Tips Mengelola Cash Flow Bisnis

Sebelumnya kalian apakah sudah tau apakah cash flow tersebut? Untuk menuju ke tips mengelola cash flow dalam berbisnis. Cashflow sebenarnya sangat penting untuk dimengerti bagi

Lara Nifa

[addtoany]

Sebelumnya kalian apakah sudah tau apakah cash flow tersebut? Untuk menuju ke tips mengelola cash flow dalam berbisnis. Cashflow sebenarnya sangat penting untuk dimengerti bagi pebisnis bisakah untuk pemula yang ingin memulai bisnis, 

 

Yaitu cash flow adalah berfungsi untuk mengecek naik turunya pendapatan kita. Karena sebagai orang yang memiliki bisnis pastinya keuangan akan keluar masuk, entah itu untuk untuk kebutuhan seperti transportasi dalam kerja atau uang operasional kantor. 

 

Yang berarti cash flow memiliki tugas untuk menghitung keluar masuknya uang dalam bisnis kita dengan waktu tertentu.

 

Tetapi bagaimana sih cara mengelola cash flow tersebut dalam bisnis. Dibawah ini kita akan menjelaskan beberapa tips cara untuk mengelola cash flow.

 

  • Membuat laporan

Jika kalian ingin mengelola cash flow dengan cara yang bisa di bilang mudah, kalian harus membuat sebuah laporan keuangan untuk mengetahui jumlah uang yang kita keluarkan tersebut untuk kegiatan apa saja, atau untuk kepentingan kantor atau kebutuhan yang lainya.

Karena itu yang mempengaruhi kelancaran berjalannya sebuah cash flow. Maka dari itu semua kalian harus membuat laporan yang bisa untuk mengetahui pengeluaran uang perusahaan dalam sebulan. Dan setelah itu kalian dapat menghitung uang yang sudah tersisa.

  • Membedakan keinginan dengan kebutuhan

Jika kalian ingin pengeluaran bulanan kalain akan tetap stabil dan tidak akan selalu minus. Kalian harus bisa membedakan mana kebutuhan yang penting untuk perusahaan dan keinginan yang tidak begitu penting, agar cash flow kalian milik akan tetap aman dan tidak berkurang untuk membeli atau menggunakan dengan membeli barang tidak berpengaruh untuk perusahaan.

 

  • Membuat rekening baru

Untuk kita yang memiliki usaha atau perusahaan yang sudah berjalan. Sebaiknya kalian membuat rekening terpisah, maksudnya terpisah yaitu Kalian harus membuat rekening yang berbeda, artinya kalian harus memisahkan rekening perusahaan dengan rekening pribadi kalian, agar apa? Di saat kamu ingin membeli kebutuhan pribadi, kamu bisa membedakan mana uang perusahaan dan mana uang kita sendiri. 

 

Dengan begitu, cash flow kalian akan tetap aman, dan kalian akan mudah untuk menghitung penghasilan yang didapatkan di perusahaan kalian tersebut. 

 

  • Mengirim tagihan dengan tepat waktu

Selain kita membuat rekening yang terpisah, hal yang juga perlu kalian perlukan adalah. Memberikan tagihan kalian dengan tepat waktu. Artinya jika ada orderan yang belum di bayar. Kalian harus segera mengirimkan tagihan kalian dengan tepat waktu demi menjaga pemasukan perusahaan kalian akan tepat dan aman.

 

Selain klien yang telat membayar. Perlu juga kalian ketahui jika kalian juga telat memberikan tagihan dengan jatuh tempo yang sudah ditemukan, itu yang akan rugi juga kalian sendiri.

 

  • Memperhatikan kas yang masuk dan pengeluaran.

Jika kalian ingin tetap arus kas kalian entah keluar atau masuk tetap membaik, karena dalam kalian menjalankan bisnis, yang kalian pikirkan tidak hanya keuntungan yang kalian dapatkan saja. Kalian juga harus mengetahui pengeluaran kas di perusahaan kalian apah terus berjalan baik, entah itu kas yang masuk atau kas yang dikeluarkan. 

 

Yang harus kalian lakukan pertama yaitu, menghitung penghasilan yang kotor yang didapatkan perusahaan kalian tersebut, seperti contohnya jika kalian memberikan konsumsi kepada pekerja, gaji karyawan, uang operasional kerja dan sejenisnya. Jika kalian sudah menghitung pengeluaran tersebut, kalian juga harus mengetahui keuntungan bersih kalian apakah plus atau minus. 

 

  • Kas keluar dan masuk dibedakan rekeningnya

Selain yang sudah dijelaskan di urutan ketiga tadi, yang juga harus kalian perhatikan adalah. Memisahkan rekening untuk kas pengeluaran dan kas pemasukan. Karena hal tersebut akan mempermudah kamu disaat menghitung pengeluaran dan pemasukan yang kalian dapatkan.

 

Dengan adanya itu, akan sangat membantu kamu disaat ingin membuat laporan keuangan perusahaan kalian. 

 

  • Menunda untuk berinvestasi

Untuk kalian yang memiliki keinginan untuk berinvestasi, kalian harus berpikir dulu untuk melakukannya.  Yang kalian perhatikan pertama yaitu kas yang kamu miliki apakah cukup untuk berinvestasi ataukah perlu untuk mencukupi kebutuhan perusahaan yang lainya. Jika kas yang kalian miliki tidak mampu untuk menutup kebutuhan yang besar?

 

Karena untuk berinvestasi kalian harus memerlukan uang dengan jumlah yang cukup besar. Memang benar, jika berinvestasi sangat membantu untuk perusahaan kamu dengan hasil yang baik, tetapi selain itu investasi juga memiliki resiko yang tentunya tinggi. Tergantung jenis investasi yang kalian ikuti. Tetapi jika memang kas di perusahaan kalain tidak mencukupi, sebaiknya kalian tunda dulu dan gunakan uang kas kalian untuk kebutuhan yang lebih penting di perusahaan kalian, atau bisa dibilang masih kurang di perusahaan kalian. 

 

Itulah beberapa pengertian dan beberapa tips yang dapat kita sampaikan kepada kalian semua yang belum mengetahui bagaimana cara mengelola cash flow dengan baik.

 

Related Post