Home Tips Tips Menghindari Overthinking

Tips Menghindari Overthinking

by Lara Nifa
hindari overthingking

Overthinking sangat mungkin terjadi kepada setiap orang terlebih lagi pada mereka yang sensitif dan pemikir. Khawatir adalah hal yang umum terjadi pada setiap orang, tetapi apabila kekhawatiran itu mulai berlebihan dan juga datang berkali-kali serta membawa dampak buruk haruslah kita waspadai. 

Overthinking yang dating berulang bisa dapat mengganggu kehidupan dan juga kesehatan yang lambat laun akan berdampak buruk bagi fisik dan juga psikologis bagi seseorang. Hal ini seharusnya dihindari terutama bila overthinking ini sudah membawa dampak buruk dan juga berlarut-larut dalam kehidupannya. 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari overthinking yang bisa sangat mengganggu. Peran serta dan juga kesadaran dari orang-orang terdekat mutlak sangat diperlukan untuk mendukung seseorang melawan overthinking. Selain itu hal utama yang yang harus disadari dalam melawan overthinking berasal dari diri sendiri. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari overthinking? Mari kita simak tips menghindari untuk overthinking di bawah ini.  

Tips Menghindari Overthinking

  • Menerima diri sendiri

Hal paling pertama yang harus dilakukan untuk menghindari overthinking adalah dengan menerima keadaan diri sendiri dan juga segala kemampuan yang dimiliki. Syukurilah semua hal yang telah dan bisa kita lakukan dengan semua yang kita miliki. Dengan menerima diri sendiri akan mengurangi dampak ketika overthinking mulai menyerang.

  • Berdamai dengan kekhawatiran

Hal berikutnya yang harus kita lakukan adalah berdamai dengan kekhawatiran itu sendiri. Kita harus menyadari bahwa kekhawatiran itu akan selalu datang sebagai manifestasi dari empati, simpati serta rasa takut yang kita miliki di setiap kesempatan. Sediakan waktu untuk merasa khawatir tapi jangan sampai kekhawatiran itu berlarut-larut sehingga malah membawa kita ke dalam overthinking.

  • Fokus dengan perhatian

Untuk menghindari overthinking kita harus bisa memfokuskan perhatian kita kepada setiap hal yang kita lakukan. Hal ini bisa membuat ruang pikiran kita lebih fokus untuk memikirkan kegiatan yang kita lakukan dan tidak menyisakan ruang untuk overthinking. Tidak harus melakukan hal-hal yang besar, kita bisa memulainya dengan hal-hal kecil yang biasa kita lakukan setiap hari. Misalnya adalah dengan menikmati makan siang tanpa harus diganggu dengan gadget. 

  • Nikmati waktumu

Nikmati waktumu dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang disukai. Isi waktu luang dengan aktivitas-aktivitas yang mengasyikkan untuk menghindari overthinking yang sering sekali terjadi ketika kita hanya berdiam diri. Banyak hal yang bisa kita lakukan seperti berjalan-jalan menikmati keindahan alam, menghabiskan waktu luang dengan menulis ataupun membaca buku, melakukan hobi seperti memasak ataupun berkebun, ataupun bahkan kita bisa berolahraga bersama teman-teman seperti bermain futsal, sepakbola, basket ataupun kegiatan fisik lain yang bisa kita nikmati untuk mengisi waktu luang. Bagi yang tidak terlalu suka kegiatan fisik yang menguras tenaga pun kita bisa menikmati waktu luang dengan mendengarkan music favorit sambil bersantai ataupun melakukan hal-hal yang disukai seperti menggambar atau berkarya yang malah membuat kita bisa semakin produktif. 

  • Mencari teman untuk mengobrol

Mengobrol juga bisa membantu kita untuk menghindari overthinking. Dengan mengobrol kita bisa mengalihkan pikiran kita untuk lebih fokus kepada lawan bicara dan juga topik yang diobrolin sehingga kita bisa terhindar dari overthinking. Kita bisa mengobrol dengan siapapun entah itu keluarga, sahabat, bahkan orang lain yang belum kita kenal secara fisik maupun dengan media telepon ataupun secara online. Interaksi yang terjadi saat mengobrol bisa kita nikmati sehingga kita bisa terhindar dari overthinking

  • Meminta bantuan orang lain

Ketika kita sudah merasa tidak mampu untuk menghindari atau melawan overthinking, mintalah bantuan orang lain untuk membantu kita mengatasi overthinking tersebut. Jangan pernah merasa takut ataupun malu untuk meminta tolong ke orang lain agar kita bisa terhindar dan juga melawan overthinking yang terjadi. Kita bisa menerima saran-saran yang baik dan membangun untuk melawan overthinking yang ada. Apabila diperlukan kita bisa datang ke psikolog ataupun orang-orang yang lebih ahli untuk mendapatkan pencerahan ataupun bantuan untuk menyelesaikan masalah overthinking yang terjadi. 

  • Maksimalkan peran keluarga

Tidak bisa dipungkiri, orang terdekat dari kita adalah keluarga. pastikan keluarga tahu kondisi yang terjadi pada diri anda termasuk dengan kecenderungan overthinking yang bisa datang dan menyiksa. Keberadaan keluarga bisa menjadi pendukung terbaik untuk menghindari dan juga melawan overthinking yang terjadi. Keluarga pasti akan menerima dan mendukung kita untuk melakukan yang terbaik agar bisa terhindar dari overthinking. Mulai dari mengobrol, melakukan hal-hal seru hingga hingga mengalokasikan waktu, daya dan dana ketika kita membutuhkan tenaga ahli dalam mengatasi overthinking yang ada. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari overthinking. Kita harus melawan semua kekhawatiran tersebut agar tidak berdampak buruk bagi fisik dan juga psikis bagi diri kita. Pastikan juga keluarga turut berperan serta dan membantu agar kita bisa menghindari dan melawan overthinking tersebut.

Related Posts