Home Administrasi Tips perpanjang SIM Keliling Terkini, Mudah dan Cepat

Tips perpanjang SIM Keliling Terkini, Mudah dan Cepat

by Greg Pascal
SIM keliling

Apakah Anda punya SIM? Jika iya, tentu Anda sudah tahu bahwa SIM memiliki masa berlaku selama lima tahun yang harus Anda perpanjang. Ada beberapa cara untuk memperpanjang SIM, salah satunya adalah dengan menggunakan SIM keliling. Layanan SIM keliling sendiri adalah layanan perpanjangan SIM yang disediakan pihak Polri, sehingga Anda tidak perlu lagi datang ke Samsat. Namun, tidak semua SIM bisa diperpanjang di layanan SIM keliling. Pelayanan SIM keliling hanya melayani SIM A dan SIM C saja. Lantas apa saja syarat perpanjangan SIM keliling? Simak penjelasan berikut ini.

Dengan SIM keliling anda tidak perlu mengantri lama, karena pelayanan ini hadir di setiap daerah bahkan kecamatan. bagi anda yang ingin memperpanjang masa aktif SIM, maka bisa datang langsung ke posko SIM keliling yang sudah ditentukan, baik itu lokasinya dan jadwal kehadiran pelayanan tersebut.

Cara Perpanjang SIM

1. Persiapkan Syarat untuk Perpanjangan SIM

Sebelum melakukan perpanjangan SIM, Anda harus menyiapkan syarat yang dibutuhkan lebih dahulu agar perpanjangan SIM Anda berhasil. Adapun syarat yang dibutuhkan dalam perpanjang SIM melalui SIM keliling tidak jauh berbeda dengan yang ada di Samsat. Anda hanya perlu menyiapkan fotocopy SIM lama Anda sebanyak satu lembar, fotocopy KTP serta SIM dan KTP yang asli.

2. Datang ke Lokasi SIM Keliling

Langkah berikutnya adalah datang ke lokasi SIM keliling terdekat Anda. Usahakan datang lebih awal agar Anda tidak perlu mengantri lama. Apabila Anda tidak tahu dimana lokasi SIM keliling, Anda bisa mencarinya di website seperti https://www.jadwalsimkeliling.info/. Disana akan Ada jadwal SIM keliling beserta lokasinya. Anda tinggal memilih mana yang ingin Anda datangi.

3. Mengisi Data Diri

Setelah Anda sampai di lokasi SIM keliling, Anda harus nengantre hingga giliran Anda tiba. Setelah itu, serahkan berkas yang Anda bawa dan mengisi formulir data diri yang diberikan. Isilah formulir tersebut dengan benar. Jangan lupa untuk mengecek kembali setelah mengisi data.

SIM keliling

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Melakukan Tes Psikologi

Tahap selanjutnya adalah melakukan tes psikologi. Tidak perlu khawatir, karena tes psikologi tersebut sudah disediakan oleh petugas. Anda tinggal melakukan tes dan menunggu bukti telah menyelesaikan tes psikologi. Nantinya, bukti tersebut Anda serahkan kepada petugas bersama formulir yang telah Anda isi sebelumnya.

Tes psikologi dilakukan untuk menghindari adanya orang yang punya gangguan mental. Sehingga bisa menjamin keselamatan pengendara dan pengguna kendaraan lain. Ada beberapa hal yang akan dites, yaitu kemampuan konsentrasi, kecermatan, stabilitas emosi, pengendalian diri, penyesuaian diri dan ketahanan. Ada delapan belas soal yang akan diberikan kepada pemohon perpanjangan SIM. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes ini adalah lima belas menit.

5. Cek Kesehatan

Selesai dengan tes psikologi, Anda harus melakukan tes kesehatan. Sama seperti tes psikologi, tes kesehatan juga sudah disediakan oleh petugas. Adapun yang di tes adalah penglihatan, pendengaran dan juga fisik. Untuk melewati tes ini, Anda harus memiliki penglihatan yang sehat, tidak rabun jauh dan tidak buta warna. Di tes pendengaran, Anda wajib punya kemampuan mendengar bisikan dari jarak 20 cm. Sementara untuk tes fisik, hanya akan diukur tekanan darah saja.

6. Mengambil Foto

Jika Anda dinyatakan lulus dari tes kesehatan, proses selanjutnya adalah pengambilan foto yang dilakukan di dalam mobil SIM keliling. Setelah selesai foto, Anda harus menunggu beberapa saat sampai SIM Anda yang baru selesai dicetak.

7. Melakukan Pembayaran

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan sebelum membawa SIM Anda pulang adalah melakukan pembayaran. Untuk SIM A, biaya yang dikenakan adalah delapan puluh ribu sementara SIM C adalah tujuh puluh lima ribu. Selain itu Anda akan dikenakan biaya tes yang sudah Anda lakukan. Tes kesehatan membayar sebesar dua puluh lima ribu, tes psikologi tiga puluh lima ribu dan asuransi tiga puluh ribu rupiah. Setelah selesai melakukan pembayaran, maka Anda bisa membawa pulang SIM Anda.

Selain hal yang telah disebutkan diatas, hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus melakukan perpanjangan sebelum masa berlakunya habis. Jika Anda terlambat, maka Ansa harus membuat SIM yang baru lagi. Tentunya sangat merepotkan bukan? Maka dari itu, perpanjang SIM sebelum masa berlakunya habis menjadi solusi paling tepat agar terhindar dari di nonaktifkannya SIM anda.

Itulah langkah perpanjangan SIM di SIM Keliling. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak selama proses melalukan perpanjangan SIM. Apabila Anda merasa sedang tidak enak badan, lebih baik Anda menunda perpanjangan SIM terlebih dahulu, bisa melakukan perpanjang SIM dil lain wkatu sesuai lokasi dan jadwal yang telah ditentukan.

Related Posts