Tips Mengelola Uang THR supaya Tidak Boncos

Hari lebaran adalah hari yang spesial. Setelah kita menjalankan puasa selama 1 bulan kita akan merayakan hari lebaran. Idul fitri. Berbagi THR sudah menjadi sebuah

Lara Nifa

[addtoany]

Hari lebaran adalah hari yang spesial. Setelah kita menjalankan puasa selama 1 bulan kita akan merayakan hari lebaran. Idul fitri. Berbagi THR sudah menjadi sebuah tradisi jika sudah mendekati hari lebaran. Untuk kalian yang bekerja di PT atau kantor, kalian pasti akan mendapatkan yang namanya tunjangan hari raya.

 

THR bisa kalian gunakan untuk menyambut hari yang tentunya spesial tersebut. Jika kalian ingin THR kalian tersebut tidak boncos, memang sangat susah atau menjadi tantangan buat kalian menggunakan uang THR dengan tidak boros. 

 

Sebenarnya kalian bisa menggunakan uang THR tersebut dengan sangat irit. Bahkan kalian bisa menggunakan uang kelain tersebut menjadi sisa. Dan bisa digunakan untuk kemudian hari. Dan bisa kalian butuhkan ketika ada kebutuhan mendadak, jika kalian ingin uang THR kalian biar tidak cepat habis atau boncos, kalian bisa ikuti beberapa tips yang ada di bawah ini.

 

Tips mengelola uang THR agar tidak boncos

  • Zakat atau fitrah

Selain uang yang kalian punya hanya kalian gunakan untuk berbelanja. Kalian juga bisa menggunakannya dengan bermanfaat, dengan cara kalian berbagi zakat atau fitrah. Karena di bulan puasa banyak sekali pahala yang bisa kalian dapatkan. Terutama dengan kalian melakukan zakat, uang yang kalian punya tidak terbuang sia – sia untuk membeli barang – barang yang kalian butuhkan. 

 

  • menabung

Selain berbagi zakat, kalian bisa menabung sebagian uang THR kalian. Karena jika kalian menabung uang THR kalian tidak semuanya terkuras. Memang menabung hal yang paling sulit dilakukan setiap orang, karena jika kita mempunyai uang kita akan selalu mudah untuk tergoda barang – barang yang ada di toko, terutama baju buat lebaran.

 

Tetapi sebenarnya mudah kok untuk kalian yang ingin uang tunjangan hari raya kalian tidak boncos begitu saja, tinggal menyisihkan sebagian uang THR kalian ke dalam tabungan atau celengan, contoh yang bisa kalian gunakan yang kalian lakukan, kalian bisa mengumpulkan uang kembalian kalian dari belanja atau entah membeli apapun itu, kalian bisa mengumpulkan uang tersebut untuk tabungan kamu.

 

Karena jika kalian menyisihkan uang THR kalian untuk menabung, uang THR kalian tidak akan langsung habis begitu saja tanpa sisa.

 

  • Catatan keperluan

Kalian bisa membuat daftar atau catatan yang kebutuhan yang menurut kalian penting. Jangan sampai terjadi kepada kalian, uang THR yang kalian baru saja terima akan langsung habis ketika kamu membeli barang barang yang tidak begitu penting. 

 

Uang THR kalian juga harus digunakan untuk kebutuhan yang menurut kalian penting dan itu sangat kalian butuhkan, dan uang yang kalian punya bisa kalian gunakan disaat kamu memerlukannya untuk kepentingan yang lain. 

 

Seperti contohnya kalain yang sedang dalam perantauan, jika kalian ingin kumpul dengan keluarga di rumah saat hari raya, kalainpastikan memerlukan ongkos untuk mudik lebaran. Dan jika kamu mudik tidak menggunakan transportasi umum, yang artinya kalain mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, pastinya kalian memerlukan ongkos di dalam perjalanan.

 

  • Tidak perbanyak belanja online

Jika kalian memiliki kebiasaan berbelanja online. Disaat kalian mendapatkan tunjangan hari raya, sebaiknya kalian kurang keinginan kamu untuk berbelanja  di online shop jika uang THR kalian menginginkan uang THR kalian tidak cepat habis.

 

Memang susah sih untuk menghilangkan kebiasaan tersebut,  karena sangat banyak sekali godaan disaat kamu membuka aplikasi online shop, apalagi ditambah dengan adanya promo menarik dan diskon yang tentunya sangat besar. Tetapi yakin kalian akan bisa menghilangkan kebiasaan kalian tersebut jika kalian tetap ingin menyimpan uang THR kalia untuk keperluan yang tentunya lebih penting dari pada belanja barang barang yang tidak begitu penting.

 

  • Dana darurat

Selain yang sudah disebutkan di atas tadi. Di urutan nomor ini hampir mirip dengan yang sudah dijelaskan tadi di nomor dua tadi, selain uang THR yang kamu miliki untuk di tabung, kalian juga bisa menyimpan beberapa uang THR kalian untuk kebutuhan dana darurat.

 

Disaat lebaran kalian pastinya ada saja kebutuhan yang mendadak dan terpaksa kalian harus mengeluarkan uang, jika uang yang kalian miliki sudah kalian habiskan untuk membeli keperluan yang tidak penting kalian akan bingung jika tidak ada simpanan uang darurat.

 

  • Membayar hutang

Jika kalian yang masih memiliki tunggakan atau pinjaman sebaiknya kalian lunasi dengan menggunakan sebagian uang THR kalian tersebut, ketibang kalian membeli keprluan yang tidak penting. Kalian bisa mengutamakan pinjaman kalian agar disaat kalau lebaran akan menjadi tenang.

 

Dengan penjelasan yang sudah dijelaskan diatas, semoga dapat membantu kamu untuk mengelola uang THR kalian agar tidak boncos, dan bisa di gunakan dengan bermanfaat. Itulah beberapa penjelasan yang dapat kami jelaskan kepada kalian semua.

 

Related Post