Tips Memulai Usaha Angkringan

Angkringan adalah salah satu warung makan yang erat dengan budaya Jawa. Di beberapa daerah di Pulau Jawa, angkringan ini memiliki nama yang berbeda, mulai dari

Lara Nifa

[addtoany]

Angkringan adalah salah satu warung makan yang erat dengan budaya Jawa. Di beberapa daerah di Pulau Jawa, angkringan ini memiliki nama yang berbeda, mulai dari wedangan sampai cangkruk. Dulunya, angkringan memang hanya bisa ditemukan di daerah asal seperti Jawa Tengah, Yogyakarta atau Jawa Timur saja. 

Tapi, belakangan angkringan ini menjadi salah satu ide usaha yang sangat menarik untuk dijalankan. Apalagi dengan konsep harga makanan yang murah, maka sudah pasti akan ada banyak pelanggan yang tertarik. Angkringan adalah warung makan yang menyediakan nasi dengan berbagai lauk tambahan serta aneka minuman. 

Biasanya nasi yang dijual disebut nasi kucing karena hanya berisi nasi dengan lauk ikan bandeng atau ikan teri. Porsinya juga tidak terlalu besar sesuai dengan harga yang diberikan. Maka tidak heran jika nasi ini disebut dengan nasi kucing. Nah, apabila kamu tertarik untuk membuka usaha angkringan, maka di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Simak terus ulasannya, ya. 

Tips Membuka Angkringan yang Laris Manis 

Dari penjelasan di atas, kamu sudah bisa membayangkan siapa target pasar dari usaha angkringan ini. Biasanya yang akan sering mampir adalah mahasiswa atau pegawai kantoran yang mencari makanan murah tapi mengenyangkan. Jika kamu ingin membuka usaha angkringan, maka berikut ini adalah tipsnya:

Mencari Lokasi yang Tepat

Tips pertama yang harus kamu perhatikan sudah pasti dari lokasi dimana kamu membuka usaha yang satu ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa angkringan ini sudah pasti pasarannya ke karyawan atau mahasiswa. Walau tidak menutup kemungkinan akan ada lapisan masyarakat lain yang datang, tapi dominasi tetap dari karyawan dan mahasiswa. 

Sehingga sangat tepat sekali bagi kamu yang membuka usaha angkringan di area perkantoran atau kampus. Kedua area ini terbukti bisa membuat usaha angkringan bisa semakin maju dan banyak pembeli. Karena dari segi harga juga sudah sangat cocok dengan kantong karyawan atau mahasiswa serta bisa mengenyangkan. 

Ketika kamu mencari lokasi untuk membuka usaha angkringan sendiri, kamu harus memastikan juga tempat parkir yang luas serta lahan lain yang sekiranya memang bisa dijadikan tempat nongkrong. Biasanya untuk angkringan, tempat nongkrong hanyalah dipinggir jalan dan hanya beralaskan tikar. 

Sediakan Pilihan Lauk yang Lengkap 

Daya tarik dari angkringan sendiri adalah dari pilihan lauk yang beragam. Biasanya semakin banyak lauk yang kamu jual, akan semakin banyak pengunjung yang datang. Karena menu utama dari angkringan sendiri adalah nasi kucing, maka pendamping dari nasi ini harus banyak dan lengkap. 

Ada beberapa pilihan lauk yang bisa kamu jual, dimana sudah pasti harganya murah. Mulai dari gorengan, sosis, tempura, sate usus, kepala ayam dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menyediakan menu nasi lain yang menarik, tidak hanya ikan bandeng saja. Seperti nasi sambal teri, sambal tempe dan lain sebagainya. 

Sediakan Pilihan Minuman yang Banyak 

Tidak hanya dari jenis lauk saja yang harus beragam, kamu juga diharapkan untuk bisa menyediakan aneka minuman yang banyak. Angkringan memang dikenal menyediakan minum seperti es teh atau teh hangat. Tapi, sebenarnya menu minuman yang sudah dipastikan harus ada adalah seperti wedang jahe, wedang uwuh dan lain sebagainya. 

Nah, selain itu, kamu juga harus menyediakan minuman lain yang disukai. Contohnya seperti jeruk hangat atau es, aneka kopi dan minuman tradisional lainnya. Dengan begini kamu dapat memiliki menu yang banyak dan bisa menarik pelanggan lebih mudah. Apalagi jika semua menu yang kamu sajikan memiliki cita rasa yang enak dan lezat. 

Promosikan dengan Media Sosial

Meski angkringan adalah salah satu warung makan tradisional, tapi bukan berarti kamu harus memasarkan secara tradisional juga. Karena sekarang ini sudah masuk era digital, maka kamu bisa memasarkan angkringan dengan menggunakan media sosial. Misalnya menggunakan Instagram atau Facebook. 

Agar banyak orang yang melihat akun angkringan yang kamu jalankan, buatlah berbagai postingan yang menarik. Apalagi jika kamu bisa membuat suasana angkringan lebih aesthetic, maka sudah pasti akan ada banyak orang yang datang meski lokasi angkringan jauh. Dengan cara ini, kamu bisa lebih mengenalkan angkringan yang kamu jalankan lebih luas lagi. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu jalankan untuk memulai bisnis angkringan. Bisa dilihat bahwa potensi dari usaha yang satu ini sendiri sangatlah tinggi sekali. Kamu bahkan bisa berinovasi dengan membuat angkringan menjadi lebih menarik, namun tetap dengan harga yang murah. 

Ketika kamu sudah bertekad untuk membangun bisnis ini, maka pastikan bahwa kamu sudah mempersiapkan rencana bisnis yang matang dan modal yang cukup. Tidak hanya itu saja, pastikan juga bahwa usaha angkringan ini memiliki menu lezat. 

Related Post