Home Bisnis dan Usaha Tips Penting buat Orang yang Ingin Membuka Usaha Laundry Sepatu

Tips Penting buat Orang yang Ingin Membuka Usaha Laundry Sepatu

by Lara Nifa

Bisnis laundry kini mulai menjamur semenjak beberapa waktu terakhir. Peluang untuk mendapatkan kesuksesan pada jenis usaha ini semakin kecil lantaran banyaknya kompetitor. Apabila Anda ingin masuk pada bidang jasa yang satu ini, disarankan untuk mencoba aspek yang lebih spesifik contohnya usaha laundry sepatu.

Kenapa laundry sepatu? Sebab, sepatu adalah salah satu jenis alas kaki dan paling banyak digunakan selain sandal. Biasanya, sepatu dipakai pada kegiatan sehari-hari misalnya bekerja, sekolah, kuliah, orlahraga dan lainnya. Dengan banyaknya aktivitas yang mengharuskan Anda menggunakan sepatu, tentunya alas kaki ini akan sering sekali kotor.

Apalagi, jika kita melihat kehidupan di zaman sekarang yang semua orang bekerja dari pagi hingga malam, bahkan ada pula anak kuliah yang masih harus bekerja sampingan sepulang mereka belajar. Tentunya waktu untuk sekedar mencuci sepatu tidak ada, seandainya libur pastinya mereka memilih untuk istirahat. Karena hal inilah membuka usaha laundry sepatu merupakan pilihan tepat.

Persiapan Menjalankan Bisnis Cuci Sepatu

Bisnis akan berhasil jika Anda memulai dengan perencanaan yang matang. Tanpa  persiapan dan perencanaan , bisnis bisa terus berjalan, tetapi penuh dengan risiko. Tingkat untuk gagal menjadi jauh lebih berpotensi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk bisa menjalankan usaha laundry sepatu.

Analisis prospek bisnis

Riset prospek bisnis adalah langkah awal yang perlu Anda ambil.Tujuannya tentu saja untuk memastikan jika bisnis yang akan dijalankan bisa diterima oleh semua orang. lakukanlah survei serta analisa secara sederhana untuk dapat melihat bagaimana calon konsumen merespons.

Amati orang-orang disekitar Anda, pastikan  mereka adalah pelanggan yang cocok untuk layanan laundry sepatu. Kebanyakan konsumen yang menjadi langganan dari bisnis ini adalah pelajar, mahasiswa dan karyawan. Jika tidak banyak orang di daerah Anda dengan karakteristik tersebut, pertimbangkan untuk pindah ke daerah lain.

Peralatan usaha

Setelah menganalisa prospek bisnis dan memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki potensi untuk sukses, langkah selanjutnya adalah menyiapkan berbagai peralatan bisnis. Apa yang diperlukan untuk memulai binatu sepatu? Ini dia: 

  • Tempat memulai bisnis yang memiliki ruang untuk mesin cuci. 
  • Tempat jemur sepatu 
  • Lemari sepatu 
  • Tempat peralatan 
  • Alat bantu lainnya

Mempersiapkan mesin cuci sepatu dan lainnya

Mesin cuci telah dibeli, apalagi yang perlu Anda persiapkan? Selanjutnya Anda tentunya harus mempersiapkan peralatan dan bahan kimia guna membersihkan sepatu milik pelanggan. Setiap sepatu milik konsumen pastinya terbuat dari material yang berbeda, misalnya kulit, beludru, kanvas, suede, dan lainnya.

Teknik untuk mencuci sepatu juga dibagi menjadi 3 cara, yaitu pembersihan basah (wet washing), pembersihan kering (dry cleaning) dan kombinasi. Bahan serta alat berikut ini perlu Anda persiapkan:

  • Wet washing: air, parfume, penetralisir, deterjen, surfaktan dan zat antibakteri. 
  • Dry cleaning : penetral, antibakteri, saringan sepatu dan parfume.
  • Kombinasi : botol semprot sedang, spons untuk suede, kain microfiber, penghapus, sikat lembut, sikat tebal dan sikat lembut.

Pembelian Mesin Cuci

Untuk jenis mesin pencuci khusus sepatu tentunya berbeda yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian. Jangan gunakan mesin cuci pakaian untuk sepatu, sebab bisa membuat sepatu rusak. Anda bisa memperoleh mesin cuci khusus sepatu dengan harga sekitar 2 juta rupiah. 

Tips Untuk Memulai Usaha Laundry Sepatu

Memulai bisnis cuci sepatu tidaklah sulit, apalagi jika Anda telah melakukan beberapa persiapan sebelumnya. Berikut adalah beberapa tips bisnis untuk membantu bisnis binatu sepatu dapat berjalan lancar.

Mempunyai ilmu tentang cara merawat sepatu

Telah disebutkan di atas jika sepatu membutuhkan perhatian khusus bergantung pada jenis bahan yang digunakan. Sebelum terjun ke usaha laundry sepatu, Anda perlu mempelajari cara untuk merawat sepatu yang terbuat dari bahan yang berbeda, bila perlu ikutilah berbagai pelatihan.

Memilih bahan dan alat

Masih berhubungan dengan cara perawatan sepatu, dimana setiap bahan membutuhkan bentuk perawatan yang pastinya berbeda. Perbedaan tersebut ada pada teknik atau cara untuk pembersihan, bahan yang digunakan dan peralatan yang dibutuhkan.

Temukan dan beli alat juga bahan yang dibutuhkan untuk digunakan membersihkan sepatu sesuai dengan pengetahuan Anda. Untuk memulai bisnis, pertama-tama sediakan peralatan khusus untuk sepatu berbahan pada umumnya.

Menggunakan strategi marketing

Strategi marketing sangat penting untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan bisnis apa pun. Strategi yang baik haruslah diterapkan pada setiap bisnis, baik itu bisnis mikro hingga besar. Target pasar dari bisnis ini biasanya adalah mahasiswa, pelajar hingga pekerja.

Orang-orang dalam kelompok tersebut umumnya sering kali menggunakan sosial media. Beriklan di platform jejaring sosial akan jauh lebih efektif agar bisa menarik pelanggan. Berikanlah penawaran unik serta harga/ tarif yang tidak terlalu mahal.

Memberikan pelayanan terbaik

Kunci untuk menarik konsumen baru serta mempertahankan yang lama, yakni dengan pelayanan terbaik. Usaha laundry sepatu termasuk pada kategori usaha yang bergerak pada bidang jasa. Oleh karena itu, melayani dengan baik merupakan kunci dari keberhasilan.

Related Posts