Home Bisnis dan Usaha Tips Memulai Usaha dan Ide Usaha Kreatif Kecil Untuk Anak Muda

Tips Memulai Usaha dan Ide Usaha Kreatif Kecil Untuk Anak Muda

by Greg Pascal
ide usaha

Di zaman serba cepat dan modern sekarang, tren untuk memulai ide usaha dan menjadi pengusaha mengalami kenaikan. Rata-rata anak-anak muda lah yang ingin pengusaha atau yang sekarang lebih sering disebut entrepreneur.

Memiliki usaha sendiri artinya mengurus pekerjaan sendiri tanpa diatur orang lain, bisa bekerja di mana pun, tidak terikat waktu karena waktu fleksibel, dan bisa menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi. Untuk menjadi pengusaha perlu modal, persiapan, dan pengetahuan yang cukup matang dan memiliki kemauan kuat untuk kerja keras.

Keuntungan Menjadi Pengusaha

Dalam membangun bisnis, modal adalah faktor yang penting juga. Tidak perlu tidak percaya diri kalau memiliki modal yang kecil atau tidak seberapa. Anda bisa menjalankan usaha modal kecil dengan strategi yang tepat. Ketika bisnis berkembang pesat, Anda akan merasakan keuntungan menjadi pengusaha sukses di antaranya yaitu:

  • Mendapatkan penghasilan yang lebih besar 
  • Membantu mengajukan atau menumbuhkan perekonomian nasional
  • Bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang yang membutuhkannya
  • Membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya dari produk atau jasa yang Anda tawarkan
  • Dapat melakukan hal yang digemari
  • Bisa menentukan sendiri target keuntungan yang akan diraih 
  • Bisa memaksimalkan potensi diri lebih baik
  • Dapat melatih mental dan jiwa untuk menjadi pemimpin yang baik dan bijak
  • Wawasan bertambah banyak dan memiliki relasi yang lebih luas

Meskipun pengusaha sukses dapat merasakan berbagai keuntungan, namun, menjadi pengusaha sukses bukanlah hal yang mudah, karena Anda pasti akan ditemukan berbagai tantangan. Anda harus kuat mental dan fisik untuk menghadapi berbagai tantangan, dan jangan pernah menyerah. Jika Anda cepat menyerah, maka impian menjadi pengusaha sukses hanyalah angan-angan.

Tips Memulai Ide Usaha yang Tepat

Tidak perlu khawatir dengan rintangan dan hambatan tersebut. Hal tersebut bisa diatasi kalau mau terus belajar dan bekerja keras. Berikut adalah tips-tips memulai usaha dan ide usaha kreatif kecil untuk anak muda:

1. Temukan Bisnis yang Paling Cocok

Ada banyak jenis ide usaha yang bisa Anda lakukan. Misalnya bisnis kuliner, cuci sepatu, laundry, dan masih banyak lagi. Pilihlah jenis bisnis yang sesuai dengan modal, minat dan kemampuan, supaya bisnis bisa dijalankan dengan rasa menyenangkan dan tanpa paksaan. Anda akan lebih mudah menemukan solusi saat ada masalah karena memiliki kemampuan dan paham betul dalam mengenali bisnis yang sedang dijalankan. 

ide usaha

Baca Artikel Selanjutnya :

2. Research Pasar

Anda dapat menemukan peluang yang akan terjadi pada bisnis dengan melakukan research/riset pasar. Anda akan menemukan apa yang berpotensi menjadi pilihan bisnis dana apa yang sebenarnya sedang dicari dan dibutuhkan oleh customer

Anda juga bisa menentukan siapa yang menjadi pesaing Anda nantinya. Mengetahui pesaing artinya belajar menganalisa dan menentukan apa yang akan menjadi keunggulan bisnis Anda dibandingkan dengan bisnis lain.

3. Pakai Bahan Baku Berkualitas Tetapi Harga Murah

Coba untuk mencari supplier bahan baku yang memberikan kualitas bagus namun harganya tetap murah dan terjangkau. Tidak mustahil dan tidak mungkin tidak ada, kok. Bisa dicari di internet ataupun bertanya pada kenalan Anda untuk mendapatkan informasi.

4. Alokasikan Modal Secara Tepat

Dalam berbisnis, terdapat dua cara dalam mengalokasikan modal. Pertama adalah capital expenses, modal dipergunakan untuk membeli peralatan, perlengkapan bisnis, dan bahan baku. Contohnya adalah jika Anda akan memulai bisnis makanan homemade, bahan memasak, panci, kompor, listrik, termasuk ke dalam pengeluaran ini.

Kedua adalah pengeluaran operasional (operational expenses), yaitu mencakup biaya listrik, gaji karyawan, biaya akomodasi, sewa tempat, dan lainnya. Dengan alokasi tepat, walaupun modal kecil, tetap dapat digunakan secara efektif.

Sebaiknya di awal memulai bisnis bekerjalah sendiri untuk menekan biaya operasional. Kalau sudah semakin besar, bisa pertimbangkan untuk merekrut karyawan.

5. Manfaatkan Sosial Media

Tidak boleh dilupakan, lokasi strategis sangat berpengaruh pada keberlangsungan ide usaha. Seringkali lokasi strategis mempunyai biaya sewa yang mahal. Cara paling mudah dan murah adalah dengan menjalankan usaha rumahan terlebih dahulu dan memanfaatkan sosial media dengan baik.

Dengan memulai dari rumah, artinya tidak ada biaya sewa. Lakukan promosi lewat sosial media dan memanfaatkan fitur-fiturnya dengan baik. Dapat dengan mudah mencari customer dengan meng-upload foto produk atau memberikan promo supaya menarik perhatian calon customer.

Jangan lupa juga menawarkan ide usaha kepada teman dan kenalan Anda. Konsistensi dalam melakukan promosi sangatlah penting karena customer bisa datang dari mana saja. 

Itulah beberapa keuntungan menjadi pengusaha sukses beserta tips memulai ide usaha yang tepat untuk menjadi pengusaha sukses yang bisa Anda ketahui. Ada baiknya Anda segera memikirkan ide usaha yang akan dilakukan, menjadi pengusaha sejak muda memperbesar peluang Anda untuk sukses lebih cepat. Meski begitu, sukses tidak ditentukan oleh umur, melainkan motivasi kerja keras.

Related Posts