Home Tips Trik Ajarkan Anak Memahami Pengelolaan Uang

Trik Ajarkan Anak Memahami Pengelolaan Uang

by Lara Nifa

Jika sudah menjadi orang tua maka sudah sebaiknya memberikan pengajaran terbaik agar anak memiliki bekal di kehidupan masa depan yang baik, jadi anak tidak hanya belajar di sekolah tetapi juga harus tetap diberikan pengajaran oleh orang tua secara langsung. Termasuk dalam memberikan ajaran betapa pentingnya mengelola keuangan sejak dini kepada si kecil.

Apalagi, suatu skill tentang pengelolaan keuangan tidaklah bisa diajarkan hanya dengan waktu yang sangat sebentar. Sebab membutuhkan waktu yang tidak sebentar itulah, perlu diberikan pemahaman sejak dini mengenai bagaimana pemahaman pengelolaan keuangan.

Dengan memberikan didikan yang tepat sasaran maka bisa menjadikan anak memiliki bekal kemampuan mengelola uang. 

Cara Untuk Mengajari Anak Mengelola Uang

Supaya bisa menata masa depan dengan baik, emmang sebaiknya memberikan ajaran sejak dini kepada anak. Salah satu hal pentingnya adalah dengan memberikan ajaran tentang mengelola uang terhadap anak. 

Berikut ini adalah trik ajarkan anak agar bisa memahami pengelolaan uang. Yuk intip!

Mengajak Bermain dan Belajar Bersama

Anak pada umumnya akan jenuh jika hanya fokus pada belajar saja namun akan lebih menyenangkan apabila sambil diajak bermain sambil belajar bersama. Bisa dengan mengenalkan uang dengan cara yang menarik dan menyenangkan untuk anak. 

Salah satu contohnya adalah dengan bermain permainan monopoli bersama anak. Dengan begitu bisa perlahan saja memberikan pengertian kepada anak tentang cara mengingat dan mengenal uang.

Tujuan dari permainan monopoli bersama adalah dengan memberikan perkenalan tentang uang, mengajarkan untuk hemat, dan mengajarkan tentang bagaimana prioritas menggunakan uang yang sedang dimiliki saat itu juga.

Mengajarkan Celengan dan Rekening

Selanjutnya bisa menggunakan langkah yang lebih menarik untuk bisa diajarkan untuk anak dengan cara mengajarkan menabung kepada anak. Selain itu, bisa juga dengan memberikan ajaran tentang bagaimana caranya menabung menggunakan celengan ataupun juga bisa dengan tabungan.

Cara ini adalah cara terbaik jika ingin mengajarkan pengelolaan keuangan kepada anak sejak dini. Caranya bisa dimulai dengan memberikan celengan kecil atau besar, asalkan memiliki bentuk celengan yang menarik dan lucu sesuai dengan usia dan kegemaran anak agar suka.

Maka anak akan mudah dan merasa ingin menabung dengan rutin. Terapkan juga langkah ini dengan pelan-pelan tapi pasti. Maka dari itu, bisa membantu anak ketika beranjak remaja menuju dewasa bahwa hendak memiliki rekening bank pribadi. 

Tidak lupa untuk memberikan edukasi keuangan secara sederhana agar mudah dipahami anak tentang dunia keuangan dalam bank. Berikan pengertian tentang bunga, sistem uang yang ada pada bank pada umumnya, transaksi di bank dan lain-lain.

Melibatkan Anak Dengan Bisnis

Jika orang tua sudah memiliki bisnis, bisa juga memanfaatkan momentum tersebut dengan mengajak anak terlibat dalam bisnis yang dimiliki sekaligus memberikan ajaran paling dasar kepada anak tentang bisnis. 

Bisa dikatakan cara melibatkan anak dengan bisnis adalah metode terbaik yang bisa dilakukan untuk melatih anak tentang pengelolaan uang bisnis dari dasar. Bisa dengan cara mengajak anak memberikan ide-ide yang dimiliki anak tentang bisnis yang sedang dikelola orang tuanya.

Sebagai contoh, orang tua memiliki bisnis dalam bidang fashion maka bisa melibatkan anak dengan cara meminta anak untuk coba memberikan ide apa saja yang dimiliki anak, misalnya ide desain atau bahan dan sebagainya.

Dengan mengajak anak terlibat dalam bisnis maka usahakan, orang tua untuk memberikan pengertian tentang apa saja tujuan, kisah pendek dan awal mula memulai bisnis hingga sekarang. Dengan begitu, sudah berkontribusi memberikan manfaat agar anak bisa memberikan kesadaran tentang bisnis dan anak bisa menerapkannya.

Disisi lain, mengajarkan bisnis juga bisa memberikan ajaran tentang memberikan gaji kepada anak tentang hasil dari usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan selama ikut terlibat dan menyumbang ide dalam bisnis yang dikelola orang tua. Dengan begitu, anak akan mudah menghargai kerja keras.

Mengajarkan Kemandirian dengan Uang Jajan

Hal ini juga sangatlah penting untuk anak dalam hal paling dasar yang ada. Apalagi jika ingin melatih anak memiliki tahapan pengelolaan uang dengan baik. Salah satunya cara adalah dengan memberikan uang jajan.

Berikan penerapan dan pengertian tentang kemandirian dari uang jajan yang dimiliki anak dan ajarkan tentang belajar hidup hemat. 

Sebagai contohnya dengan memberikan uang jajan dalam jumlah tertentu dan berikan aturan bahwa anak harus belajar hemat dan bisa mengelola uang yang ia punya. Ajarkan tentang memilih mana saja kebutuhan dan keinginan dari keuangan yang ia punya sampai akhirnya tiba dapat uang jajan lagi.

Apabila sudah berjalan dengan baik maka berikan uang jajan secara bertahap kepada anak. Awalnya berikan uang jajan harian, kemudian jika anak sudah mengalami perkembangan yang baik, maka bisa jadi berikan uang jajan setiap minggu.

Related Posts