Home Tips Transformasi Usaha Kecil Jadi Bisnis Besar

Transformasi Usaha Kecil Jadi Bisnis Besar

by Lara Nifa

Anda pasti tidak asing lagi jika mendengar Kalbe Farma ? Salah satu perusahaan yang bergerak di industri farmasi dan obat-obatan terbesar di Indonesia. Namun siapa sangka, Kalbe Farma berangkat dari usaha skala kecil rumahan yang dimulai di sebuah garasi. Kini, eksistensinya sudah tidak diragukan lagi dan semakin berkembang pesat.

Masih banyak perusahaan-perusahaan besar yang berawal dari usaha kecil dengan modal terbatas namun berhasil bertranformasi. Semua itu berkat perjuangan dan kegigihan untuk terus maju meskipun menghadapi kegagalan berkali-kali. Untuk membesarkan dan mengembangkan sebuah usaha dibutuhkan strategi yang tepat dan harus melalui proses yang panjang.

Upaya Menumbuhkan Usaha Kecil Menjadi Besar

Jika saat ini Anda sedang merintis usaha kecil-kecilan, mulailah dari sekarang untuk membuat gebrakan agar usaha Anda terus berkembang dan menjadi bisnis besar. Berikut cara yang dapat Anda terapkan untuk mewujudkannya.

  1. Melakukan Diversifikasi Produk

Kondisi zaman yang terus berkembang dari tahun ke tahun, membuat kebutuhan manusia juga selalu ikut berubah. Untuk dapat menarik lebih banyak konsumen, Anda harus beradaptasi dengan perubahan itu. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan diversifikasi produk.

Anda bisa melakukan berbagai inovasi untuk memperbaharui produk sebelumnya atau menambah lini produk baru. Misalnya, jika saat ini Anda fokus menjual pakaian bayi size newborn, maka Anda dapat mulai menambah stok pakaian dengan berbagai macam ukuran hingga 5 tahun. Dengan begitu, produk Anda dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi.

 2. Pertahan Pelanggan Loyal

Mendatangkan konsumen baru sebanyak-banyaknya bukan menjadi satu-satunya upaya untuk mengembangkan usaha. Loyalitas pelanggan lama juga harus dipertahankan. Karena produk Anda tentu sudah mendapat tempat tersendiri bagi para pelanggan lama.

Dengan mempertahankan pelanggan yang loyal, lebih mudah bagi Anda untuk membuat mereka melakukan pembelian produk secara berulang. Sebab, mereka sudah percaya akan kualitas dari produk Anda.

Lain halnya dengan konsumen baru yang sama sekali belum pernah membeli dan mencoba produk Anda. Hal itu menjadi tantangan bagi Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari para konsumen baru dan pastinya lebih membutuhkan biaya promosi yang banyak.

3. Ubah Menjadi Bisnis Franchise Atau Waralaba

Menerapkan sistem waralaba ke dalam usaha kecil Anda adalah langkah yang tepat untuk membuat usaha yang Anda jalankan menjadi lebih besar. Bukan hanya Anda yang akan mendapatkan keuntungan besar melalui sistem kemitraan ini, tetapi juga orang-orang yang menjadi mitra bisnis Anda.

Usaha kecil Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi dengan memberlakukan sistem waralaba. Tanpa perlu mengeluarkan biaya operasional untuk membuka cabang, usaha Anda sudah terdapat di mana-mana.

4. Memperbaiki Strategi Pemasaran

Jika omzet usaha Anda menurun atau stagnan, segera lakukan evaluasi pada strategi pemasaran yang dilakukan selama ini. Anda dapat mengoptimalkan digital marketing  yang sedang eksis seperti sekarang ini sebagai sarana untuk memasarkan produk Anda.

Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat secara digital. Melalui instagram, misalnya, Anda dapat memanfaatkan fitur Instagram Shopping yang belum lama ini diluncurkan atau dengan menggunakan fitur ads. Selain itu, mulailah untuk membuat konten yang menarik dengan mengikuti tren yang ada. Dengan begitu,  usaha Anda semakin berpeluang untuk berkembang serta dapat meningkatkan penjualan produk.

5. Tingkatkan Kualitas Pelayanan 

Seberapa pun menariknya produk yang Anda jual, jika tidak dibarengi dengan kualitas pelayanan yang baik maka akan sulit untuk membuat usaha Anda berkembang. Setiap konsumen pasti ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik saat berbelanja. Untuk itu, Anda harus meningkatkan kualitas pelayanan mulai dari sebelum konsumen melakukan pembelian maupun setelah pembelian.

Kebanyakan konsumen pasti akan  menanyakan berbagai hal mengenai informasi produk sebelum melakukan pembelian. Misalnya, ketersediaan produk, detail ukuran, spesifikasi dan lain sebagainya. Dan setelah itu, sangat mungkin bagi konsumen untuk  melakukan komplain. Di sinilah pelayanan Anda terhadap konsumen diuji. Karena jika komplain tidak teratasi dengan baik, kemungkinan besar usaha Anda akan mendapatkan masalah baru.

6. Kelola Keuangan Perusahaan Dengan Tepat

Pengelolaan keuangan yang tepat sangat penting untuk dilakukan setiap usaha berskala kecil maupun besar. Apalagi bagi usaha yang sedang berkembang untuk menjadi bisnis besar, diharuskan pengelolaan keuangan yang baik.

Menjaga arus kas agar tetap lancar, wajib Anda lakukan sehingga kemungkinan keuangan perusahaan akan mengalami defisit lebih kecil. Pastikan Anda dapat mengelola utang-piutang dan biaya operasional bisnis. Dan satu hal lainnya yang penting dilakukan yaitu siapkan dana cadangan untuk menghadapi kondisi tak terduga. Upaya ini sangat berpengaruh bagi keberlangsungan usaha Anda sehingga lebih mudah bagi Anda nantinya untuk mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih besar.

Itulah beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk membawa usaha kecil yang Anda miliki menjadi bisnis yang besar.

Related Posts