Home Tips Tips Menabung Bagi Karyawan Bergaji 5 Juta

Tips Menabung Bagi Karyawan Bergaji 5 Juta

by Lara Nifa
cara menabung

Menabung adalah salah satu hal yang harus dilakukan agar kehidupan tidak bermasalah dalam urusan finansial. Salah satu problem yang ditemukan seseorang adalah bagaimana cara agar bisa menabung dengan gaji yang minim? Tentu saja ada tips menabung bagi Anda yang hanya seorang karyawan dan bergaji 5 juta perbulannya. 

Sebenarnya, cara menabung tidaklah sulit. Di mana yang terpenting adalah Anda disiplin dan juga selalu menahan diri agar tidak membeli barang yang tidak diperlukan. Tapi tidak hanya itu saja, Anda juga harus mengetahui benar caranya agar bisa menabung walaupun gaji tidaklah besar. 

Tips Menabung untuk Karyawan Gaji Minim 

Dengan mengikuti tips menabung di bawah ini, setidaknya Anda tidak perlu khawatir jika memang gaji yang didapatkan tiap bulannya hanya 5 juta rupiah saja. Berikut ini adalah tips agar bisa menabung dengan gaji 5 juta rupiah: 

  • Utamakan gaji untuk menabung terlebih dahulu 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan agar bisa menabung adalah dengan menyisihkan uang untuk ditabung terlebih dahulu. Sebelum Anda menggunakan untuk membeli atau membayar kebutuhan, ada baiknya langsung menyisihkan uang untuk ditabung agar tidak terpakai. Jumlah tabungan pun ada baiknya 10% hingga 20% dari gaji yang didapatkan. Jika Anda memperoleh gaji 5 juta rupiah, maka minimal yang harus ditabung adalah 500 ribu rupiah. 

  • Siapkan tabungan alternatif 

Jika Anda mendapatkan kesulitan ketika menyisihkan uang, bisa menggunakan cara tabungan alternative. Contoh tabungan alternative ini adalah investasi seperti emas atau tabungan berjangka. Cara menabung dengan menggunakan tabungan berjangka sangatlah membantu, di mana Anda sendiri tidak bisa mengambil tabungan tersebut sebelum masa jatuh tempo. 

  • Biaya operasional 

Tips menabung selanjutnya adalah menghitung biaya operasional. Biaya ini sendiri termasuk transportasi, dana sekolah untuk anak, uang saku dan lain sebagainya. Di mana bila dirasa ada uang lebih, langsung masukan saja ke tabungan. 

  • Hindari kartu kredit 

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah lebih memilih menggunakan kartu kredit untuk pemenuhan kebutuhan. Kartu kredit ini sendiri membuat orang lebih sembrono dalam mengatur keuangan. Pada dasarnya, prinsip kartu kredit adalah mengajari kita berhutang, di mana hutang inilah yang akan membuat Anda kesulitan menabung. Maka daripada itu, ada baiknya hindari penggunaan kartu kredit ini. 

  • Manfaatkan sistem autodebet 

Tips menabung selanjutnya adalah dengan memanfaatkan sistem autodebet. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa hampir semua bank sekarang memiliki produk tabungan berjangka. Di mana tabungan jenis ini sendiri memaksa untuk menabung, karena ada system autodebet yang mana nanti dana akan bisa langsung dialihkan ke rekening tabungan berjangka ini. 

Dengan melakukan tips menabung di atas, maka sudah pasti Anda akan bisa menyimpan dana untuk kepentingan di masa depan. Di mana tentu saja akan memberikan manfaat yang besar nantinya. 

Manfaat Menabung 

tips menabung

Ketika Anda sudah mengetahui cara menabung, maka akan ada manfaat di masa depan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rajin menabung: 

  • Belajar hidup hemat

Semenjak kecil, baik di rumah maupun di sekolah kita sudah diajari untuk selalu hidup hemat agar bisa menabung.  Sehingga sudah jelas, ketika Anda belajar menabung maka dengan sendirinya Anda akan hidup hemat dan tidak membeli barang atau jasa yang sekiranya memang tidak perlu. Dengan hidup hemat sudah jelas akan memudahkan Anda untk bisa menjadi pribadi yang lebh bijaksana lagi dalam mengambil sebuah keputusan. 

  • Ada dana darurat yang selalu tersimpan 

Menabung sendiri juga menjadi salah satu cara agar Anda bisa memiliki dana darurat. Tidak ada satu orang pun yang tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Maka dengan mengetahui cara menabung, Anda akan memiliki ketersediaan dana ketika sedang diperlukan. Selain itu, juga Anda akan merasa lebih aman karena adanya tabungan ini, sehingga ketika ada kebutuhan mendadak tidak perlu lagi pusing mencari tambahan dana. 

  • Menghindari hutang 

Manfaat dari menabung juga menghindari Anda untuk berhutang. Kebutuhan yang terkadang datang tiba-tiba menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari. Di mana dengan adanya tabungan ini, maka Anda sudah mempersiapkan semenjak dini dana yang diperlukan. Sehingga ketika membutuhkan uang, maka Anda tidak perlu berhutang lagi. Seperti yang sudah dipahami, bahwa hutang adalah salah satu hal yang tidak begitu baik dilakukan karena akan menyulitkan di kemudian hari. 

  • Investasi 

Menabung juga menjadi salah satu investasi terbaik yang akan sangat bermanfaat dikemudian hari. Kebutuhan harian bahkan bulanan semakin lama semakin meningkat, belum lagi jika Anda sudah memiliki anak yang tentu saja harus dibiayai semua keperluannya. Dengan adanya hal ini sendiri maka menabung adalah salah satu cara investasi agar masa depan anak serta keluarga dapat berjalan dengan baik. 

Itulah beberapa tips menabung bagi Anda yang hanya memiliki gaji 5 juta perbulan. Menabung bukanlah hal sulit, jika Anda bisa menahan diri untuk selalu memikirkan masa depan.

Related Posts