Home Tips Tips Terhindar dari Jebakan KTA Ilegal

Tips Terhindar dari Jebakan KTA Ilegal

by Lara Nifa
jebakan KTA

Anda sering menerima pesan singkat yang menawarkan kredit tanpa agunan dari nomor yang tidak dikenal? Jangan mudah tergiur, bisa jadi itu pinjaman ilegal. Meskipun syaratnya tampak mudah, tawaran tersebut bisa menjadi jurang bagi Anda yang membutuhkan uang. Ini adalah aksi penipuan berkedok pinjaman ilegal yang marak terjadi di Indonesia. Seharusnya Anda dapat lebih waspada dan sebisa mungkin menghindarinya.

Agar terhindar dari jebakan KTA ilegal, perhatikan beberapa karakteristik berikut ini. Mudah kok dikenali.

Jauhkan Diri dari Pinjaman KTA Ilegal

Kredit tanpa agunan atau jaminan merupakan salah satu produk bank yang disediakan untuk membiayai berbagai kebutuhan nasabah yang ingin membiayai pendidikan, modal usaha atau kerja, renovasi rumah, dan lain sebagainya. Menurut situs sikapiuangmu.ojk.go.id, ada beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh produk pinjaman satu ini. Seperti plafon kredit yang bisa disesuaikan kemampuan bayar dan kebutuhan keuangannya. Metode pelunasan pun fleksibel, bisa dicicil setiap bulan sesuai tanggal yang ditentukan. Masa tenor juga beragam, paling cepat saat bulan.

Dana kredit tanpa agunan ini bisa Anda pakai untuk berbagai keperluan. Pembayarannya nanti bisa dilakukan secara tunai atau transfer antar bank. Berikut ini beberapa karakteristik dari KTA yang perlu diketahui:

  •       Membebaskan nasabah dari jaminan
  •       Total kredit bisa diambil tunai
  •       Dapat dipakai untuk macam-macam keperluan
  •       Proses kredit lebih mudah dan cepat
  •       Biaya administrasi serta provisi yang di debet otomatis dari rekening nasabah
  •       Bisa diajukan oleh profesional, wiraswasta, hingga karyawan.
  •       Perhitungan bunga sesuai kebijakan masing-masing bank, dan tidak lebih besar dari suku bunga BI.

Kalau ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan yang aman terpercaya, sebaiknya Anda telah memperhatikan beberapa hal berikut agar terhindar dari jebakan KTA ilegal.

Cek Nomor Pengirim SMS

Kalau tawaran KTA diperoleh dari SMS, Anda bisa mengecek nomor pengirim terlebih dahulu. Dalam praktiknya fintech atau bank yang beroperasi legal jarang menawarkan pinjaman via SMS. Kalaupun ada pasti menggunakan nomor unik yang hanya terdiri dari 3-6 digit anga. Kalau Anda menerima SMS dari nomor umum, lebih baik dihapus karena mengindikasikan penipuan. Blokir saja nomor tersebut agar tidak mengganggu.

Walaupun demikian, pihak OJK sendiri mengatakan bahwa saat ini KTA ilegal beroperasi dengan satu kali sms ke nomor konsumen. Jadi upaya pemblokiran nomor sebetulnya sia-sia saja. Solusi terbaiknya adalah mengganti nomor baru.

Memastikan Legalitas Status KTA

Saking banyaknya pihak yang menawarkan produk tanpa agunan di Indonesia membuat nasabah bingung harus mengajukan pinjaman dimana. Namun satu hal yang harus dilakukan pertama kali ketika berencana menggunakan produk KTA adalah mengecek legalitas status dari pihak yang menawarkan. Waspada dan berhati-hatilah terhadap modus penipuan, jangan mudah percaya kalau ingin selamat dari jebakan KTA ilegal.

Status legal tidaknya bisa di cek langsung di situs resmi OJK. Lembaga pengawas keuangan tersebut selalu memperbaharui informasi pinjaman bank dan fintech yang beroperasi di Indonesia setiap bulannya.

Tak Tergiur dengan Iming-iming Pinjaman Tanpa Syarat

Salah besar jika Anda percaya dengan tawaran tersebut. Ini adalah modus yang selalu digunakan KTA ilegal dalam menjaring nasabah baru. Semendesak apapun kondisi keuangan Anda, tetaplah berpikir dengan tenang. Ambil keputusan dengan bijak dan kalau sampai harus meminjam uang, maka lakukan di tempat yang terpercaya.

Sekarang ini banyak kok pinjaman tanpa agunan dengan syarat mudah. Namun bukan berarti pinjaman Anda langsung disetujui seketika, karena pihak penyedia KTA juga perlu melakukan analisis terhadap kemampuan membayar. Paling tidak mereka akan meminta Anda menyerahkan bukti identitas, NPWP, slip gaji, dan dokumen penunjang lainnya yang bersifat penting. Dan ingat, jangan serahkan data-data pribadi pada pihak yang belum terbukti jelas status legal atau tidaknya.

Menggunakan Aplikasi yang Tersedia Resmi App Store atau Play Store

KTA kini dapat diajukan melalui aplikasi hp. Kalau sudah legal biasanya aplikasi tersebut tersedia di playstore dan app store. Namun sebelum menggunakan, sebaiknya Anda tetap mengecek kembali syarat dan ketentuan yang ditetapkan penyelenggara pinjaman. Hindari KTA dengan biaya besar, karena kemungkinan ini operasi dari kredit ilegal yang belum terdaftar OJK.

Dampak Menggunakan Aplikasi KTA Ilegal

Ada beberapa dampak besar yang berisiko membahayakan nasabah kalau masih nekat mengajukan KTA ilegal. Antara lain yakni:

  •       Pencurian data pribadi, mulai dari kontak teman, gambar dalam galeri dan sebagainya.
  •       Dikejar-kejar debt collector saat gagal bayar angsuran. Mereka akan melakukan berbagai cara supaya Anda mengembalikan pinjaman beserta bunga yang besar. Bahkan sampai meneror orang-orang sekitar, loh.
  •       Sengaja menawarkan bunga rendah di awal namun berikutnya menaikkan bunga sesuka hati. Mirip cara kerja lintah darat, hanya saja beroperasi secara online.

Semoga tips-tips di atas membantu Anda terhindar dari jebakan KTA ilegal yang saat ini marak beroperasi di Indonesia. Jadi jangan sembarang pilih, cek dulu statusnya, kemudian rekam jejak dan review nasabah. Ini dapat menyelamatkan diri Anda dari kerugian.

Related Posts