Home Tips Trik Hemat Untuk Anak Rantau, Bisa Nabung

Trik Hemat Untuk Anak Rantau, Bisa Nabung

by Lara Nifa

Untuk sebagian orang, hidup jauh dari keluarga itu sudah biasa. Bukan hanya jauh dari keluarga, bukan tempat tinggal jauh dari kota lahir, bisa di luar kota atau di luar negeri sekalipun.Biasanya orang yang seperti ini disebut dengan anak rantau. Tujuan merantau bisa berbeda-beda, ada yang karena kuliah atau bekerja yang mengharuskan hidup sendiri jauh dari keluarga. 

Merantau sendirian, hidup di daerah orang tanpa mengetahui dan mengerti seluk beluk tempat baru mengharuskan anak rantau bisa menghemat dan mengatur keuangan agar masih bisa bertahan hidup. Lebih bagus kalau bisa menyisihkan uang untuk menabung. Nah bagi kamu para perantau lakukan trik ini agar hemat dan bisa nabung! 

Memilih Tempat Tinggal Sewaan yang Murah

Sebagai anak rantau kamu bisa berhemat bahkan sebelum memutuskan tinggal dimana. Kamu bisa mencari tempat tinggal sewaan yang murah. Sehingga biaya pengeluaran pokok bulanan kamu sudah dipangkas dari harga kosan atau kontrakan yang tidak memberatkan. Dengan begitu, uang sisa bayar kontrakan bisa kamu tabung. 

Memang tidak mudah mencari tempat tinggal yang murah, tetapi setidaknya kamu mencari rumah sewaan yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Biasanya rumah sewaan yang murah itu berada jauh dari kampus atau tempat kerja, maka kamu bisa memperhitungkan mana pengeluaran yang lebih merugikan, apakah memiliki tempat jauh dengan sewaan yang murah tapi memerlukan ongkos mahal, atau tempat dekat dengan sewaan yang mahal tapi tidak perlu ongkos. 

Membuat Rencana Anggaran Pengeluaran

Kamu pasti sering mendengar sebuah RAB atau Rencana Anggaran Biaya yang biasa dipakai untuk sebuah acara yang menuliskan berapa jumlah anggaran yang akan dipakai dalam acara tersebut. Kamu juga bisa menggunakan cara ini sebagai upaya menghemat dan mengantisipasi biaya yang tidak harus dikeluarkan sehingga membuat kamu tidak boros. 

Isi dari rencana anggaran pengeluaran ini adalah list pengeluaran kamu selama satu bulan kedepan. Sehingga belanjaan bulanan kamu tidak akan over dan sesuai dengan anggaran biaya yang sudah kamu tetapkan sebelumnya. Kamu juga harus disiplin dengan list yang ada pada anggaran biaya. Karena akan sia-sia saja membuat rencana anggaran kalau kamu tidak disiplin dalam berbelanja. 

Masak Makanan Sendiri

Cara hemat yang paling sulit dilakukan yaitu memasak makanan sendiri, karena membeli makanan yang sudah jadi memang lebih mudah dan simpel daripada memasak makanan sendiri. Tetapi harus kamu tahu kalau membeli bahan makanan lebih murah daripada beli makanan siap saji. Ini harus bisa kamu lakukan jika sungguh-sungguh berniat untuk berhemat. 

Dengan begini, budget uang yang kamu siapkan untuk makan misalnya bisanya Rp. 150.000 ribu rupiah dalam seminggu, bisa berkurang menjadi setengahnya dan uang yang tersisa bisa kamu tabungkan atau belikan kebutuhan penting lainnya. 

Tidak Menggunakan Jasa Laundry

Menggunakan jasa laundry memang sangat membantu pekerjaan kamu. Setelah seharian bekerja akan sangat lelah meluangkan waktu untuk mencuci tumpukan baju kotor sendiri. Jadi jalan keluar nya adalah menggunakan jasa laundry. Tetapi kebiasaan ini sangat jauh dari berhemat, meskipun satu kilo laundry hanya membutuhkan uang 7 ribu rupiah saja, tetapi baju yang kamu laundry bisa berkilo-kilo dalam sebulan. 

Maka akan lebih bijak untuk tidak menggunakan jasa laundry, sebaiknya luangkan waktu mencuci baju setiap hari dengan jumlah yang sedikit-sedikit. Sehingga uang nya bisa kamu pakai untuk kebutuhan lain yang lebih penting. 

Kurangi Keseringan Nongkrong

Kebiasaan yang buruk dalam menggunakan uang adalah sering nongkrong. Dalam setiap kali ngopi kamu bahkan bisa menghabiskan uang sampai 50 ribu rupiah jumlah kan dengan berapa kali kamu nongkrong dalam sebulan, pasti akan menambah pengeluaran kamu semakin membengkak. 

Maka, kurangi kebiasaan nongkrong kamu apalagi di tempat-tempat yang makanannya mahal. Lebih baik uang yang biasa kamu pakai nongkrong bisa kamu pakai untuk membeli stok makanan bulanan atau peralatan dan barang yang dibutuhkan setiap hari. 

Melakukan Pekerjaan Freelance

Jika biaya yang harus keluarkan memang besar dan tidak mencukupi berbagai kebutuhan. Sehingga jangankan untuk menabung, membeli kebutuhan pojok saja susah. Kamu bisa mulai mencari pekerjaan freelance atau pekerjaan paruh waktu yang biasa dilakukan di hari libur atau waktu luang. 

Jadi uang yang kamu dapatkan dari hasil freelance bisa membantu memenuhi kebutuhan dan sisanya bisa kamu sisihkan untuk menabung. 

Nah itu dia beberapa trik hemat untuk kamu para perantau, kamu sebagai anak rantau harus mengerti kondisi keuangan yang dimiliki sehingga dapat menyesuaikan diri untuk dapat bertahan hidup dan bisa menabung agar tidak kesulitan di daerah orang, apalagi jauh dari keluarga. Semoga trik diatas bisa membantu kamu lebih berhemat. 

Related Posts