Home Bisnis dan Usaha Tips Sukses dalam Merintis Bisnis Online

Tips Sukses dalam Merintis Bisnis Online

by Lara Nifa
sukses bisnis online

Dua tahun sudah pandemi Covid-19 terjadi di seluruh dunia. Dan kita tahu bahwa semakin lama pandemi ini menyebabkan banyak sektor terdampak. Dimulai dari segi kesehatan kemudian melebar  mempengaruhi pertumbuhan ekonomi juga. Banyak pelaku usaha kecil hingga perusahaan besar mengalami kerugian bahkan harus gulung tikar. Keadaan tersebut pun akhirnya juga berpengaruh pada para karyawannya, seperti tidak diberikan gaji sama sekali atau sampai berakhir dengan PHK besar-besaran. 

Keadaan tersebut sudah pasti menambah jumlah pengangguran dan tidak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk menyambung hidup dengan memulai bisnis. Di masa pandemi ini himbauan untuk mengurangi kegiatan tatap muka dan jaga jarak sangat diperhatikan. Hal itu menjadi salah satu faktor orang yang ingin memulai bisnisnya secara online ditambah lagi sekarang semua serba digital. Bisnis online bisa diwujudkan dalam berbagai jenis seperti website, blog, platform belanja online, dan juga social media. Keuntungan dalam menjalankan bisnis online pun sangat banyak, contohnya saja tidak banyak pengeluaran dari sewa tempat atau operasional. Kita hanya fokus pada biaya pemasarannya. 

Namun, untuk memulainya kita perlu memiliki langkah dan tips yang tepat agar terus berkembang. Ingin mencoba tapi masih ragu dan takut gagal ? Mari kita bahas tips sukses dalam merintis bisnis online!

Memilih model bisnis

Sebelum memulai suatu usaha, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan model bisnis yang akan digunakan. Secara tidak langsung, model bisnis akan membantu kita dalam mengidentifikasi sebuah produk, target pasar, hingga anggaran yang diperlukan. Kita sering mendengar istilah reseller dan dropship, itulah model bisnis yang paling populer digunakan saat ini dalam bisnis online. 

Masing-masing model mempunyai keunggulan dan kelemahannya, sehingga setiap detailnya memang perlu diidentifikasi agar bisa disesuaikan dengan kemampuan pelaku bisnis itu sendiri. Ketika sudah memilih model yang tepat maka bisnis yang dijalankan pun bisa mendatangkan profit yang besar.

Tentukan target pasar

Langkah selanjutnya yaitu menentukan calon konsumen yang sesuai dengan produk yang kita jual. Lakukanlah riset terlebih dahulu untuk memahami masalah apa saja yang terjadi di luar sana, kemudian kita bisa merespon dalam bentuk ide suatu bisnis. Bisa juga dengan mencari informasi di berbagai social media barang apa saja yang paling banyak dicari atau sedang menjadi tren. 

Selain itu, kita bisa membuat survey pasar atau bergabung di sebuah forum seperti Female Daily jika kita berniat ingin menjual produk skincare atau makeup dan hal lainnya yang mendukung kita untuk menentukan target pasar. Ketika kita melakukan riset pasar dan lebih bijak dalam membuat target konsumen secara spesifik, bisa dipastikan bisnis online yang dijalankan bakal berjalan sukses sesuai dengan yang kita harapkan. 

Menganalisa pesaing

Ketika kita ingin memulai bisnis, pelajari dahulu para pesaing atau kompetitor kita. Mencari tahu apa kelebihan mereka, bagaimana cara mereka dekat dengan konsumen sampai apa yang belum mereka lakukan. Kita bisa mulai dengan mengunjungi website atau platform yang mereka gunakan untuk menawarkan produknya. Dengan begitu kita sudah bisa mendapatkan banyak informasi misalnya bagaimana foto produk yang ditampilkan, apa saja promosi yang ditawarkan dan juga seperti apa bentuk komunikasi mereka kepada konsumen.

Selain itu, mengamati review dari pelanggan mereka pun juga bisa membuat kita tahu apa yang menjadi kelebihan maupun kekurangan pesaing. Langkah ini sangat penting dilakukan agar kita tidak salah dalam menentukan strategi saat ingin memulai bisnis online.

Tetapkan produk yang akan dijual

Banyak sekali pilihan untuk menentukan produk yang akan kita jual,  bisa berupa barang maupun jasa namun yang paling utama adalah kita harus paham dengan produk tersebut. Pahamilah sedetail mungkin karena bagaimana kita bisa menawarkan kepada orang lain jika kita tidak mengenal betul apa yang mau dijual. 

Hal itu akan jauh lebih mudah dilakukan lagi apabila produk itu merupakan salah satu yang menjadi minat atau passion kita. Dan apapun pilihannya, antara barang atau jasa yang akan kita jual harus punya unique selling points (UPS) untuk bisa bersaing dengan kompetitor. 

Pasarkan produk dengan strategi yang tepat

Sebelum memasarkan produk yang akan dijual, perlu adanya strategi yang tepat agar sesuai dengan target pasar yang sudah kita tentukan. Tentukan platform apa yang akan digunakan untuk memasarkan produk. Bisa melalui media sosial seperti instagram, facebook atau marketplace e-commerce bahkan kita pun juga bisa membuat website resmi. Namun, sebelumnya kita harus mempelajari dahulu platform tersebut sehingga tidak membuat kita kesulitan dalam mengelolanya. 

Itulah tadi beberapa tips sukses merintis bisnis secara online. Langkah-langkah di atas bisa menjadi referensi dan inspirasi kalian yang ingin memulai bisnis dari nol. 

Related Posts