rekomendasi orang yang sebelumnya pernah memakai jasa borongan. Semakin banyaknya rekomendasi , makin terpercayanya jasa borongan tersebut,
  • Kamu dapat melihat dari hasil pembangunan atau renovasi yang jasa pemborong itu kerjakan.
  • Jasa borongan yang baik pasti akan memberikan rincian yang jelas dan tertuang pada Rencana Anggaran Biaya (RAB) sehingga kamu dapat melakukan double cek dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) ini dapat berfungsi sebagai penekan agar tidak terjadi pembengkakan biaya.
  • Jasa borongan yang baik tentunya akan memberikan jaminan atau asuransi bangunan yang telah mereka kerjakan.

Demikian beberapa trik membangun rumah dengan biaya murah. Apakah kamu sudah mendapatkan bayangan seperti apa rumah idaman kamu dan berapa biaya yang akan kamu keluarkan? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Related Posts