Home Tips Tips Untuk Tetap Liburan Akhir Tahun yang Aman Bagi Keuangan 

Tips Untuk Tetap Liburan Akhir Tahun yang Aman Bagi Keuangan 

by Lara Nifa

Saat akhir tahun tiba berarti saat yang tepat untuk menikmati liburan bersama dengan orang tersayang. Pada akhir tahun memang momen yang tepat untuk berbagai wahana liburan menawarkan tempat bermain atau hiburan yang menyenangkan. Tradisi berlibur saat akhir tahun ini seperti sudah menjadi kebiasaan masyarakat karena memanfaatkan hari libur panjang karena tidak setiap bulan momen ini terjadi, hanya bisa dinikmati setiap akhir tahun di bulan Desember. Apalagi liburan berbarengan dengan perayaan hari natal yang sangat meriah. 

Tetapi sayangnya tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama untuk bisa menikmati hari libur. Sebagian masyarakat lebih tidak memiliki kondisi keuangan yang baik pada saat akhir tahun tiba. Sehingga tidak bisa merasakan momen akhir tahun dengan liburan yang mewah atau bersenang-senang dengan menggunakan uang banyak. Kondisi seperti ini lah yang membuat sebagian masyarakatnya mencari cara untuk tetap liburan akhir tahun yang aman bagi keuangan. 

Nah tulisan ini akan membantu kamu mengetahui tips untuk tetap liburan akhir tahun yang aman bagi keuangan. Sehingga kamu gak perlu sedih karena kondisi keuangan saat ini sedang memburuk. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan. 

1. Pilihlah Tempat Liburan Wisata yang Jarang Dikunjungi Banyak Orang

Sebagian besar masyarakat senang sekali berlibur di saat akhir tahun, karena bertepatan dengan liburan hari natal dan tahun baru. Banyak masyarakat yang tergiur juga dengan tempat wisata yang ramai dikunjungi. Seperti misalnya tempat bermain anak di mall, pantai dan puncak biasanya banyak diminati oleh masyarakat saat akhir tahun. Padahal tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh orang biaya yang ada di dalamnya sangat mahal karena ramai pengunjung. 

Nah sebagai solusi untuk kamu yang ingin liburan tapi aman bagi keuangan, kamu bisa memilih tempat liburan wisata yang jarang di kunjungi banyak orang. Misalnya wisata alam di pedesaan dan tempat lainnya yang banyak yang belum diketahui. 

2. Mencari Diskon Paket Liburan Keluarga Beserta Transportasinya

Saat liburan tiba pasti kamu ingin menikmati nomen itu bersama keluarga tercinta, tetapi berlibur dengan keluarga dengan jumlah anggota yang banyak menjadi beban yang besar untuk keuangan yang kamu memiliki. Kamu harus bisa mengatur untuk tetap mengajak keluarga kamu liburan tetapi tidak menghabiskan uang yang banyak. 

Maka kamu bisa mencari diskon paket liburan keluarga yang lengkap bersama transportasi nya. Dengan begitu kamu bisa tetap liburan dengan keluarga tercinta meskipun dengan budget yang tidak terlalu banyak. 

3. Membawa Stok Makanan dan Minuman Saat Pergi Ke Tempat Wisata

Saat kamu berlibur ke tempat wisata, pasti sering menemukan harga makanan dan minuman yang sangat mahal. Biasanya para pedagang di berbagai tempat wisata memanfaatkan momen liburan dengan menjual makanan dan minuman dengan harga yang tidak wajar. Misalnya jika biasanya harga minuman hanya sekitar Rp. 5.000 rupiah tetapi di tempat wisata yang ramai pengunjung bisa mencapai Rp. 10.000 rupiah lebih mahal. 

Mala dari itu, sebaiknya kamu membawakan stok makanan dan minuman saat pergi ke tempat wisata. Hal ini sebagai upaya untuk kamu meminimalisir pengeluaran sehingga keuangan kamu tetap aman meskipun berlibur di tempat wisata yang ramai pengunjung. 

4. Membuat Daftar Apa saja Yang akan  Dilakukan Saat Liburan

Biasanya liburan adalah sebuah kegiatan yang dapat membebaskan kamu dari segala jenis beban yang sebelumnya kamu rasakan setelah bekerja setahun penuh. Tetapi kamu harus tahu bahwa kebebasan juga harus dibatasi saat liburan. Kamu tetap harus membuat daftar apa saja yang akan dilakukan saat liburan agar kegiatan kamu tidak terlalu mengeluarkan banyak uang. 

Jadi kamu harus bisa membuat daftar kegiatan liburan yang sudah di tulis dengan budgeting sesuai dengan kemampuan kamu mengeluarkan uang. Dengan begitu kamu tidak akan seenak memakai uang untuk kebutuhan yang tidak terlalu dibutuhkan untuk liburan. 

5. Menyiapkan Budget yang Sesuai Dengan Kemampuan

Menyiapkan budget yang sesuai dengan kemampuan keuangan kamu adalah salah satu yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk berlibur meskipun kamu tidak memiliki uang. Sehingga akibatnya kamu akan di buat kebingungan karena misalnya sudah meminjam uang dan harus dibayarkan setelah liburan berakhir. 

Nah itu dia tips untuk tetap liburan akhir tahun yang aman bagi keuangan, dari tulisan ini kamu bisa melihat bahwa ternyata liburan juga bisa dilakukan secara hemat. Tergantung seperti apa dan bagaimana cara liburan kamu. Jika kamu merasa bahwa keuangan kamu sedang tidak baik-baik saja berarti kamu harus menyesuaikannya budget liburan dengan kondisi keuangan kamu. Jangan sampai memaksakan diri untuk bisa liburan mewah tapi menggunakan uang pinjaman atau malah menyusahkan orang lain. 

Jadi semoga liburan akhir tahun kamu tetap menyenangkan meski hemat dan semoga informasi dalam tulisan ini bisa lebih membantu kamu mendapatkan solusi terbaik. 

Related Posts