Home Tips Trik Agar Konsumen Selalu Loyal Dengan Kamu

Trik Agar Konsumen Selalu Loyal Dengan Kamu

by Lara Nifa

 

Memiliki pelanggan setia pasti sangat menguntungkan bagi kamu yang menjalankan bisnis, baik barang maupun jasa. Meskipun kamu memiliki kompetitor, tetapi jika sudah berhasil membangun hubungan yang baik dengan konsumen yang kelak akan menjadi pelanggan setia, tidak akan merasa khawatir.  

Semakin banyak pelanggan yang setia dengan bisnis yang kamu jalani artinya semakin banyak repeat order. Untuk keberlangsungan bisnismu ini tentu sangat menguntungkan. 

Alasan konsumen tersebut selalu memesan di bisnis kamu bisa saja berasal dari cara kamu melayani konsumen. Ini sebenarnya sangat penting dalam menjalankan bisnis. Kemudahan yang ditawarkan dan saling percaya antara satu sama lain. Meskipun harga barang atau jasamu dengan bisnis lain tidak jauh berbeda, tetapi ada nilai lebih yang tidak konsumen temukan di kompetitor lain. 

Loyalitas pelanggan atau istilah asingnya customer loyalty memang tidak begitu saja bisa kamu dapatkan. Ada beberapa trik yang harus diterapkan agar pelanggan tidak berpaling ke kompetitor yang lain. 

Beberapa trik di bawah ini akan mengajakmu menyelami apa saja yang dapat menarik perhatian pelanggan terhadap bisnismu. 

Jujur

Modal utama dalam berbisnis adalah kejujuran. Sebagai pelaku bisnis, bersikap jujur terhadap pelanggan adalah keharusan. Sikap ini jika diterapkan dalam komunikasi bisnis akan meningkatkan kepercayaan pelanggan kepadamu. Jujur di sini berarti kamu bisa menceritakan soal detail barang, mulai dari kualitas dan perintilan-perintilan. Dengan begitu pelanggan merasa kamu bukan hanya sekadar mencari uang, tetapi berbagi mengenai pengetahuan produk. Misal, bisnis yang kamu jalankan adalah online shop, pelanggan tidak dapat merasakan produk yang dijual. Kamu harus bersikap jujur tentang kualitas bahan dan detailnya. Sekalipun nanti calon pelanggan tersebut tidak membeli produkmu. Tapi sikap jujur akan membuat pelanggan nyaman, suatu waktu bisa saja kembali membeli produkmu.

Kepercayaan

 

Satu hal lagi yang penting dalam berbisnis. Adalah membangun kepercayaan kepada pelanggan. Seseorang yang dikasih kepercayaan tidak boleh menyia-nyiakannya. Sebab jika hal itu terjadi akan berdampak pada larinya pelanggan. Percaya dalam hal ini tidak ada hal yang ditutup-tutupi perkara barang yang dibeli. Apa lagi kalau kamu berniat untuk mempermainkan konsumen, sudah dipastikan akan sulit mendapatkan pelanggan yang loyal. Bangun kepercayaan dengan konsumen.

 

Perkuat Komunikasi

Komunikasi adalah hal terpenting dalam bertransaksi. Komunikasi yang baik mampu menghasilkan pemahaman yang baik. Bahkan bisa menimbulkan keakraban. Misalnya saja, ketika menjalankan bisnismu, kamu berusaha mengingat nama pelanggan. Dengan begitu, pelanggan tersebut merasa lebih dihargai dan lebih dekat. Ramah tamah adalah komunikasi yang juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Bahwa obrolan yang terjallin bukan hanya soal produk dan harga, tetapi hal-hal di luar dari itu pun dibicarakan dengan santai dan nyaman. 

Menghadirkan Loyalty Program

Program ini akan memberikan keutamaan bagi pelanggan. Misal ketika pelanggan sudah mencapai total belanja sesuai dengan ketentuan bisnis, maka mereka akan mendapatkan poin yang kemudian bisa ditukarkan dengan produk bisnismu secara gratis. Memberikan diskon dari poin-poin yang dikumpulkan juga dapat jadi satu bagian dalam loyalty program ini. Contoh, sebuah minimarket akan mengeluarkan member card yang diperuntukkan kepada pelanggannya. Ketika pelanggan tersebut belanja dengan nominal tertentu, mereka akan mendapatkan poin. Pihak minimarket akan menentukan jika pelanggan sudah mencapai jumlah poin tertentu akan mendapat hadiah. Hal ini bisa dikatakan efektif untuk membangun loyalty customer. 

Tingkatkan Performa Karyawan

Poin ini jika bisnis yang kamu jalankan memiliki toko fisik. Terkadang kekesalan pelanggan tidak pada pemiliknya, tetapi pada karyawan di bawahnya. Karyawan kamu perlu diberi training agar visi misi bisnis kamu dapat berjalan dengan baik. Misal kamu harus meningkatkan keramahtamahan karyawan, cepat tanggap dalam melayani pelanggan, memberikan senyuman yang ikhlas dan tidak terlihat malas saat bekerja. 

Jika dari pemilik perusahaan sampai karyawannya memiliki cara yang sama dalam melayani pelanggan, kemungkinan besar pelanggan lebih memilih belanja di tempatmu ketimbang tempat yang lain karena mereka benar-benar merasa dilayani. 

Tingkatkan Kualitas Produk atau Jasa

Meningkatkan loyalitas pelanggan bukan hanya dari hospitality saja, tetapi pelanggan juga akan melihat bagaimana kualitas dari produk kita. Mereka juga memiliki standar produk yang mereka inginkan. Jika di tempatmu tidak menyediakan hal tersebut pelanggan bisa berpaling ke kompetitor. 

Tingkatkan kualitas produk, mulai dari pemilihan bahan yang memiliki ketahanan atau kualitas terbaik. Jika kamu berbisnis berkaitan dengan produk kemasan, Selain mencantumkan apa yang harus ada pada kemasan kamu juga harus memilih bahan kemasan yang bagus atau terbaik. Dari sini nilai produkmu akan meningkat. Jika kamu berbisnis jasa, tingkatkan kualitas jasa kepada pelanggan. Permudah proses pembayaran dan permudah proses pengiriman.

Modal yang kamu keluarkan sebanding dengan pelanggan yang repeat order ke produk atau jasamu. 

 

Related Posts