Tips Untuk Hemat Pengeluaran Saat Berlibur Sendirian 

  Tentunya sering melakukan traveling adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena, selain kamu dapat memperoleh pengalaman dan teman baru, traveling pun sangat berguna untuk menghempaskan

Lara Nifa

[addtoany]

 

Tentunya sering melakukan traveling adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena, selain kamu dapat memperoleh pengalaman dan teman baru, traveling pun sangat berguna untuk menghempaskan stress karena pekerjaan. 

Tidak hanya itu, travelling pun dapat dilakukan dengan hemat. Asalkan kamu tahu trik nya, sehingga sudah dijamin pasti kamu dapat melakukan travelling dengan hemat tetapi biaya nya murah dan tetap berkualitas. Ingin tahu caranya? Di bawah ini cara hemat pengeluaran ketika berlibur sendirian. 

Langkah-Langkah Liburan Hemat 

Untuk kamu yang ingin berlibur tetap tetap berhemat, kamu bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini untuk menghemat pengeluaranmu selama liburan. 

1. Buat plan perjalanan secara detail 

Sebelum kamu melakukan travelling, ada baiknya membuat plan perjalanan secara detail lebih dulu. Misalnya, seperti membuat rencana budget pengeluaran, rute dan jenis transportasi yang ingin digunakan sampai tempat wisata yang akan kamu kunjungi saat liburan di negara atau daerah yang kamu tuju. 

Dengan membuat plan perjalanan secara detail, kamu dapat memperkirakan berapa besar budget yang perlu dikeluarkan guna melakukan travelling ini. Tidak hanya itu, bila pengeluarannya kamu rasa sangat besar, kamu pun dapat menyesuaikan rencana supaya menjadi lebih hemat. 

Tentunya keuntungan dari penghematan ini tidak dapat kamu peroleh jika hanya mengandalkan spontanitas ketika ingin traveling. Oleh karena itu, buat plan perjalanan ini sejak jauh-jauh hari, ya! 

2. Manfaatkan penginapan murah 

Bagi kamu yang ini berlibur dengan hemat, kamu dapat memilih hotel bintang satu atau homestay untuk menginap. Apalagi bila kamu hanya singgah atau transit untuk satu atau dua malam saja. 

Dibandingkan menginap di hotel berbintang yang memiliki budget tinggi, bukankah akan lebih baik bila kamu menghemat uang mu untuk kebutuhan lainnya ketika travelling? 

3. Minta diskon 

Ketika kamu sedang berlibur, jangan pernah malu atau takut untuk meminta diskon. Di sebagian negara Asia, kamu dapat menawar untuk berbagai hal, seperti menawar harga transportasi, makanan sampai tempat penginapan seperti homestay, hotel dan lainnya. 

Manfaatkan hal ini untuk menekan pengeluaran mu selama berlibur. Jangan lupa untuk selalu bandingkan harga dari toko satu ke yang lainnya, begitu pula dengan hotel dan transportasi agar kamu mendapatkan harga yang murah. 

4. Manfaatkan kode promo dan diskon 

Saat ingin travelling sendiri, sekarang ini tidak sedikit penawaran kode promo dan diskon yang dapat kamu pakai untuk menekan pengeluaran mu. Contohnya diskon harga tiket pesawat, transportasi ke bandara, kamar hotel, sampai penawaran promo makanan pada restoran tertentu. 

Hal tersebut menjadi salah satu cara guna memperoleh kode promo, diskon sampai cashback dari pembelian tiket pesawat dan lainnya. Sebagai catatan, jika ingin mendapatkannya, kamu harus mengecek secara berkala agar tidak kehabisan. 

5. Pakai kartu museum

Apabila kamu senang berkunjung ke berbagai museum, maka kamu dapat memakai kartu museum demi menghemat pengeluaran ketika travelling. Seperti, di Istanbul, Turki, kamu dapat membeli dua jenis kartu museum yakni untuk paket 3 hari dan paket 5 hari. 

Dengan mempunyai kartu museum ini, kamu dapat mengunjungi beberapa museum yang ada di Istanbul secara gratis. Tidak hanya di Turki, kamu pun dapat membeli kartu museum di sejumlah negara lain, misalnya Belanda. 

6. Masak sendiri 

Jika persoalan yang satu ini rasanya tidak harus ditanyakan lagi, bukan? Masak sendiri sudah pasti lebih hemat daripada membeli makanan di cafe atau restoran. Apabila kamu ingin berlibur sendiri dengan biaya terbatas, ada baiknya kamu memakai cara ini guna menghemat pengeluaranmu. 

7. Terbang dan mendarat pada bandara besar 

Tips yang satu ini bisa jadi hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya. Tetapi, dikutip dari website askd askd terbang terbang dan mendarat pada bandara besar umumnya akan dikenakan biaya tiket pesawat yang lebih murah daripada terbang dan mendarat di bandara kecil atau lokal. 

Contohnya, untuk sampai ke Nice yang ada di Italia, ternyata akan jauh lebih murah bila kamu naik pesawat ke Milan dan melanjutkannya menggunakan kereta api untuk sampai ke Nice. 

8. Manfaatkan promo makan siang pada pukul 14.00-17.00 

Sesudah jam makan siang, umumnya sebagian restoran akan sepi pengunjung. Lalu, biasanya hal ini terjadi pada pukul 14.00-17.00 waktu setempat. Oleh karena itu, kerap kali pihak restoran juga akan memberikan promo makan untuk pelanggan di jam-jam tersebut. 

Nah, bila kamu lebih jeli maka kamu bisa memperoleh restoran yang seperti itu, ada baiknya kamu memanfaatkan promo makan siang ini. Tentunya hal tersebut dapat menghemat pengeluaran kamu selama travelling, bukan? 

Nah, sesudah kamu mengetahui tips untuk hemat pengeluaran saat berlibur sendirian ini, tentunya kamu bisa menerapkan tips ini ketika besok berlibur sendirian di dalam negeri maupun ke luar negeri. 

 

Related Post