Home Tips Tips Menghadapi Kondisi Keuangan Buruk Jika Resesi Terjadi 

Tips Menghadapi Kondisi Keuangan Buruk Jika Resesi Terjadi 

by Lara Nifa

Saat ini yang menjadi fokus perhatian masyarakat adalah karena akan ada terjadinya resesi di dunia yang dampaknya sudah terasa dalam beberapa bulan ini. Indonesia juga sudah terdampak oleh resesi tersebut. Semua kalangan sosial mulai dari menengah bawah sampai menengah atas tetap akan mengalami dampak yang buruk dari kejadian yang besar ini. 

Biasanya terjadinya resesi menyebabkan berbagai penurunan saham di pasaran, PHK massal dan angka pengangguran yang tinggi. Masyarakat mau tidak mau harus berhadapan dengan berbagai kemungkinan buruk yang terjadi saat ini. Apalagi mengenai keuangan yang pastinya keuangan setiap orang akan mengalami ketidakstabilan. Maka dari itu ini dia tips menghadapi kondisi keuangan yang buruk jika terjadi resesi yang lebih parah lagi.

Tidak Menghamburkan Uang untuk Hal Tidak Penting

Saat ini, sebelum kamu merasakan dampak resesi yang akan terjadi pada kondisi keuangan hal yang pertama harus kamu lakukan adalah untuk tidak menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Karena saat akan terjadinya resesi kita semua tidak pernah tahu dampak seperti apa yang akan kita alami. Mungkin saja kamu akan mengalami PHK dan pengangguran, sehingga uang yang tadinya dipakai untuk hal tidak penting bisa di pakai untuk selanjutnya. 

Tips ini juga salah satu dari cara untuk berhemat yang memang seharusnya dilakukan untuk mempersiapkan adanya resesi di Indonesia. Jadi, masyarakat tidak kaget menghadapi resesi yang menuntut kamu untuk membeli keperluan yang penting saja. 

Mulai Memiliki Catatan Keuangan

Bukan hanya perusahaan dan para pengusaha yang harus memiliki catatan keuangan, tetapi masing-masing individu juga harus memilikinya. Mulai dari mencatat pemasukan yaitu uang yang didapatkan dari setiap bulan, mencatat pengeluaran yang selalu ada setiap hari sampai mencatat cicilan atau hutang agar tidak dilupakan sebagai prioritas pembayaran. 

Kamu harus tahu, bahwa memiliki catatan keuangan adalah upaya untuk dapat mengontrol kondisi keuangan setiap bulannya. Dengan ini, kamu menjadi lebih waspada dan siap jika akan ada resesi yang membuat keuangan semakin memburuk. Karena sebelum itu kamu sudah terlatih untuk terorganisir terhadap keuangan. Sehingga, selanjutnya hanya menyesuaikan saja. 

Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah uang yang disisihkan dan di simpan dengan tujuan memiliki dana simpanan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari yang tidak jelas kapan tepatnya. Kemungkinan buruk yang terjadi biasanya musibah yang pasti membutuhkan dana, kecelakaan, dipecat secara tiba-tiba dan kemungkinan buruk lainnya. Sehingga membutuhkan dana darurat. 

Tetapi untuk urusan krisis ekonomi yang satu ini, yaitu resesi menjadi penting bagi seluruh masyarakat untuk memiliki dana darurat. Resesi bukan suatu hal buruk yang tidak tahu akan terjadi kapan. Tetapi resesi sudah sangat terlihat di depan mata sampai semua orang pun mempersiapkan nya. Jadi sebelum benar-benar terjadi resesi besar dunia, mulai sekarang kamu harus menyiapkan dana darurat dengan baik. 

Melunasi Cicilan dan Hutang

Dengan berbagai dampak semakin memburuknya kondisi ekonomi Indonesia dan kamu sibuk mempersiapkan sesuatu untuk menghadapi nya, tetap saja yang tidak boleh kamu lupakan adalah melunasi cicilan dan hutang. Jika kamu memiliki tunggakan, hutang, cicilan dan lain sebagainya maka kamu harus mendahulukan membayar sebelum benar-benar terjadi resesi. 

Mungkin kamu akan berpikir, menghadapi resesi berarti menyiapkan segala kebutuhan sendiri yaitu menabung dan menyiapkan dana darurat. Padahal yang demikian sangat tidak bijak dilakukan jika kamu masih memiliki hutang. Jika ditunda untuk pembayarannya, maka saat resesi tiba kamu akan kewalahan dan bingung untuk membayarnya karena bertepatan dengan kebutuhan kamu yang semakin mendesak. Masalahnya orang yang di hutangi juga akan sama mendesaknya, sehingga ingin mendapatkan kembali uang yang sudah dia pinjamkan. 

Mencari Pekerjaan Tambahan

Kebutuhan untuk saat ini saja sudah semakin membengkak, apalagi jika resesi benar-benar akan terjadi. Maka uang yang saat ini kamu dapatkan pasti tidak akan cukup di pakai. Maka kamu harus mulai memikirkan untuk mencari pekerjaan tambahan untuk menambah penghasilan agar kondisi keuangan juga tetap stabil. 

Kamu bisa bekerja paruh waktu sebagai freelancer, bekerja setiap hari libur misalnya, tidak apa untuk mengorbankan sedikit waktu untuk dapat membantu mengurangi dampak yang akan terjadi selanjutnya. Dengan memiliki penghasilan tambahan, kamu jadi bisa menabung dan menyiapkan dana darurat. 

Resesi memang menyebabkan kondisi keuangan semakin memburuk, dampaknya bahkan tidak main-main. Maka kamu pun jangan sampai main-main untuk mempersiapkan menghadapi kondisi keuangan yang buruk saat akan terjadi resesi. Maka lakukan beberapa tips di atas agar setidaknya, kamu dapat mengantisipasi berbagai bentuk keburukan yang akan terjadi pada keuangan kamu. Semoga informasi mengenai tips ini bermanfaat ya. 

Related Posts