Home Tips Tips Penting Buat yang Mau Membuka Usaha Warung Sembako

Tips Penting Buat yang Mau Membuka Usaha Warung Sembako

by Lara Nifa

Apakah Anda sedang berpikir untuk membuka usaha warung kelontong? Sebagai pemula tentunya Anda akan disibukkan dengan berbagai persiapan dan segala proses pembukaan tokonya bukan? Bahkan mungkin sekarang Anda sedang sibuk memikirkan bagaimana caranya mendapatkan modal, bagaimana desain tata ruang, dan bahkan Anda sedang memikirkan bagaimana caranya agar omset tetap naik. 

Seperti yang sudah diketahui oleh khalayak umum, bahwa warung sembako yang memiliki sistem seperti mini swalayan dewasa ini lebih ramai dikunjungia sampai berbondong-bondong daripada toko sembako, khususnya di kalangan masyarakat sekarang. Namun, apakah Anda juga menyadari sesuatu, bahwa sebenarnya harga yang terdapat di toko swalayan lebih mahal daripada harga di toko sembako.

Teknik pemasaran yang dilakukan oleh hampir semua toko sembako dengan sistem swalayan yang cerdik, promosi yang menggiurkan, membuat siapapun yang melihat segala macam promosi yang ditawarkan semakin menggiurkan. Sedangkan, warung sembako jarang menggunakan sistem seperti promosi, sebagai contoh “beli satu gratis satu” dan masih banyak lagi.

Sehingga kebanyakan orang akan berpikir bahwa berbelanja di toko swalayan akan mendapatkan banyak promosi, potongan harga bahwkan akan berpikir harga barang yang dijual di toko swalayan jauh lebih murah daripada di warung sembako biasa.

Namun, pernahkan Anda mengetahui alasan mengapa pada era sekarang ini justru kebanyakan masyarakat cenderung meninggalkan warung sembako biasa? Sebenarnya, perbedaaan terletak pada sistemnya saja. 

Pada zaman sekarang ini, tidak akan menjadi masalah apabila Anda ingin membuka warung sembako. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa terdapat hal-hal penting yang harus Anda rencanakan dan laksanakan dalam proses membuka warung sembako. Hal itu berupa strategi pasar dan inovasi apa saja yang sekiranya harus masuk dalam daftar perencanaan Anda. Terutama, perhatikan juga bagaimana target pasar dengan berbagai saingan terutama dengan toko swalayan. 

Hal Dasar Menyiapkan Bisnis Warung Sembako

Jika Anda sudah yakin memantapkan hati terjun dalam bisnis membuka warung sembako, maka di bawah ini terdapat ulasan mengenai hal dasar apa saja yang harus Anda kuasai dalam proses menyiapkan pembukaan warung sembako supaya sukses.

sembako

Lokasi yang Strategis

Hal dasar pertama yang harus Anda pikirkan yaitu lokasi warung yang akan Anda tempati harus tepat dan strategis. Lokasi suatu warung sembako merupakan poin penting. Jika lokasi warung sembako Anda terletak di lokasi yang tepat dan stategis maka masuk dalam faktor yang dapat memengaruhi pendapatan dan keuntungan yang akan didapatkan. 

Disarankan akan lebih baik apabila Anda membuka warung sembako di tengah suatu komplek warga, karena lokasi di tengah komplek warga merupakan langkah awal yang tepat. Kemudian, lokasi yang dekat dengan komplek rumah warga juga dapat menjadi warung favorit warga karena dalam keadaan mendesak, warga hanya perlu menempuh jalan kaki untuk sampai ke warung Anda.

Lokasi yang ada di sekitar rumah komplek warga, tidak perlu menyewa ruko, dengan rencana ini, Anda hanya perlu menggunakan salah satu ruangan di rumah Anda untuk disulap menjadi sebuah warung sembako. Hal itu merupakan langkah yang dapat menghemat modal awal usaha Anda.

Mengenali Calon Konsumen

Selanjutnya, kenali sasaran pasar atau calon konsumen Anda. Tidak semua orang memiliki kebutuhan yang sama. Lebih baik, lakukan riset dan pastikan barang apa saja yang akan Anda jual, tentunya harus sesuai dengan kebutuhan orang-orang yang terdapat di lingkungan warung sembako Anda. Selain itu, sebuah warung sembako yang menyediakan segala kebutuhan orang-orang, maka orang-orang akan memiliki kepercayaan kepada warung Anda dan akan menjadi pelanggan. 

Jika sudah mengetahui kira-kira barang apa saja yang pasti akan dibutuhkan orang-orang sekitar, hitunglah berapa besar modal usaha untuk awal usaha yang hendak Anda lakukan, guna membeli segala macam barang yang akan Anda jual. 

Selain yang sudah disebutkan di atas, selanjutkan perhatikan dengan cermat persaingan toko yang ada di sekitar Anda. Adanya persaingan warung sembako akan cenderung berat, sebab target konsumen yang tidak luas. Tentunya profit yang akan dihasilkan dari sumber warung sembako tidak akan banyak di awal mulainya bisnis ini. 

Mengetahui aturan pemerintah tentang aturan kepada usaha warung sembako juga harus diperhatikan. Anda mungkin akan dikenakan pajak oleh pemerintah.

Modal Usaha

Anda jangan sampai melupakan poin yang satu ini, modal usaha dalam memulai sebuah bisnis menjadi hal yang sangat penting, tanpa modal usaha, Anda tidak akan memulai bisnis. 

Sumber pendanaan modal usaha dapat Anda dapatkan dari isi tabungan atau mengambil kredit usaha yang bisa Anda dapatkan dari pihak bank. Perlu Anda ketahui, bahwa mengambil kredit usaha dari bank bukanlah solusi yang disarankan. 

Hal tersebut dapat merugikan Anda, karena Anda juga harus memerhatikan segala kemungkina risiko terburuknya. Rencana yang sudah tersusun sempurna pun juga dapat berakhir hancur berantakan tidak berjalan sesuai keinginan dan rencana awal. Bisa saja Anda mengalami kerugian di tengah usaha yang sedang Anda rintis.

Mencari Barang yang Murah

Dalam bisnis membuka warung sembako tentunya Anda juga harus membeli segala barang belanjaan yang akan Anda jual kembali di warung Anda bukan? 

Sebaiknya Anda datang dan belanja ke pasar tradisional, karena seperti yang sudah diketahui bahwa harga barang di pasar tradisional memiliki harga yang lebih murah. Membeli barang grosir tentunya harus dengan modal yang murah, sebab, akan menjadi potensi keuntungan yang akan Anda peroleh.

Melakukan Penataan Barang yang Menarik

Poin ini mungkin akan terlihat sepele namun di sini lah poin pentingnya. Secara psikologis, seorang calon konsumen akan menyukai sesuatu berdasarkan apa yang mereka lihat pertama kali, selain kebutuhan premier. 

Penataan barang dagangan juga sangat penting, lakukan penataan barang dengan kelompokkan barang dagangan sesuai dengan jenisnya. Selain memberikan penampilan yang menarik, terdapat banyak tujuannya, sehingga Anda tidak bisa sembarangan menata posisi barang dagangan.

Letakkan barang yang lama di bagian depan atau bagain paling atas yang dapat dijangkau pembeli. Tetntunya agar barang lama terjual. Selain itu perhatikan tanggal masa kadaluwarsa barang yang Anda jual. 

Melayani Pelanggan dengan Baik

Memberikan pelayanan yang baik merupakan kewajiban Anda sebagai pemilik bisnis warung sembako. Pelayanan yang baik, ramah dan sopan akan membuat pelanggan tetap setia datang ke toko untuk membeli barang yang Anda tawarkan

Related Posts