Tips Mengatasi Hobi Belanja yang Berlebihan

Kegiatan berbelanja merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh kaum wanita. Terlebih pada saat ini semua orang lebih mudah untuk berbelanja karena telah banyak tersedia toko

Lara Nifa

[addtoany]

Kegiatan berbelanja merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh kaum wanita. Terlebih pada saat ini semua orang lebih mudah untuk berbelanja karena telah banyak tersedia toko belanja online yang dapat dilakukan dimana dan kapan saja.  Hal ini dapat menjadi kebiasaan buruk apabila tidak dapat membalasnya. Selain itu, akan sangat banyak dampak negatif dan juga masalah yang akan terjadi jika kegiatan berbelanja secara berlebihan ini terus diterapkan dalam keseharian. 

Masalah utama yang pastinya akan terjadi adalah terganggunya finansial mu. Finansial merupakan suatu hal yang sangat kompleks dan sangat sulit untuk diperkirakan. Terlebih jika kamu sudah jelas jelas tidak dapat mengatur nya dengan baik karena memiliki kebiasan berbelanja dengan berlebih. Nantinya kamu akan kesulitan sendiri untuk membuat finansial mu kembali lebih baik.

Oleh karena itu sangat disarankan agar kamu menghilangkan kebiasaan bahkan jika telah menjadi hobi, berbelanja secara berlebih tersebut. Hal ini agar kamu tidak menyesal dikemudian hari, dan juga sebelum finansial mu mengalami masalah yang cukup serius. Masalah finansial yang paling serius dapat terjadi adalah kamu akan terlilit hutang karena terlalu terobsesi dengan belanja. Agar lebih sadar dan menghilangkan hobi berbelanja secara berlebih tersebut , simak ulasan dibawah ini.

Cara Agar Menghilangkan Hobi Berbelanja Secara Berlebih

Buat Rancangan Keuangan

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk dapat menghilangkan hobi berbelanja secara berlebih adalah dengan membuat rancangan keuangan mu untuk sebulan kedepan. Dengan membuat rencana keuangan ini kamu jadi memiliki patokan mengenai keuangan mu untuk sebulan mendatang. Jadi setiap akan berbelanja kau harus mengingat apa yang telah kamu buat tersebut. Apakan belanjaaan tersebut masuk kedaftar yang teah kamu buat atau tidak. Jika tidak, hindari untuk melakukan hal tersebut.

Dengan membuat rancangan keuangan kamu juga akan lebih dapat mengalokasikan semua uangmu pada pos pos yang telah ditetapkan. Jadi setiap pos yang kamu buat telah memiliki anggaran nya sendiri. Jika dirasa anggaran pada satu pos telah habis, kamu tidak boleh memakai anggaran lain untuk pos tersebut. Dengan menerapkan hal ini secara konsisten kamu juga akan lebih disiplin dalam mengatur keuangan.

Mencatat Semua Pengeluaran

Selanjutnya kamu dapat mencatat semua pengeluaran yang telah dilakukan. Tujuan dari mencatat semua pengeluaran adalah agar dapat melihat berapa jumlah keseluruhan yang telah kamu keluarkan, kemudian untuk apa saja kamu mengeluarkan uang tersebut, dan yang terakhir kamu dapat melakukan evaluasi kepada dirimu sendiri untuk dapat lebih baik dalam mengatur keuangan. 

Terlebih dalam kegiatan berbelanja, kamu dapat mencatat semua belanjaan yang telah kamu beli kemudian lihat apakah ada barang barang tersebut yang tidak terlalu penting tetapi masih kamu beli. Dengan mencatat semua pengeluaran itu, kamu tidak lagi merasa bingung kemana saja perginya uang yang kamu miliki dan berapa uang yang telah kamu habiskan untuk berbelanja. 

Buat Daftar Keinginan

Membuat daftar keinginan selama kamu hidup merupakan hal yang terlihat sepele tapi sangat berpengaruh dalam kehidupan nyata. Dengan mencatat semua yang kamu inginkan, nantinya kamu akan termotivasi untuk segera mencapainya. Terlebih jika kebiasaan burukmu dengan berbelanja secara berlebih tersebut akan muncul kamu dapat melihat daftar tersebut sebagai rem untuk tidak berbelanja. Karena kamu akan berpikir agar uang yang akan kamu gunakan untuk belanja sebaiknya dikumpulkan untuk dapat mencapai daftar keinginan mu.

Tetapi jika sudah terlanjur berbelanja, kamu dapat melihat kembali daftar keinginanmu dan menjadi bahan renungan apakah belanjaan mu tersebut berguna atau tidak. Kamu juga lebih dapat berpikir pengisian untuk membeli keinginan sesaat atau kebutuhan yang telah kamu catat tersebut. Jangan sampai karena keinginan sesaat kamu malah mengabaikan kebutuhan yang memang sangat penting untuk mu. Seperti misalkan kamu memiliki daftar keinginan untuk membeli rumah, dengan berbelanja secara berlebih tentu saja itu akan membuatmu semakin lama untuk dapat membeli rumah. Oleh karena itu, daftar keinginan juga data digunakan untuk pengingat mu.

Memiliki Anggaran Khusus Untuk Belanja

Memiliki kebiasaan yang telah menjadi hobi merupakan hal yang sangat sulit untuk dihilangkan. Tetapi jika kamu telas serius dan benar benar untuk menghilangkannya dari dalam hati mu sendiri tanpa paksaan dari orang lain tentu saja itu bukan menjadi hal yang sangat sulit. Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan belanja secara berebih adalah dengan membuat anggaran belanja sendiri diluar dari anggaran belanja bahan pokok. 

Hal ini agar kamu tidak menyentuh dan mencampurkan semua anggaran belanja. Nantinya jika kamu memang sudah benar benar tidak memiliki hobi berbelanja lagi, anggraan berbelanja ini dpat kamu tabungkan atau alokasikan untuk anggran lainnya yang dirasa lebih penting. 

 

Tags

Related Post